Kolonel Sanders Pendiri KFC yang Produktif di Usia Tua – Pada tahun 1952 pada usia 65, ketika kebanyakan orang sudah mulai menua dan menikmati waktu pensiunnya, Harland David Sanders memulai bisnis Kentucky Fried Chicken.

Bisa dibilang, dunia sangat beruntung, karena Kolonel Harland Sanders tidak percaya pada pepatah lama yang mengatakan “masa depan adalah milik kaum muda,”. Jika ia mempercayainya, maka mungkin saat ini kita tidak akan pernah mencicipi ayam goreng yang lezat khas KFC.

Kolonel Sanders Berfoto Di Outlet Waralaba KFC
Kolonel Sanders Berfoto Di Outlet Waralaba KFC. Source : djmag.com

KFC bisa dibilang salah satu merek yang paling dikenal di seluruh dunia, dan bisa dibilang Kolonel Sanders adalah salah satu pelopor franchise waralaba makanan modern.

Kolonel Sanders Pendiri KFC yang Produktif di Usia Tua

Harland David Sanders lahir di sebuah pertanian di Indiana. Dia sempat berbohong tentang usianya saat ia bergabung dengan Angkatan Darat AS pada tahun 1906 dan ditempatkan di Kuba. Namun pangkatnya sebagai Kolonel tidak berasal dari karier militernya.

Gelar kehormatan itu diberikan kepadanya sebanyak dua kali, Pertama oleh Gubernur Kentucky Ruby Laffoon pada tahun 1935, dan yang kedua pada tahun 1950 oleh Gubernur Lawrence Wetherby.

Foto Kolonel Sanders Sewaktu Kecil
Foto Kolonel Sanders Sewaktu Kecil. Source : Google.com

Meskipun tidak hidup bergelimang harta dalam awal hidupnya, masa kecil kolonel Sanders dalam banyak hal mirip dengan salah satu pewaralaba pertamanya, yaitu Dave Thomas yang kemudian hari mendirikan “Wendy”.

Kolonel Sanders tumbuh miskin dan sudah hidup mandiri pada usia dini. Ayahnya meninggal saat sang Kolonel masih baru berusia enam tahun, pekerjaan sang ibu yang membuatnya jauh dari rumah untuk waktu yang lama membuat sang Kolonel muda perlu belajar memasak dan merawat saudara-saudaranya.

Pada saat ia berusia sepuluh tahun ia bekerja sebagai buruh tani dan, selama hidupnya sebelum ia membangun KFC, Kolonel sanders pernah menjadi tukang cat kereta kuda, seorang kondektur trem, penjual asuransi, pemadam kebakaran, tukang besi besi hingga menjadi tukang bersih-bersih di kereta. Baca juga : Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts, Waralaba Donut Terbesar

Ia juga pernah mengoperasikan kapal feri di Sungai Ohio, menjual ban mobil, menjadi bidan yang membantu proses kelahilan, mengelola pom bensin, dan menjadi sekretaris di Columbus, Indiana Chamber of Commerce.

Foto Kolonel Sanders Sewaktu Menjadi Penjual Ban

Kolonel Sanders memperoleh gelar sarjana hukumnya dengan mengambil kursus korespondensi dari LaSalle Extension University dan memulai praktik hukum selama tiga tahun di pengadilan di Little Rock, Arkansas. Karier hukumnya berakhir setelah dia berkelahi dengan salah satu kliennya.

Pada 1930 Sanders pernah menjadi pemegang waralaba dari Shell Oil Company dan, untuk meningkatkan penjualannya, ia mulai menjual hidangan ayam, steak, ham, dan makanan ringan lainnya kepada pelanggannya.

Awal Restoran asli milik Kolonel Sanders adalah sebuah meja dapur yang diletakkan di depan SPBU miliknya dan akhirnya, ia membuka Sander’s Café, restoran pertamanya yang berada di seberang jalan dari stasiun SPBU miliknya.

resep original kfc yang terdiri dari 11 bumbu rahasia

Karena dia merasa butuh waktu terlalu lama untuk memasak, restoran awalnya tidak menyajikan ayam goreng.

