Cara Memulai Bisnis Makanan Untuk Pemula – Memulai bisnis apa pun di saat seperti ini memang sulit, tetapi bisnis makanan memiliki keunggulan dibandingkan bisnis lain. Yaitu karena semua manusia harus makan. Atau bisa dibilang makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Mungkin banyak dari anda takut untuk memulai bisnis makanan atau bisnis minuman sendiri. Terutama ketika anda membaca sebuah Penelitian yang menunjukkan bahwa sebanyak 90% usaha yang baru buka, akan gagal di tahun pertamanya. Baca juga : Usaha Yang Menjanjikan di Jakarta.

Tetapi, disini kami akan berikan beberapa tips dasar untuk anda yang awam tetapi ingin mendirikan sebuah usaha. Agar anda bisa lebih percaya diri dalam membangun sebuah usaha. Dan mungkin meraih sebuah kesuksesan.

Cara Memulai Bisnis Makanan Untuk Pemula

Contoh Rencana Bisnis
Contoh Rencana Bisnis. Sumber : i.pinimg.com

1. Buat Rencana Bisnis Yang Jelas
Pertama, anda harus membuat rencana bisnis yang jelas sebelum memulai sebuah usaha. Lakukan riset terhadap makanan atau minuman yang nanti akan anda jual. Mulai dari riset produk, target pasar, pesaing, hingga lokasi tempat anda berjualan nantinya.

Dan jangan lupa juga untuk membuat simulasi perhitungan biaya yang akan anda keluarkan dan akan anda dapatkan selama operasional usaha anda berjalan.

Cara Memulai Bisnis Makanan Untuk Pemula cari peluang usaha terlaris di jakarta
Fokus Pada Makanan Yang Anda Buat. Sumber : www.daddystakoyaki.com

2. Fokus Pada Makanan Yang Anda Buat
Pada tahap ini, anda harus fokus pada makanan yang anda buat. Lebih tepatnya adalah rasa makananya. Dalam sebuah bisnis kuliner, kreatifitas anda dalam sebuah menu akan sangat menentukan.

Lupakan sejenak perihal branding, seperti packaging, ataupun logo.Karena sebagus apapun packaging / logo anda. Semuanya tidak akan berhasil jika tidak ditopang dengan rasa produk yang lezat dan dapat diterima oleh masyarakat umum.

Kumpulkan Feedback Sebanyak-Banyaknya
Kumpulkan Feedback Sebanyak-Banyaknya. Source : lh3.googleusercontent.com

3. Kumpulkan Feedback Sebanyak-Banyaknya
Dalam sebuah bisnis, feedback merupakan sebuah hal yang penting. Karena dengan feedback dari konsumen atau rekan terdekat, kita dapat membuat sebuah usaha menjadi jauh lebih baik lagi.

Baca juga : Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Bekasi. Jangan lupa untuk juga meminta saran dari teman-teman atau saudara terdekat untuk mencicipi makanan anda ataupun konsep usaha yang sedang anda buat. Dan catat semua saran yang mereka berikan.

Cara Memulai Bisnis Makanan Untuk Pemula wajib Siapkan Cadangan Dana Awal Yang Cukup
Siapkan Cadangan Dana Awal Yang Cukup. Source : www.hops.id

4. Siapkan Cadangan Dana Awal Yang Cukup
Dana yang cukup akan sangat penting untuk menjamin keberlangsungan bisnis anda. Apalagi, dalam 3 bulan pertama mungkin anda akan mendapatkan keuntungan yang kecil.Atau bahkan mengalami kerugian. Usahakan, ketika anda ingin terjun kedunia bisnis kuliner, anda memiliki setidaknya 5 – 10 kali lipat dari dana modal usaha anda.

Sebagai contoh anda memerlukan 10 juta rupiah untuk membangun bisnis anda.Maka cadangan dana yang anda butuhkan adalah 50 juta – 100 juta rupiah, pisahkan dana cadangan tersebut dari dana pribadi anda. Hal ini sangatlah penting agar keuangan bisnis anda bisa sehat dan tidak terganggu.

Buat Packaging Yang Unik
Buat Packaging Yang Unik. Source : www.daddystakoyaki.com

5. Buat Logo Brand / Packaging Yang Unik.
Logo brand / packaging merupakan alat marketing anda yang sangat penting. Karena dengan begitu konsumen dan calon konsumen akan lebih mudah untuk mengenal anda. dan membedakan usaha makanan anda dari usaha makanan yang lain.

Dan fakta dilapangan juga menyatakan bahwa sebuah packaging atau logo yang unik dapat meningkatkan penjualan anda secara signifikan.

Bekerja Sama Dengan Layanan Pesan Antar atau Ojek Online
Bekerja Sama Dengan Layanan Pesan Antar atau Ojek Online. Source : suara.com

6. Bekerja Sama Dengan Layanan Pesan Antar / Ojek Online
Pada saat ini, keberadaan ojek online merupakan sebuah hal yang penting untuk keberadaan bisnis makanan.Jika anda bekerjasama dengan ojek online, anda tidak perlu harus repot-repot untuk mencari tempat yang strategis untuk awal mendirikan usaha makanan anda.

Bahkan anda bisa mulai berjualan di rumah, atau orang-orang jaman sekarang menyebutnya dengan nama Ghost Kitchen. Yaitu sebuah restoran yang hanya menawarkan jasa memasak dan delivery saja. Jadi tidak menyediakan fasilitas makan ditempat.

Nah itu adalah beberapa tips dasar untuk anda yang ingin terjun ke dunia  kuliner. Yang pasti, dalam bisnis kuliner atau bisnis apapun. Konsistensi dengan semangat yang tinggi merupakan sebuah hal yang penting.

Dan jangan cepat patah semangat. Sekian informasi dari kami mengenai Cara Memulai Bisnis Makanan Untuk Pemula, untuk kurang lebihnya mohon maaf. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here