Sejarah Waralaba Chatime, “Starbucks Dari Asia” – Chatime adalah waralaba minuman teh dari Taiwan yang berbasis di kota Zhubei dan merupakan waralaba minuman teh terbesar di dunia. Model ekspansi dan pertumbuhan outlet Chatime berasal dari sistem bisnis waralaba. Saat ini Chatime telah memiliki kurang lebih 2.500 outlet yang tersebar di 38 negara.

Informasi Bisnis : Franchise Makanan Jepang Terlaris Di Indonesia

Pada tahun 2006, Chatime membuka toko pertamanya di luar Taiwan, tepatnya di kota California, Amerika Serikat dan sejak itu memperluas diri ke Cina, Malaysia, Kanada, Bangladesh, Indonesia, Filipina, Kamboja, Thailand, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, India, Uni Emirat Arab, Jepang, dan Korea Selatan.

Henry Wang Yao-Hui Pendiri Chatime. Credit : ourawesomeplanet.com

Sejarah Waralaba Chatime, “Starbucks Dari Asia”

Henry Wang Yao-Hui mendirikan brand Chatime pada tahun 2005 di kota Hsinchu, Taiwan, di bawah naungan perusahaan, La Kaffa Coffee. Chatime identik berwarna ungu karena warna tersebut adalah warna kesukaan Henry Wang Yao-Hui sendiri. Baca Juga : Ingin Bisnis Waralaba ? Ini 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui.

Nama Chatime sendiri merupakan nama merek yang bisa dibilang unik karena :

  • Dalam bahasa Tiongkok Chatime memiliki arti “Matahari Terbit”.
  • Chatime adalah permainan kata-kata yang memiliki makna ganda dari Tea Time (Cha-Time) atau tempat untuk bersosialisasi dengan teman-teman (Chat-time).
Pearl Milk Tea Minuman Paling Laris Di Chatime. Credit : Chatime

Chatime memiliki beragam jenis minuman seperti teh susu, teh biasa, teh rasa buah, oriental pop tea, jeli “QQ” (Tidak tersedia di Australia), mousse, jus, smoothie, dan juga kopi. Tetapi minuman terlaris dari chatime adalah “Pearl Milk Tea”. Semua Produk Chatime juga tersedia dengan pilihan less sugar / Rendah gula.

Biasanya, produk milik Chatime hadir tersedia dengan topping “pearl”, sedangkan jeli “QQ” merupakan campuran “pearl” dan nata de coco. Beberapa produk juga hanya tersedia di negara tertentu. Seperti di Malaysia, Chatime memperkenalkan tiga rasa yang berbeda melalui kerja sama mereka dengan Horlicks dari GlaxoSmithKline.

Outlet Chatime di Vancouver. Credit : foodology.ca
Ekspansi Chatime Melalui Waralaba

Chatime membuka outlet pertamanya di luar Taiwan pada tahun 2006, tepatnya di kota California, Amerika Serikat. Kemudian diikuti oleh Australia pada tahun 2009, dimana saat ini australia sudah membuka lebih dari 70 gerai chatime.

Lalu di ikuti oleh Malaysia pada tahun 2010. Gerai Chatime di Malaysia saat ini hanya menyumbang kurang dari 50% dari pendapatan global Chatime. Pada tahun 2012, Chatime membuka toko pertamanya di India, tepatnya di kota New Delhi.

Kemudian gerai ke dua dibuka di kota New York, gerai ketiga dibuka di Mall of America pada Maret 2012. Chatime juga membuka gerainya di kota London yang terletak di Old Compton Street.

Di Filipina, Chatime berencana untuk membuka 50 gerai pada tahun 2014, Sementara di Malaysia, Chatime sudah membuka gerainya yang ke-100 pada tahun 2013, dengan tambahan rencana untuk membuka hingga 250 gerai dalam periode tiga hingga lima tahun.

Kantor La Kaffa International, Kantor Pusat Waralaba Chatime di Taiwan
Kantor La Kaffa International Co. Ltd. Credit : ourawesomeplanet.com

Pada bulan Desember 2018, Chatime memiliki 16 gerai di seluruh kota Vancouver dan 2 gerainya lagi ada di Halifax, Kanada, serta satu di Richmond Hill, Sydney. Pada 2019, Chatime sudah memiliki sembilan toko di kota Dhaka dan satu toko di Chittagong di negara Bangladesh.

Perusahaan induk Chatime, La Kaffa International Co. Ltd., memulai debutnya di “Emerging Stock Market Taiwan” (Bursa Saham) pada Desember 2012 dengan harga (Dollar Taiwan) NT$ 168 per saham dengan kode saham 2732.

Chatime juga akhirnya menjadi satu-satunya perusahaan bubble tea yang terdaftar secara publik di Taiwan.

Sejarah Waralaba Chatime di Indonesia
Chatime Living World Alam Sutera, Indonesia. Credit : highstreet.co.id
Sejarah Waralaba Chatime Masuk Ke Indonesia

Chatime masuk ke Indonesia pada tahun 2011 tepatnya di mall Living World Alam Sutera, Tangerang. Chatime dibawa masuk oleh Grup Kawan Lama Sejahtera dibawah naungan PT. Foods Beverages Indonesia.

Hal ini juga menjadikan PT. Food Beverages Indonesia sebagai pemilik lisensi Master Franchise Chatime di Indonesia.

Sehingga PT. Food Beverages Indonesia berhak menambah atau menutup cabang Chatime di Indonesia. Saat ini kurang lebih ada 275 gerai Chatime di Indonesia yang telah beroperasi (Data Tahun 2019).

Chatime Indonesia Tidak Membuka Franchise. Credit : Chatime Indonesia
Berapa Harga Franchise Chatime Indonesia ?

Chatime Indonesia sama sekali tidak menjual franchise kepada siapapun / pihak apapun di Indonesia. Jadi untuk anda yang ingin membuka franchise Chatime anda harus mengubur impian tersebut dalam-dalam.

Bahkan karena semakin banyaknya orang-orang yang ingin membuka franchise Chatime Indonesia, Pihak PT. Food Beverages Indonesia sampai harus memberikan pernyataan di webiste resminya di indonesia.chatime.com.tw

Sekian informasi dari ourstory.id mengenai Sejarah Waralaba Chatime, “Starbucks Dari Asia”. Artikel ini kami rangkum dari ourawesomeplanet.com, Wikipedia. dan Chatime Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here