Salah satu dari beberapa ikan gobi berwarna-warni dalam genus Lentipes, Spesies Ikan Gobi di Papua berwarna merah ditemukan di sungai berbatu di wilayah Papua Barat, Indonesia. Di alam liar, mereka hidup dalam kelompok kecil. Mereka memakan tumbuhan alga dan biofilm di alam liar. Mereka membutuhkan air bersih dan teroksigenasi baik dengan arus tertentu dan akan tumbuh dengan baik pada suhu yang sedikit lebih dingin daripada kebanyakan ikan tropis.

Ikan gobi ada di mana-mana – mereka ditemukan di kolam gurun di Australia, air tawar di Kepulauan Pasifik, dan di semua samudra di dunia. Jika kita menerima angka 28.000 spesies ikan maka kurang lebih satu dari setiap 14 spesies ikan adalah ikan gobi. Selain itu, ikan gobi biasanya merupakan ikan air tawar paling melimpah di pulau-pulau samudra sehingga perilaku, habitat dan reproduksi dalam keluarga ini sangat mengesankan dan patut dijadikan sebuah informasi khususnya Spesies Ikan Gobi di Papua

Kehidupan Sosial Ikan Gobi

Gobi menyukai persahabatan, seluruh rangkaian ikan gobi berbagi liang dengan udang. Ikan gobi udang atau udang ini bertindak sebagai penjaga udang. Penglihatan mereka yang tajam melihat pemangsa potensial di kejauhan dan ikan gobi merespons dengan mundur (atau menyelam) ke dalam liang.

Spesies Ikan Goby di Papua
Spesies Ikan Gobi Papua Barat: http://www.ryanphotographic.com/gobiidae.htm

Ikan gobi penting di sungai di Pulau Pasifik begitu juga Spesies Ikan Gobi di Papua dan beberapa spesies bertelur yang menetas dan hanyut ke laut. Bergantung pada spesiesnya, mungkin ada migrasi massal ke sungai. Populasi ikan gobi ini dapat mencapai kepadatan tinggi. Karena mereka adalah pemakan alga, mereka adalah konsumen utama dan memiliki lebih banyak energi yang tersedia bagi mereka daripada jika mereka adalah predator.

Cara migrasi ikan gobi

Ikan gobi ditemukan di seluruh dunia di air tawar, payau dan air asin. Mereka terkonsentrasi di daerah tropis dan subtropis, terutama di Indo-Pasifik, tetapi beberapa spesies laut dapat ditemukan di aliran subarktik di selatan Siberia, Amerika Utara, Australia, laut asli Jepang, Korea, dan Cina. Ikan gobi telah menyebar dan membuat persilangan alami dengan spesies lain yang kemudian menyebabkan kemunculan spesies baru karena beberapa hal. Salah satunya yang paling unik yaitu ikan goby yang hidup di saluran dan pipa kapal laut besar berpergian ke hampir seluruh dunia. Jejak ikan gobi diteliti dan ternyata cara migrasi yang cukup mencengangkan di antara ribuan ikan yang ada di dunia.

Habitat ikan gobi

Ikan gobi sangat berhasil dalam kemampuannya untuk mengeksploitasi habitat mikro yang tidak dapat diakses oleh kebanyakan ikan lainnya; mereka ditemukan dari sungai subarctic di Siberia hingga sungai pegunungan pada ketinggian 2.000 m di pulau-pulau hingga kedalaman laut 800 m. Pada terumbu karang, mereka dapat ditemukan di banyak celah dan celah atau di tempat terbuka di antara karang.

Spesies Ikan Gobi di papua
Spesies Ikan Gobi Papua Barat ditemukan di wilayah Raja Ampat. Sumber : http://www.ryanphotographic.com/gobiidae.htm

Sekitar 200 spesies yang ditemukan di air tawar membentuk kategori ikan gobi yang terpisah. Ikan gobi sangat sukses di habitat air tawar di mana hanya sedikit ikan lain yang ditemukan, seperti pulau samudra. Spesies lain memiliki tahap kehidupan laut yang pendek sementara yang lain telah berevolusi untuk hidup sepenuhnya dalam lingkungan air tawar.

Bentuk Fisik

Kebanyakan ikan gobi berukuran sangat kecil; Faktanya, vertebrata terkecil yang diketahui adalah seekor ikan gobi dari Jepang, tidak lebih dari 10 mm pada saat kematangan seksual. Yang terbesar, Gobioides broussenetii dari Karibia, dapat mencapai TL 50 cm.

