Balut Kuliner Ekstrem Filipina – Filipina, merupakan negara yang menjadi rumah bagi banyak jenis makanan dan bahan pokok pertanian. Negara ini memiliki pulau lebih dari tujuh ribu yang dimana pulau tersebut banyak menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Pulau-pulau ini kaya akan hidangan lokal dan berbagai macam jenis makanan kaki lima. Salah satu makanan unik tersebut adalah Balut, yang merupakan kuliner lezat yang bentuknya tidak biasa dan cenderung ekstrem. (Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Serangga, Pentingkah ?).

Balut Kuliner Khas Dari Filipina
Balut Kuliner Khas Dari Filipina

Balut Kuliner Ekstrem Filipina

Dilansir dan diterjemahkan dari phillife.co. Balut adalah hidangan yand terbuat dari embrio / janin ayam atau bebek lalu dimakan langsung dari cangkangnya. Makanan ini biasanya dijual sebagai makanan jalanan di Filipina. Anda akan sering melihatnya dijual di jalanan ketika anda berkunjung ke negeri ini.

Balut adalah telur bebek atau ayam berumur enam belas hingga dua puluh satu hari. Telur kemudian direbus, didalam telur tersebut tidak hanya terdapat kuning telur, tetapi juga embrionya.

Video Tantangan Makan Telur Balut

Balut Kuliner Ekstrem Filipina ini menjadi salah satu makanan asal filipina yang sangat terkenal dan ikonik dan dimakan dengan cara membuka cangkangnya lalu ditambah dengan sedikit garam dan cuka.

Beberapa turis sangat menyukai makanan ini, dan menganggapnya sebagai gagasan yang baru dan menarik di dunia kuliner. Yang lain merasa tidak nyaman karena yang mereka konsumsi adalah janin seekor ayam.

Balut berasal dari Filipina diciptakan pada awal 1900-an. Orang-orang Filipina dipengaruhi oleh kehadiran Cina pada tahun 1885. Sejak saat itu mereka telah menghidangkan dan mengkonsumsi Balut sebagai hidangan yang bisa dibilang eksotis.

balut janin bebek yang lezat asal filipina
balut janin bebek yang lezat asal filipina

Karena banyak orang Filipina mulai bermigrasi ke seluruh dunia, permintaan untuk konsumsi Balut mulai meningkat bersamaan dengan kehadiran mereka di negara-negara asing tersebut.

Balut memiliki nilai penting dalam kebudayaan dan sejarah di Flipina. Sebelumnya telah ditemukan bahwa konsep memakan telur bebek bersama embrionya sudah dimulai pada abad ke-17.

Orang-orang Filipina dipengaruhi oleh Cina, Thailand, dan Laos. Banyak faktor sosial budaya yang mendominasi kehadilan Balut dipasar.

Balut Disajikan Diatas Mangkuk
Balut Disajikan Diatas Mangkuk

Faktor-faktor ini berbeda dari nilai gizi yang dimiliki balut dan nilai-nilai lainnya yang ada pada penduduk setempat. Balut dihidangkan di Filipina pada acara-acara khusus dan festival keagamaan.

Hal ini menandakan bahwa Filipina memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang sangat tinggi. Orang-orang mengkonsumsinya sebagai hidangan yang lezat dan juga sebagai hidangan disaat festival.

salah satu proses membuat balut
salah satu proses membuat balut

Balut Kuliner Ekstrem Filipina disiapkan dengan cara yang hati-hati dan tentunya terkontrol. Teknik yang digunakan akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan citarasa yang terbaik ataupun tidak.

Semua teknik yang digunakan dalam persiapan Balut telah dipelajari secara tradisional oleh pembuat Balut lokal. Telur-telur yang didapat pertama-tama diambil dan diinkubasi di bawah terik matahari, atau telur-telur tersebut dapat dikubur di dalam pasir.

Kemudian mereka ditempatkan di keranjang bambu untuk mempertahankan kehangatannya dan untuk membantu menjaga telur agar tidak rusak.

Setelah sembilan hari, telur-telur itu dikeluarkan dan diberikan sumber cahaya agar pembuatnya bisa melihat embrio di dalam telur sudah ada atau belum.

Berbagai macam tahap untuk mematangkan telur dan perbedaan cara untuk menjaga suhunya akan memainkan peran penting untuk membuat Balut yang lezat. Telur juga akan berubah warna selama periode pematangan tersebut.

Waktu inkubasi telur sebelum direbus tergantung pada penduduk setempat mengkonsumsinya. Mulai dari 14 hingga 18 hari. Setelah di masak, kulit telurnya akan terpecah dan terbuka dan untuk mengkonsumsinya Anda bisa menambahkan sedikit garam dan cuka untuk penambah rasa.

tutorial cara memakan balut
tutorial cara memakan balut

Balut adalah salah satu makanan pokok utama di Filipina. Dan sekarang menjadi kuliner yang sangat populer baik di kalangan penduduk setempat maupun wisatawan.

Balut Kuliner Ekstrem Filipina sekarang disiapkan dan dijual di banyak toko makanan dan restoran besar. Beberapa restoran eksotis yang melayani wisatawan memiliki versi Balut sendiri di mana ia memiliki banyak rempah dan garam.

Mungkin Anda akan baru benar-benar merasakan tradisi asli dalam budaya lokal Filipina dan memiliki pengalaman langsung dari tradisi mereka jika anda mengkonsumsi Balut.

Teknik persiapan Balut telah berkembang dalam kehidupan modern; makanan ini sekarang dapat dibuat di bawah kondisi cahaya dan suhu khusus yang telah di atur didalam mesin inkubator. Dan menjadikan Balut salah satu hidangan Filipina yang banyak dicari. Berani Mencobanya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here