Ikan Terbesar Di Dunia Saat ini, Hiu Paus ! – Hiu Paus merupakan ikan terbesar di dunia saat ini. Mohon di ingat ya, ikan ini merupakan jenis ikan “Hiu” bukan “Paus”. Walaupun Paus Biru mempunyai ukuran yang lebih besar, tetapi Paus Biru bukanlah seekor ikan. Paus Biru atau jenis paus lainnya merupakan “Mamalia Laut”.

Hiu paus / whale shark diberikan nama whale / paus karena ukuran badannya yang besar dan kebiasaan makannya dengan cara menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Ikan ini dapat tumbuh hingga 40 kaki panjang atau sekitar 12 meter dan berat rata-rata berkisar 20 ton. Baca juga : Harimau Siberia, Predator Terbesar Di Dunia Saat Ini !

Ikan Terbesar Di Dunia Saat ini, Hiu Paus !

Diving bersama ikan Hiu Paus. Source : dive-the-world.com

Hiu ini termasuk kategori karnivora, tetapi tenang saja, mereka tidak akan memakan Anda. Bahkan, hiu paus bisa dibilang sangat ramah, sehingga orang sering berenang bersama mereka.

Ikan ini merupakan ikan yang memakan plakton. mereka akan menyaring plankton melalui mulut mereka yang besar sambil berenang di permukaan.

Hiu Paus terbesar yang pernah terdokumentasi secara resmi, tercatat memiliki ukuran sepanjang 41,5 atau sekitar 12.6 meter dan beratnya sekitar 21.3 ton. Disamping itu banyak pelaut mengatakan mereka telah melihat hiu jenis ini yang memiliki ukuran jauh lebih besar.

Hiu paus adalah spesies yang rentan, dan meskipun ada upaya konservasi, makhluk seukuran bus sekolah ini terus diburu di beberapa negara Asia.

Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu tentang migrasi dan perilaku para raksasa yang lembut ini.

Perbandingan Ikan Hiu Paus Dengan Manusia
Perbandingan Ikan Hiu Paus Dengan Manusia. Source : ourplnt.com

Biasanya Hiu Paus hidup di perairan tropis yang hangat, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa Hiu Paus akan melakukan perjalanan migrasi yang panjang ke dalam lautan yang memiliki suhu lebih dingin di bulan-bulan tertentu disepanjang tahun.

Mereka juga tidak pernah teramati saat melakukan perkawin atau bahkan melahirkan di alam liar, meskipun ilmuwan telah menemukan bahwa mereka melahirkan anak ikan yang sudah memiliki sedikit usia (telur menetas di dalam tubuh induk betina).

Hiu Paus merupakan ikan yang ramah
Hiu Paus merupakan ikan yang ramah. Source : Dimitar Karanikolov Photography

Betina akan menyimpan sperma jantan didalam rahimnya dan melahirkan anak hiu sepanjang tahun. Hiu Paus bisa memiliki umur hingga 70-100 tahun.

Mulut Hiu Paus memiliki lebar sekitar 5 kaki (1,5 m). Mereka memiliki lebih dari 300 barisan gigi, tetapi sebagai digunakan untuk memfilter makanan yang masuk, bukan untuk menggigit mangsanya.

Lebih Dekat Dengan Ikan Terbesar Di Dunia Saat ini

Perkiraan Habitat dan Distribusi Hiu Paus Di Seluruh Dunia
Perkiraan Habitat dan Distribusi Hiu Paus Di Seluruh Dunia. Source : Wikipedia.org

Habitat

Hiu paus cenderung menyukai daerah yang lebih hangat dan ditemukan di perairan tropis di seluruh dunia. Beberapa telah terlihat di perairan yang lebih dingin, seperti yang di lepas pantai New York. Sebagian besar hiu paus, 75 persen ditemukan di lautan India dan Pasifik. 25 persen lagi di Atlantik, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Hiu Paus Merupakan Hewan Soliter
Hiu Paus Merupakan Hewan Soliter. Source : stuff.co.nz

Kebiasaan

Hiu paus adalah makhluk soliter. Mereka tidak malu berbagi tempat makan dengan hiu paus lainnya. Laut Merah adalah daerah yang populer bagi hiu paus remaja untuk berkumpul bersama dan makan, misalnya.

Tidak banyak lagi yang diketahui tentang jenis hiu ini dan kebiasaan sosial mereka. Mereka belum diteliti secara penuh menurut IUCN.

Ikan Terbesar Di Dunia Hiu Paus Saat Memakan Makanannya.
Hiu Paus Saat Memakan Makanannya.

Makanan

Hiu ini tidak menyerang dan merobek mangsa mereka seperti kebanyakan kerabat mereka yang suka mengkonsumsi daging.

Mereka membuka mulut mereka, membiarkan air masuk dan tubuh mereka menyaring makanan, dan melepaskan air dan puing-puing kembali ke laut.

Plankton adalah sumber makanan utama mereka, tetapi mereka juga memakan udang, ganggang dan beberapa bagian tanaman laut lainnya. Mereka juga memakan ikan sarden, ikan teri, ikan tenggiri, cumi-cumi, tuna dan albacore. Baca juga : Manfaat Daging Gurita Untuk Kesehatan.

Mereka juga makan telur ikan. Menurut The Nature Conservatory, hiu paus akan menunggu selama 14 jam sampai ikan bertelur di terumbu. Kemudian, mereka akan masuk dan memakan telur.

Ikan Terbesar Di Dunia Anak Ikan Hiu Paus
Anak Ikan Hiu Paus. Source : reefbuilders.com

Perkembang Biakan

Hiu paus betina menghasilkan telur, tetapi anak ikan akan menetas di dalam perut induknya bukannya di air seperti kebanyakan ikan.

Kemudian, sang betina melahirkan sekitar 300 anak Hiu Paus yang masih hidup. Namun, banyak yang tidak pernah mencapai usia dewasa.

Hiu paus memiliki masa kanak-kanak yang panjang. Pada usia 25 tahun, anak-anak ikan ini siap untuk memiliki anak sendiri. Mereka dapat hidup 100 hingga 150 tahun.

Sekian informasi dari Ourstory.id mengenai Ikan Terbesar Di Dunia Saat ini, Hiu Paus !. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk klik like and share. Terima Kasih

Sumber : livescience.com, thoughtco.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here