Ia tidak menjual ayam goreng sampai ketika dia mengembangkan resep rahasia miliknya yang terbuat dari 11 bumbu rahasia, dimana bumbu tersebut dicampur dengan ayam dan di masak di sebuah panci presto.

Perubahan Logo KFC Dari tahun ke tahun
Perubahan Logo KFC Dari tahun ke tahun

Dave Thomas pernah mengatakan bahwa salah satu bahaya dari proses memasak Kolonel adalah kompor prestonya sering meledak.

Kolonel Sanders Pendiri KFC adalah seorang marketing yang agresif di restoran dan stasiun layanan miliknya, dan bakat serta emosinya membuatnya agak bermasalah dengan salah satu pesaingnya.

Sanders mulai membuat papan iklan untuk stasiun layanan dan restoran miliknya di sebuah lumbung padi yang jaraknya jauh bermil-mil dari lokasi miliknya.

Kolonel Sanders Pendiri KFC berfoto di SPBU Miliknya.
Kolonel Sanders Pendiri KFC berfoto di SPBU Miliknya. Source : allthatsinteresting.com

Salah satu kompetitornya, Matt Stewart, yang mengoperasikan sebuah SPBU yang dekat dengan milik Koloner, mulai keberatan dengan iklan Kolonel dan mulai mencorat coret papan iklan milik sang Kolonel. Akhirnya Kolonel Sanders pergi menemui Stewart, ditemani oleh dua eksekutif Shell.

Akhirnya, terjadilah sebuah konfrontasi, dimana Stewart menembak dan membunuh Robert Gibson, salah satu manajer distrik Shell dan selama pertarungan, Sanders menembak Stewart dan melukai pundaknya. Stewart dihukum karena pembunuhan, tetapi tuduhan terhadap Sanders dibatalkan setelah penangkapannya.

Sanders Court & Café yang dijadikan gambar di kartu pos. Source : amazon.com

Dimulainya Waralaba Ayam Goreng Kentucky

Kolonel Sanders Pendiri KFC yang produktif di usia tuanya, berhasil mengoperasikan sebuah motel dengan restoran yang memiliki 140 kursi di Asheville, North Carolina selama tahun 1940-an, tetapi selama Perang Dunia II dimana ada kebijakan penjatahan gas, motel dan restoran miliknya mulai mengalami kebangkrutan.

Di restoran itulah dia menyempurnakan resep rahasianya dan mulai memasak ayamnya di dalam panci presto karena lebih cepat daripada menggoreng.

pembangunan jalan Interstate 75 yang membuat kolonel sanders menutup restorannya. Source : nkytribune.com

Sanders Court & Café sangat populer di kalangan pelancong dalam perjalanan mereka ke Florida melalui kota Corbin, Kentucky tetapi ketika jalan raya bebas hambatan Interstate 75 dibangun pada 1950-an, dan melewati kota corbin, Sanders terpaksa pensiun dan menjual restoran.

Pada tahun 1952, dimana ia hidup hanya bermodalkan dengan cek jaminan sosial sebesar $105 sebulan, Kolonel Sanders memulai karier terakhirnya.

Sanders mulai bepergian ke seluruh negeri, memasak ayam khas miliknya, dan bertekad untuk mewarisi resep ayam gorengnya.

Pakaian Khas Milik Kolonel Sanders Yang Laku Terjual Di Lelang. Source : vox-cdn.com

Banyak pemilik restoran yang ditemuinya tertawa karena melihat pakaian khas milik Kolonel yang terdiri dari kemeja putih kaku, dasi hitam, dan jas putih dan celana panjang.

Pete Harman adalah teman Sanders dan mengoperasikan salah satu restoran terbesar di Salt Lake City. Ia Membujuk Harman untuk mulai menjual ayam dengan resep miliknya di restoran milik Harman. Tanpa disangka, hal ini berhasil meningkatkan penjualan restoran milik Harman hingga 75%.

Kolonel sanders bersama dengan pete harman. Source : twimg.com

Adalah Don Anderson, seorang pelukis yang disewa oleh Harman, dan memberikan nama Kentucky Fried Chicken, sedangkan Harman yang menciptakan ember asli khas KFC yang masih ada sampai sekarang.

