Apakah benar bahwa ada ikan yang mampu berenang melalui urin ke penis, kemudian memakannya dari dalam? Apakah benar bahwa cerita yang beredar yaitu ada ikan yang mampu berenang melalui urin ke alat vital pria, kemudian memakannya dari dalam? Selama ini disebut dengan Ikan Amazon Paling berbahaya di Dunia.

Amazon adalah sungai utama di Amerika Selatan; muncul di Andes dan  mengalir ke timur menuju Atlantik Selatan; sungai terpanjang ke-2 di dunia (6437,3 km).

Sejak orang Eropa tiba di Benua Amerika, Hutan Hujan Amazon telah menjadi legenda. Bahkan nama ‘Amazon’ berasal dari legenda Yunani tentang Herodotus dan Diodorus. Pengetahuan kita tentang Amazonia tidak seluas kebanyakan lingkungan lain di Bumi, dan hal ini menimbulkan ketertarikan tetapi juga keraguan di antara orang-orang yang ingin berkunjung.

Ikan Amazon Paling berbahaya di Dunia
credit: images.newscientist.com

Luasnya Cekungan Amazon telah berkontribusi pada misterinya, seperti halnya fakta bahwa sebagian besar masih belum dijelajahi hingga sekarang.

Banyak orang bepergian ke hutan Amazon dengan harapan melihat jaguar, anaconda hijau, dan berang-berang raksasa berenang di sekitar perahu mereka. Amazon adalah habitat bukan kebun binatang. Hewan sering menyamar untuk perlindungan dari predator. Sehingga untuk melihat satwa liar, Anda harus sangat tenang dan mempertajam setiap indra Anda. Perahu sungai kecil memungkinkan pengunjung untuk mengakses daerah terpencil di mana satwa liar terkonsentrasi.

Benarkah Anggapan Orang Tentang Amazon

Meskipun Amazon dipenuhi dengan makhluk luar biasa mereka tidak begitu tertarik dengan kontak manusia, dan dilaporkan, serangan terhadap manusia, terutama turis, jarang terjadi. Mereka lebih menyukai pola makan alami mereka. Mereka cenderung pergi ke arah yang berlawanan.Para tamu yang mengunjungi Amazon jarang menemukan hewan berbahaya karena pendakian hutan dilakukan di jalur yang terawat dengan baik.

Amazon memang lembab selama musim hujan, musim kemarau menawarkan iklim yang menyenangkan. Mayoritas gigitan nyamuk dapat dihindari dengan mengenakan pakaian lengan panjang yang ditenun rapat, berwarna terang.

Beberapa suku yang belum terjamah masih ada di Amerika Selatan, dan hampir semuanya berada di bagian terdalam Amazon, jauh dari daerah yang dikunjungi wisatawan. Mereka tidak agresif, dan lebih memilih menjauh dari peradaban lain. Faktanya kebanyakan orang asli Amazon hidup seperti Kita. Ada kota, pelabuhan, jembatan, dan industri di banyak bagian Amazon, seperti kota Manaus, tempat banyak kapal berangkat dan turun.

 Keanekaragaman Kehidupan di Amazon

Penduduk asli yang tinggal di sepanjang pantai Amazon memiliki ketergantungan pada hutan untuk mata pencaharian mereka. Sementara mereka terlibat dalam adat istiadat tradisional, mengenakan pakaian modern, dan berpartisipasi dalam bisnis.

Baca juga: Harimau Siberia Predator Terbesar di Dunia

Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia. Ini mencakup sekitar 40% dari benua Amerika Selatan dan merupakan bagian dari delapan negara. Amazon sering disebut sebagai ibu kota keanekaragaman hayati atau paru-paru planet karena keanekaragaman spesies tumbuhan dan hewan yang luar biasa. Ini adalah rumah leluhur bagi sekitar satu juta penduduk asli yang terbagi menjadi sekitar 400 suku.

Amazon memiliki banyak tradisi budaya, sifat alami, kegunaan obat, dan kehidupan hewan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Masih tidak tahu berapa banyak spesies tumbuhan dan hewan yang ada di hutan, dan penemuan baru dibuat oleh sains setiap hari.

Ikan Amazon Paling berbahaya di Dunia
credit: amazon river worldbank.org

Dari semua penghuni lembah Amazon, tidak ada yang lebih ditakuti selain ikan kecil yang dikenal sebagai candiru. Sejak menjadi perhatian sains pada awal abad ke-19, makhluk ini telah menempati imajinasi mengerikan setiap orang. Alasannya adalah kebiasaan candiru yang memasuki alat vital manusia.

