Mengkonsumsi Kalajengking Berbahaya ? Ini Faktanya ! – Sejak usia muda, banyak orang diajarkan untuk menjauhi makhluk yang bisa menyengat atau menggigit. Bisa dibilang Ini adalah nasihat bijak dan umumnya harus diikuti.

Kali ini Ourstory.id akan membahas kembali kuliner ekstrem dari seluruh dunia. Sebelumnya kita sudah membahas Balut Kuliner Ekstrem Filipina Dan sekarang topik kuliner ekstrem yang akan kami bahas kali ini adalah kalajengking.

Kalajengking, dengan sengatannya yang terkenal dianggap sebagai jenis makhluk yang harus dihindari. Namun, dalam situasi bertahan hidup, Anda mungkin tidak bisa memakan makanan yang enak yang anda inginkan. Untungnya, kalajengking memang merupakan serangga yang dapat dimakan. (Baca Juga Manfaat Mengkonsumsi Serangga)

kalajengking goreng di china
kalajengking goreng di china

Walaupun kenyataannya kalajengking dapat dimakan mentah, sangat disarankan, jika ingin mengkonsumsi kalajengking anda harus memasaknya terlebih dahulu.

Dan wajib diingat, kelenjar penyengat racun pada kalajengking harus dibuang terlebih dahulu jika anda ingin mengkonsumsinya secara mentah.

Mengkonsumsi Kalajengking Berbahaya ?

Kelenjar penyengat pada kalajengking dapat dibiarkan jika kalajengking dimasak dengan baik, karena efek racunnya bisa menghilang ketika dimasak dengan suhu yang panas.

Di Cina misalnya, kelenjar penyengat pada kalajengking biasanya tidak dibuang pada saat dikonsumsi.

Legenda mengatakan bahwa ada manfaat medis tertentu jika anda mengkonsumsi kelenjar penyengat tersebut.

Selain pengobatan ala Tiongkok, ternyata ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi kalajengking dalam situasi bertahan hidup.

Memasak Kalajengking

Fakta Kalajengking

Protein

Kalajengking ternyata mengandung banyak protein. Sementara daging sapi biasanya memiliki kandungan protein 20%, kalajengking dapat memiliki kandungan protein hingga 80%.

Kalori

Ini mungkin tampak seperti masalah bagi anda yang sedang diet atau sedang menjaga berat badan, tetapi dalam bertahan hidup, kalori sangat penting. Karena dengan begitu anda akan tetap merasa penuh semangat dan energi. Dan nyatanya, kalajengking memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Populasi

Di daerah tertentu, populasi kalajengking sangat tinggi, menciptakan sumber makanan yang cukup andal dan terpercaya.

Cara Menangkapnya

Dengan beberapa cara menggunakan lengan baju Anda, tidak sulit rasanya untuk menangkap sejumlah besar kalajengking tanpa disengat olehnya.

Rasanya

Ketika dimasak, rasa kalajengking hampir sama dengan rasa kulit ayam yang renyah, popcorn, udang dan bahkan kepiting. Ketika dimakan mentah bisa dibilang rasanya tidak terlalu enak.

Yakin dan merasa amanlah untuk mengkonsumsi kalajengking. Mengingat kalajengking merupakan serangga yang memiliki kadar protein yang tinggi

Mempersiapkan Kalajengking Untuk Dimakan

Sekarang setelah Anda menangkap beberapa kalajengking, Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan dengan mereka. Mereka cepat dan berbahaya, jadi hanya memegangnya dengan tangan kosong bisa menjadi kesalahan fatal.

Seperti kebanyakan makanan, kalajengking perlu sedikit persiapan sebelum dimakan.

Mencabut Sengat Racun Kalajengking
Mencabut Sengat Racun Kalajengking

Menangani Kalajengking Hidup

Kalajengking bukan makhluk tercepat di dunia, tetapi mereka dapat bergerak cukup cepat untuk menyengat calon pemburu. Sengatannya benar-benar dapat membuat anda sangat merasa kesakitan.

Jika memungkinkan, kenakan sarung tangan saat menangani kalajengking. Jika itu tidak memungkinkan, gunakan penjepit yang panjang. Tentu saja, dalam situasi bertahan hidup, barang-barang ini adalah kemewahan yang tidak mungkin Anda miliki.

Idealnya, Anda ingin menjauhkan mereka dari Anda setiap saat. Jika mungkin gunakan tongkat tipis dan kokoh untuk menahan kalajengking di bagian bawah.

Membunuh Kalajengking

Cara tercepat untuk membunuh kalajengking adalah dengan menembus kulit luarnya yang keras dan menghancurkan kepalanya. Benda tajam adalah alat terbaik untuk melakukan ini, meskipun benda tumpul juga dapat digunakan.

Jika memungkinkan, jepit ekor dan sengatnya ke bawah dengan tongkat sebelum anda membunuhnya.

Mempersiapkan Kalajengking Untuk Dimakan
Mempersiapkan Kalajengking Untuk Dimakan

Mempersiapkan Kalajengking Untuk Dimakan

Setelah kalajengking mati, hampir waktunya untuk memakannya. Meskipun sudah mati, mengkonsumsinya masih sangat berbahaya sampai kelenjar penyengat dan racunnya di hilangkan.

Penyengatnya terletak di ujung ekor, dan kelenjar racun tepat berada di bawahnya.

Anda mungkin melihat racunnya yang berwarna agak buram keluar setelah Anda memotong penyengat dan kelenjarnya.

Setelah selesai anda membuangnya, kalajengking dapat dikonsumsi secara mentah.

Tetapi lebih baik memasaknya, selain untuk meningkatkan rasanya, juga untuk memastikannya bersih dari racun atau parasit lainnya.

Kecil kemungkinan kalajengking akan membawa parasit, tetapi bukan tidak mungkin. Namun, jika tidak ada alternatif, mereka bisa dimakan mentah. Seluruh bagian tubuh kalajengking dapat dimakan setelah kelenjar penyengat dan racun nya anda buang dan bersihkan.

Masukkan saja ke mulut Anda dan kunyah mereka.

kalajengking goreng
kalajengking goreng

Memasak Kalajengking

Bukan hal yang aneh untuk membiarkan kelenjar penyengat dan racun tetap berada di posisinya semula jika Anda berencana memasak kalajengking. Racun menjadi terdenaturasi dan menambah lebih banyak protein.

Di Cina, diyakini bahwa memakan kalajengking dengan penyengatnya akan membuat Anda kuat! Risikonya adalah Anda mungkin alergi terhadap beberapa sifat racun yang masih terkandung sedikit didalamnya.

Tidak seperti memasak takoyaki yang terbilang mudah. Cara termudah untuk memasak kalajengking adalah dengan menusuknya dan memanggangnya di atas api atau bara panas. Bayangkan Anda sedang memasak sate ayam, ini proses yang sama.

Jangan menaruhnya terlalu dekat dengan panas api atau hal itu akan membuat kalajengkin terbakar dan bahkan gosong.

Tahan sedikit dan balikkan dari waktu ke waktu untuk memastikan seluruh bagiannya matang.

Setelah menjadi warna cokelat, kalajengking siap dimakan. Sekarang anda dapat mengkonsumsi seluruh bagian tubuhnya dan jangan khawatir tentang cangkangnya. Seperti lobster atau kepiting, daging terbaik ada di ekor dan capit mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here