Harmans Cafe, tempat dimana KFC Pertama dijual. source : onlyinyourstate.com

Setelah itu, beberapa pemilik restoran menandatangani perjanjian waralaba dengan Sanders dan membayar franchise fee sebanyak 4 Sen per ayam yang laku terjual.

Kolonel Sanders Pendiri KFC berfoto Dengan Dave Thomas.
Kolonel Sanders Pendiri KFC berfoto Dengan Dave Thomas. Source : imgur.com

Selama periode awal inilah Kolonel bertemu dengan Dave Thomas. Dave pada saat itu bekerja sebagai juru masak untuk restoran Hobby House.

Kemudian Dave lah yang mengembangkan ember ayam khas KFC menjadi corak bergaris-garis merah-putih yang menjadi tanda klasik di setiap restoran Kentucky Fried Chicken, dan dia juga yang merampingkan metode pengiriman dengan menciptakan garis “ular” yang masih digunakan sampai sekarang di banyak restoran .

Iklan Kentucky Fried Chicken di restoran milik harman. Source : twimg.com

Berdasarkan saran Kolonel, Dave mengambil alih delapan restoran yang gagal dan ia pun berhasil membalikkan keadaanya sehingga ia mampu menjual restoran tersebut dan memulai waralaba restoran hamburger miliknya sendiri, yang dinamai dengan nama putrinya Melinda Lou “Wendy” Thomas.

Pada tahun 1964 ada lebih dari 600 lokasi Kentucky Fried Chicken di AS, Kanada, Meksiko, Inggris, dan Jamaika. Pada usia 73, Harland menjual sebagian besar Kentucky Fried Chicken kepada John Y.

Brown dan Jack Massey seharga dua juta dolar, Ia mempertahankan restorannya yang berada di Kanada untuk dirinya sendiri dan tidak termasuk restorannya yang berada di Inggris, Florida, Utah, dan Montana yang telah ia jual kepada orang lain.

Sanders terus mengunjungi lokasi-lokasi Kentucky Fried Chicken dan, sebagai brand ambassadornya, ia menjadi bintang iklan mereknya sendiri di banyak iklan TV.

Heublein membeli perusahaan itu pada tahun 1971, dan setelah di akuisisi mereka, Kolonel Sanders mulai mengkritik produk-produk perusahaan dengan beragam sebutan, seperti menyebut sausnya sebagai “slop terkutuk” atau “cat dinding yang ditambahkan lumpur kedalamnya” dan menggambarkan eksekutif Heublein sebagai “sekelompok anjing pemabuk”.

restoran The Colonel’s Lady’s Dinner House

“Ketika masih menjadi Brand Ambassador KFC, dia dan istrinya Claudia membuka restoran “The Colonel’s Lady’s Dinner House” di Shelbyville, Kentucky, pada tahun 1968.

Heublein mencoba menghentikan pasangan itu untuk membuka restoran tersebut dan menyelesaikan perselisihan, Sanders menerima $ 1 juta sebagai imbalan atas janjinya untuk berhenti mengkritik makanan Kentucky Fried Chicken dan diizinkan membuka restorannya.

Restorant tersebut berganti nama menjadi “Claudia Sanders Dinner House,” restoran itu adalah satu-satunya restoran Ayam Goreng non-Kentucky yang menyajikan versi asli dari resep asli Sander. Restoran tersebut akhirnya dijual pada 1970-an.

Kolonel Harland Sanders meninggal di Louisville, Kentucky, pada 1980 dan istrinya Claudia meninggal pada 1997.

Makam Kolonel Sanders

Kentucky Fried Chicken terus menjadi merek waralaba yang terkenal, saat ini berada di peringkat #41 dalam daftar Entrepreneur’s “Franchise 500”, dan dengan lebih dari 500 lokasi baru ditambahkan dalam satu tahun terakhir.

Sekian informasi terbaik dari ourstory.id mengenai Kolonel Sanders Pendiri KFC yang Produktif di Usia Tua, artikel ini dirangkum dari berbagai sumber.

Thanks for the Source : thebalancesmb.com, wikipedia.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here