Kisah ini telah diceritakan di mana-mana seperti forum internet penuh dengan referensi tentang ikan ini, terlebih tentang aktivitasnya bertelur di kandung kemih.

Candiru apakah benar ikan amazon paling berbahaya di dunia?

“Lebih dari seratus tahun, kisah tentang seekor ikan yang memiliki kebiasaan luar biasa menembus uretra pria dan wanita yang mandi, terutama jika mereka harus buang air kecil saat berada di dalam air.”

Sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 1930 di American Journal of Surgery oleh Eugene Willis Gudger. Meskipun bagian ini benar-benar merupakan kitab besar candiru, mengumpulkan dan menganalisis kisah-kisah sejak tahun 1829, sebagian besar berkaitan dengan spekulasi, ketakutan, dan legenda urban.

Ikan Amazon Paling berbahaya di Dunia
Credit: http://www.bbc.com/

Beberapa spesies kecil yang hampir transparan telah diberi label sebagai candiru selama bertahun-tahun. Salah satu yang umumnya dianggap pelakunya adalah Vandellia cirrhosa sepanjang 5 cm. Hal ini diketahui parasit pada insang ikan yang memakan darah mereka.

Terlepas dari kebiasaan makan seperti vampir, parasit ini tidak signifikan di Amazon yang luas dan berlumpur.

Cerita yang menggambarkan candiru sebagai sesuatu yang kecil yang melakukan kejahatan seperti melodrama. Segelintir penjelajah eropa menemukan orang-orang amazon yang kemudian menceritakan kisah ini sebagai ancaman di kehidupan nyata.

Namun, di sinilah tepatnya cerita mulai beralih ke ranah spekulasi.

Cerita semakin berkembang. Kebanyakan penulis menekankan pada kerentanan terhadap alat vital. Lebih buruk beberapa penulis mengklaim candiru dapat melompat dari air dan dengan cepat ke aliran urin untuk mencapai target.

Tidak kalah mengerikan, pengobatan yang ditawarkan yaitu dengan mengamputasi agar peradangan tidak melebar.

Ada banyak laporan dari abad ke-19 dan awal abad ke-20 tentang perilaku candiru namun laporan hanya mengandalkan desas desus. Banyak beberapa teori menentang bagaimana bisa ikan hidup jauh dari lingkungan akuatik.

Berbagai Diskusi Tentang Ikan Amazon Paling Berbahaya di Dunia

Pada tahun 2001, Stephen Spotte University of Connecticut berupaya untuk menguji gagasan ini. Hasilnya, Candiru dapat makan di air berlumpur, di malam hari ini menunjukan adaptasi sensorik yang memungkinkan mendeteksi mangsanya. Para peneliti membandingkan perilaku candiiru saat disajikan dengan ikan hidup dan senyawa kimiawi amonia. Temuan mereka cukup meyakinkan yaitu candiru tidak tertarik dengan isyarat kimiawi.

Beberapa dekade hanya ada satu laporan tentang serangan candiru. Tahun 1977, Manaus ibu kota amazon di brazil. Seorang pasien di dorong masuk oleh candiru di uretra kemudian berhasil dikeluarkan setelah operasi oleh Dr. Samad.

Kemudian berita ini diterbitkan oleh Samad dan menjadi satu-satunya literatur medis. Spotte bertemu dengan Samad pada tahun 1999 untuk membahas ini. Terdapat foto, video dan spesimen yang diawetkan namun Spotte meragukan hal itu.

Bertentangan dengan hukum dinamika fluida.

Ikan yang berenang di aliran air kencing harus berenang lebih cepat dari aliran sungai dan melawan gravitasi. Ide yang menyatakan bahwa candiru dapat mendorong dirinya ke dalam alat vital bertentangan dengan hukum dinamika fluida.

Apa yang diceritakan oleh para penjelajah eropa telah menanamkan ketakutan masyarakat tepi sungai. Mendalam sampai ritual, pembuatan rumah, kamar mandi dan prosedur medis untuk parasit ini. Belum lagi para peneliti Amazon akan lebih sangat berhati-hati terhadap air di Amazon.

Perdebatan tentang candiru bukan perihal pesan sains yang mengalahkan tahayul. Penting untuk tidak meremehkan alam namun sama penting untuk mempertanyakan segala hal agar ketakutan tidak menyelimuti kita dalam air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here