Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts – Di Indonesia, khususnya anak 90an Siapa yang tidak tau dunkin donuts ? sebelum J.CO Donuts yang terkenal saat ini. Dunkin ‘Donuts bisa dibilang merupakan rajanya donat di Indonesia, bahkan di dunia.

William Rosenberg Pendiri Dunkin 'Donuts
William Rosenberg Pendiri Dunkin ‘Donuts. Source : franchisopedia.com

Dunkin ‘Donuts berawal dari ide William Rosenberg yang membuka restoran Open Kettle pada tahun 1948, sebuah restoran yang menjual donat dan kopi di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat.

Tetapi ia mengubah nama tersebut pada tahun 1950 menjadi Dunkin ‘Donuts setelah berdiskusi dengan para eksekutif perusahaan. Baca Juga : waralaba makanan takoyaki jepang di Indonesia.

Dia mempunyai ide untuk membangun sebuah restoran khusus menjual donat setelah pengalamannya menjual makanan di pabrik dan di lokasi-lokasi konstruksi, di mana donat dan kopi adalah dua item paling populer.

Restoran itu berhasil sukses, dan Rosenberg mulai mewaralabakan restorannya dan mulai menjual waralaba Dunkin ‘Donuts kepada orang-orang pada tahun 1955.

Sejarah Berdirinya Dunkin 'Donuts Beragam Menu Donat Dari Dunkin 'Donuts
Beragam Menu Donat Dari Dunkin ‘Donuts. Source : qsrmagazine.com

Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts

Pada tahun 1963, putra Rosenberg, Robert menjadi CEO perusahaan pada usia 25, dan Dunkin ‘Donuts membuka lokasi keseratus tahun itu. Dunkin ‘Donuts adalah anak perusahaan dari Universal Food Systems pada saat itu, konglomerat dari 10 layanan bisnis yang menjual makanan kecil.

Menu-menu yang dijual Dunkin’ Donuts bisa dibilang sangat bervariasi, karena hal ini tergantung dari lokasi outlet waralaba mereka beroperasi, walaupun ada gerai lainnya yang hanya menjual menu donat dan kopi. Baca juga¬†Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola.

Pada tahun-tahun berikutnya, bisnis lain dalam portofolio perusahaan Universal Food Systems dijual atau ditutup, dan perusahaan diubah namanya menjadi Dunkin ‘Donuts.

Format menu dan toko distandarisasi, dan berbagai item menu baru diperkenalkan. Rantai waralaba makanan inipun diakuisisi oleh pemilik Baskin-Robbins, Allied Lyons pada tahun 1990.

Kopi Original Milik Dunkin 'Donuts
Kopi Original Milik Dunkin ‘Donuts. Source : dunkindonutsuae.com

Pada tahun 1998, merek Dunkin’ Donuts telah berkembang ke 2.500 lokasi di seluruh dunia dengan penjualan tahunan sebesar $ 2 miliar.

Dunkin ‘Donuts berkembang pada 1990-an dengan mengakuisisi waralaba saingannya, yaitu Mister Donut dan Dawn Donuts.

Pada tahun 2004, kantor pusat perusahaan dipindahkan ke Canton. Pada bulan Desember 2005, Dunkin ‘Donuts dan Baskin-Robbins (saat itu beroperasi dengan nama Dunkin’ Brands) dijual ke konsorsium ekuitas swasta Bain Capital, Carlyle Group, dan Thomas H. Lee Partners seharga $ 2,4 miliar. Pada 2010, penjualan global Dunkin ‘Donuts’ sebesar $ 6 miliar.

Kedai Pertama Dunkin 'Donuts Yang Sudah Banyak Mengalami Perubahan
Kedai Pertama Dunkin ‘Donuts Yang Sudah Banyak Mengalami Perubahan. Source : dinerhotline.com

Perubahan Konsep Dunkin ‘Donuts

The Dunkin ‘Donuts di Natick, Massachusetts meluncurkan program untuk menguji konsep baru pada bulan Desember 2016.

