Harimau Siberia Predator Terbesar Di Dunia – Harimau Siberia (Panthera tigris altaica) adalah harimau yang berhabitat di wilayah Timur. Khususnya Rusia Timur dan Cina Timur Laut. Populasi utama harimau ini mendiami wilayah pegunungan Sikhote Alin di barat daya Provinsi Primorye di Timur Rusia.

Harimau Siberia pernah berkeliaran di seluruh Korea, Cina utara, Rusia Timur, dan Mongolia timur. (Baca Juga : Mengenal Taman Nasional Virunga Di Kongo)

Pada tahun 2005, tercatat ada 331–393 harimau siberia dewasa dan harimau Siberia remaja di wilayah ini, dengan populasi harimau dewasa yang berkembang biak sekitar 250 individu.

Populasi harimau ini cenderung stabil selama lebih dari satu dekade karena upaya konservasi yang sangat intensif, tetapi survei parsial yang dilakukan setelah 2005 menunjukkan bahwa populasi harimau Rusia ini menurun.

Perbandingan ukuran Harimau ngandong (Sudah Punah), Harimau siberia, Harimau bengal dengan manusia.
Perbandingan ukuran Harimau ngandong (Sudah Punah), Harimau siberia, Harimau bengal dengan manusia.

Harimau Siberia, Predator Terbesar Di Dunia Saat Ini !

Sensus awal yang diadakan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa populasi harimau Siberia telah meningkat menjadi 480–540 individu di Timur Rusia, termasuk 100 ekor anak. Ini diikuti oleh sensus yang lebih terperinci yang mengungkapkan ada total populasi 562 harimau Siberia liar di Rusia.

Harimau Siberia juga disebut harimau Amur, harimau Manchuria, harimau Korea, dan harimau Ussurian, tergantung pada wilayah tempat individu diamati.

Harimau ini memiliki warna bulu merah gelap, atau berwarna kuning gelap, dengan garis-garis loreng hitam melintang yang sempit.

perbandingan tinggi harimau dan manusia
perbandingan tinggi harimau dan manusia

Panjang tubuh tidak kurang dari 150 cm, panjang tengkorak condylobasal 250 mm, lebar zygomatik 180 mm, dan panjang gigi karnassial atas lebih dari 26 mm.

Ia memiliki tubuh lentur panjang yang berdiri di atas kaki yang agak pendek dengan ekor yang cukup panjang.

Harimau Siberia dianggap sebagai harimau terbesar. Menurut catatan dan sumber-sumber sejarah menunjukan bahwa harimau ini bisa memiliki ukuran tubuh dan bobot yang sangat besar.

Harimau jantan liar pernah terbunuh di Manchuria di daerah Sungai Sungari pada tahun 1943, dan dilaporkan memiliki Ukuran panjang 350 cm. Beratnya sekitar 300 kg. Beratnya harimau ini juga belum dikonfirmasi, ada yang mengatakan beratnya sekitar 318 dan 384 kg dan bahkan ada yang mengatakan 408 kg.

harimau siberia sedang berburu
harimau siberia sedang berburu

Sebuah catatan yang juga belum terkonfirmasi kebenarannya mengatakan ada harimau jantan yang tertembak di Pegunungan Sikhote-Alin pada tahun 1950 yang diduga memiliki berat 384 kg dengan perkiraan panjang 3,48 m.

Seekor harimau siberia perliharaan bernama “Jaipur” diduga memiliki berat badan hingga 465 kg (1.025 lb). Pada 1980-an, kisaran berat khas harimau Siberia liar diperkirakan memiliki berat 180–306 kg untuk jantan dan 100–167 kg untuk betina.

Pada tahun 2005, sekelompok ahli zoologi Rusia, Amerika, dan India menerbitkan analisis data historis dan kontemporer tentang bobot tubuh harimau liar dan peliharaan, baik betina maupun jantan di semua subspesies.

Jenis Harimau Dari Seluruh Dunia
Jenis Harimau Dari Seluruh Dunia

Data yang digunakan termasuk bobot harimau yang umurnya lebih tua dari 35 bulan dan diukur di hadapan penulis. Perbandingan mereka dengan data historis menunjukkan bahwa hingga paruh pertama abad ke-20, harimau Siberia jantan dan betina rata-rata lebih berat dibanding sesudah tahun 1970.

Secara historis, Harimau Siberia dan Harimau Bengal adalah jenis harimau yang terbesar. Pengurangan berat badan harimau Siberia saat ini dipengaruhi oleh berkurangnya jumlah mangsa mereka akibat perburuan ilegal.

Selain itu, harimau Siberia dan Kaspia memiliki bulu paling tebal di antara harimau lainnya, mengingat habitat mereka memiliki iklim yang cukup dingin.

Harimau Siberia diketahui sanggup menjelajah hingga 1.000 km. Sikhote-Alin di Primorsky Krai, Pada tahun 1992 dan 1993, memiliki kepadatan total maksimum populasi harimau dengan perkiraaan 0,62 harimau dalam 100 km2 (39 mil persegi).

Populasi maksimum harimau dewasa pada tahun 1993 diperkirakan mencapai 0,3 harimau dalam 100 km2 (39 sq mi), dengan rasio jenis kelamin rata-rata 2,4 perempuan per laki-laki.

Perburuan Harimau Yang Mengancam Populasi Mereka
Perburuan Harimau Yang Mengancam Populasi Mereka

Nilai kerapatan ini jauh lebih rendah dibanding laporan untuk subspesies lain pada saat itu. Pada tahun 2004, perubahan dramatis dalam teritori harimau, kepadatan populasi, dan hasil reproduksi di daerah Sikhote-Alin Zapovednik, menunjukkan bahwa harimau terlindungi dengan baik dari kematian yang disebabkan oleh manusia, kepadatan harimau betina dewasa meningkat secara dramatis.

Ketika lebih banyak harimau betina dewasa yang selamat, para induk harimau berbagi wilayah mereka dengan anak perempuan mereka begitu anak perempuan itu mencapai umur dewasa.

Pada 2007, kepadatan harimau diperkirakan 0,8 ± 0,4 harimau dalam 100 km2 (39 mil persegi) di bagian selatan Sikhote-Alin Zapovednik, dan 0,6 ± 0,3 harimau di 100 km2 (39 mil persegi) di bagian tengah kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here