Mudskippers” Ikan Gobies Pemanjat?

Mudskipper adalah Spesies Ikan Gobi di Papua dengan ciri memiliki barbel kepala yang menonjol. Kebanyakan ikan gobi, dan semua spesies air tawar, memiliki sirip perut yang bersatu untuk membentuk cakram perekat atau cakram pengisap. Akan tetapi, beberapa spesies terumbu karang telah memisahkan sirip perut meskipun tingkat pemisahannya sangat bervariasi.

Spesies Ikan Gobi di Papua
Mudskipper Spesies Ikan Gobi di Papua sumber:http://www.ryanphotographic.com/gobiidae.htm

Banyak ikan gobi telah mengembangkan adaptasi fisik yang unik untuk kehidupan di lingkungan pasang surut atau muara. Misalnya, mudskippers pada dasarnya adalah amfibi. Kulit mengandung banyak pembuluh darah yang memungkinkan mereka mengambil oksigen atmosfer dan ekor berotot membantu mereka melewati lumpur. Selain itu, mata mereka bertengger tinggi di kepala untuk memungkinkan mereka mencari makan secara efektif dan menghindari predator.

Baca juga: apakah ini Ikan Paus Terbesar saat ini?

pesisir Papua terutama di daerah rawa bakau dan perairan berlumpur terdapat Spesies Ikan Gobi di Papua yang unik. Ikan ini adalah gobies “berjalan” (walking gobies). Ikan gobies “berjalan” termasuk dalam genus Periophthalmus dan ikan ini tergolong spesial karena mampu bertahan dalam waktu lama di luar air dan bahkan dapat dapat memanjat akar bakau untuk mencari serangga. Sebanyak 12 spesies ikan ini tersebar luas di Indo-Pasifik. Pada saat muncul kembali ke permukaan, biasanya gobies jantan “berjalan” beratraksi untuk memikat betina dengan mengangkat siripnya. Atraksi ini juga sekaligus sebagai ajang persaingan antar sesama jantan untuk menarik perhatian si betina.

Cara Ikan Gobi Berkembangbiak

Pada kebanyakan ikan gobi, telur menetas dalam satu sampai lima hari dan tumbuh dengan cepat dalam beberapa hari. Larva transparan kecil (panjang antara 2 dan 10 mm) biasanya tersebar di kolom air tempat mereka berenang selama tiga hingga 20 hari. Pada beberapa spesies, jantan tetap di liang, yang ditutup rapat oleh betina, hingga lima hari. Telur-telur itu berkembang seluruhnya di dalam liang dan hanya satu remaja yang tampaknya keluar dari liang, menunjukkan bahwa remaja menerima makanan melalui kanibalisme, serta cadangan makanan dan sekitarnya.

Ikan gobi tropis sama halnya Spesies Ikan Gobi di Papua berkembang sangat cepat dan mungkin hidup tidak lebih dari satu tahun, tetapi di daerah yang lebih dingin beberapa spesies mungkin hidup antara dua dan sepuluh tahun.

Ikan gobi diklasifikasikan sebagai zooplanktivora, omnivora, dan karnivora, karena mereka memakan berbagai organisme kecil seperti kepiting, udang, krustasea kecil (seperti copepoda, amphipoda, dan ostracoda), moluska, annelida, polychaetes, formaninferans, spons, kecil ikan, dan telur dari berbagai invertebrata dan ikan.

Untuk mempertahankan dirinya dari predator, Mereka jarang meninggalkan liang mereka dan menampilkan berbagai macam warna untuk kamuflase.

Peran ikan gobi dan nilainya bagi manusia

Ikan gobi sangat penting di hampir semua ekosistem yang mereka tempati karena keberadaanya yang sangat melimpah  sehingga relatif menjadikannya bagian penting dari rantai makanan.  Beberapa spesies ikan Goby diteliti menjadi ikan invasi dalam jumlah besar yang berpotensi merusak keseimbangan alam, sehingga beberapa peraturan dibuat untuk kepemilikan salah satu spesies ini dan melarangnya digunakan sebagai umpan pancing. Sejumlah ikan gobi telah berhasil dikembangbiakkan di penangkaran, dan beberapa juga populer dalam perdagangan akuarium.

  1. Sumber 1: Penelitian tentang goby 
  2. Sumber 2: invasi ikan goby
  3. Sumber 3: foto –foto ikan gobi
  4. Sumber 4: ikan gobi merah di papua barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here