Pada Januari 2018, Dunkin ‘Donuts mulai membuka lokasi dengan konsep yang baru, dimulai di Quincy, kota kelahiran Dunkin ‘Donuts. Dunkin ‘Donuts mulai menampilkan dekorasi modern, menjual minuman dingin, dan melakukan penambahan mesin pembuat kopi. Baca juga :Sejarah Starbucks, Waralaba Penjual Kopi Terbesar Di Dunia.

Packaging mereka juga lebih modern dan dikemas secara baik, dan dibuatnya jalur telephone khusus untuk pemesanan delivery online yang akan dikirim dengan kurir pribadi milik Dunkin ‘Donuts.

Varian Menu & Packaging Terbaru Dunkin 'Donuts
Varian Menu & Packaging Terbaru Dunkin ‘Donuts. Source : amazonaws.com

Konsep ini digambarkan sebagai bagian dari pergeseran untuk merubah brand image Dunkin ‘Donuts yang tadinya hanya menjual donat menjadi sebuah merek yang menjual banyak variasi minuman dan cemilan lainnya.

Selain itu, dibeberapa lokasi, mereka mulai menggunakan papan nama percobaan yang lebih membesarkan kata “Dunkin ‘” dan mengecilkan kata “Donat” dari namanya.

Pada 11 Juli 2018, Dave Hoffman mengambil alih posisi CEO Dunkin dari Nigel Travis. Dia ingin menambah 1.000 lokasi baru di luar Amerika Serikat pada akhir 2020 dan ingin menambahkan pendapatan sebesar 3 persen untuk gerai Dunkin ‘Donuts yang sudah buka selama setahun atau lebih.

Sejarah Berdirinya Dunkin 'Donuts Outlet Pertama Dunkin Donuts Indonesia Di Jalan Hayam Wuruk
Outlet Pertama Dunkin Donuts Indonesia Di Jalan Hayam Wuruk. Source : Facebook Dunkin ‘Donuts Indonesia

Dunkin ‘Donuts di Indonesia.

Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts di Indonesia dimulai saat Dunkin ‘Donuts pertama kali memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1985. Dengan gerai pertamanya yang dibangun di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Di Indonesia, pemilik utama jaringan waralaba Dunkin ‘Donuts adalah Dunkin’ Donuts Indonesia.

Sejak saat itu, Dunkin ‘Donuts Indonesia bertekad untuk mulai membangun brand positioning yang kuat. Tidak hanya di ibu kota Indonesia, Jakarta, tetapi juga di semua kota besar lainnya. Itulah sebabnya Dunkin ‘Donuts secara teratur membuka lusinan gerai untuk memperluas pasarnya di Indonesia.

Sekarang Dunkin ‘Donuts Indonesia telah berhasil membuka lebih dari 200 toko yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Yogyakarta, Makassar, dll.

Setidaknya Brand Positioning yang merekas bangun sejak lama, sudah mulai bisa terlihat dari hasil survei yang menyatakan Top of Mind Dunkin ‘Donuts di Indonesia mencapai 91,8%. Dan juga mencatat bahwa tingkat kepuasan konsumen Indonesia secara keseluruhan terhadap Dunkin ‘Donuts mencapai 80,8%.

Seiring dengan brand positioning Dunkin ‘Donuts yang semakin kuat yang telah dibuktikan oleh survei, sekali lagi pada awal 2001 Dunkin’ Donuts Indonesia membuat terobosan dengan menerapkan konsep baru (image baru) di setiap outlet.

Implementasinya dilakukan secara bertahap, pertama dengan mengubah logo, desain interior digerai, dan perubahan lainnya. Gambar baru ini membuat Dunkin ‘Donuts terlihat lebih segar dan sesuai dengan keinginan pasar. Tetapi perbaikan tidak berhenti di situ.

Seiring dengan terus berjalannya Dunkin ‘Donuts Indonesia dengan aktivitas citra barunya, Dunkin’ Donuts Indonesia juga berkomitmen untuk lebih fokus pada peningkatan produk dan layanan. Dengan demikian diharapkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap Dunkin ‘Donuts dapat terus meningkat.

Sekian Informasi mengenai Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts dari kami, semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

Source : dunkinbrands.com, en.wikipedia.org. dunkindonuts.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here