Sejarah Taco Bell, Kuliner Meksiko Yang Menaklukan Amerika – Taco Bell didirikan oleh Glen Bell, yang pertama kali membuka gerai hot dog bernama Bell’s Drive-In di San Bernardino, California pada tahun 1948 ketika ia berusia 25 tahun. Pada tahun 1950, ia membuka Bell’s Hamburger dan Hot Dog di barrio West Side San Bernardino. Informasi Bisnis : Waralaba Makanan Takoyaki Jepang di Jakarta.

Menurut Gustavo Arellano, penulis buku Taco USA: Bagaimana Makanan Meksiko menaklukkan Amerika, Bell menyaksikan antrean panjang para pelanggan di sebuah restoran Meksiko bernama Mitla Cafe, yang terletak di seberang jalan.

Glen Bell founder of Taco Bell

Sejarah Taco Bell, Kuliner Meksiko Yang Menaklukan Amerika

Bell akhirnya mulai makan di sana secara rutin, mencoba untuk meniru resep yang ada di Mitla Cafe, dan sampai akhirnya ia mendapatkan kepercayaan dari pemilik Mitla Cafe untuk mengizinkannya melihat bagaimana taco dan makanan lain dibuat.

Pada akhir 1951 atau awal 1952, ia mulai mempraktekan apa yang telah ia pelajari dan membuka gerai taco yang ia namai Taco-Tia. Sejarah Krispy Kreme, Si Ahlinya Donat Lembut & Lezat

Selama beberapa tahun berikutnya, Bell memiliki dan mengoperasikan sejumlah restoran di California selatan termasuk empat restorant yang diberi nama El Taco. Bell menjual El Tacos kepada mitranya dan membangun Taco Bell pertama di Downey pada tahun 1962.

sejarah taco bell - Mitla Cafe, Awal Mula Taco Bell Tercipta
Mitla Cafe, Awal Mula Taco Bell Tercipta

Kermit Becky, seorang mantan polisi Los Angeles, membeli waralaba Taco Bell pertama dari Glen Bell pada tahun 1964, dan membangunnya di Torrance. Perusahaan ini berkembang pesat, dan pada 1967, restoran ke-100 dibuka di 400 South Brookhurst di Anaheim.

Gerai asli pertama taco bell hanya dilengkapi dengan jendela untuk memesan makanan saja, disana tidak ada tempat duduk dalam ruangan atau layanan drive-thru. Pada tahun 1968, lokasi waralaba pertamanya di sebelah timur Sungai Mississippi dibuka di Springfield, Ohio. Pada tahun 1970, Taco Bell go public dengan memiliki 325 restoran. Sejarah Berdirinya Dunkin ‘Donuts, Waralaba Donut Terbesar

Sejarah Taco Bell - Outlet Pertama Taco Bell
Outlet Pertama Taco Bell

Pada tahun 1978, PepsiCo membeli Taco Bell dari Glen Bell. Pada malam 19 November 2015, bangunan asli Taco Bell di Downey dipindahkan ke Kantor Pusat Taco Bell di Irvine, California.

Beberapa lokasi di Midwestern Amerika Serikat dikonversi dari restoran Zantigo, sebuah waralaba makanan Meksiko yang berbasis di Minnesota yang diakuisisi PepsiCo pada tahun 1986.

Pada tahun 1991, Taco Bell membuka Taco Bell Express pertama di San Francisco. Konsep ini adalah restoran berukuran kecil dengan menu terbatas (terutama makanan dengan harga di bawah $ 1).

Sejarah Taco Bell Express
Outlet Taco Bell Express

Lokasi utama Taco Bell Express beroperasi ada di dalam mini market, tempat perhentian bus, pusat perbelanjaan, dan bandara. Taco Bell mulai melakukan co-branding dengan KFC pada tahun 1995 ketika co-brand pertama tersebut dibuka di Clayton, North Carolina. Sejak saat itu waraba ini juga tergabung bersama dengan Pizza Hut dan Long John Silver.

Pada tahun 1997, PepsiCo bereksperimen dengan konsep “fresh grill”, membuka setidaknya satu restoran Border Bell di Mountain View, California di El Camino Real. Selain sebagian dari menu Taco Bell, Border Bell menawarkan makanan-makanan yang terinspirasi dari Meksiko seperti yang tersedia dari restoran Chevys Fresh Mex (yang saat itu dimiliki oleh PepsiCo), seperti puding jagung manis “tamalito”  khas Chevys dan bar salsa yang memiliki sayuran segar.

tamalito, puding jagung manis dari mexico

Menjelang waktu PepsiCo memulai bisnis restorannya pada tahun 1997, Border Bell di Mountain View ditutup dan diubah menjadi restoran Taco Bell yang masih buka pada tahun 2018.

Taco Bell Di Asia

Sejarah Taco Bell di asia. Pada tahun 2003 Taco Bell memasuki pasar Cina dengan membuka sebuah restoran di Shanghai’s People’s Square bernama “Taco Bell Grande”. Tiga restoran TBG lainnya dibuka sebelum ditutup pada tahun 2008.

Taco Bell diluncurkan kembali di pasar Cina ketika sebuah mall dibuka di Pudong, Shanghai pada akhir 2015. Pada Juli 2017, Taco Bell membuka outlet di Kolombo, Sri Lanka.

Outlet Taco Bell pertama di India dibuka di mal Mantri Square di Bangalore pada 2010. Taco Bell mengumumkan perjanjian master waralaba nasional secara eksklusif dengan Burman Hospitality pada 15 Mei 2019.

Sejarah Taco Bell di jepang
taco bell di jepang

Burman Hospitality mengoperasikan 35 outlet di seluruh India pada tanggal yang sama. Yum Brands menyatakan bahwa mereka berencana untuk membuka 600 gerai Taco Bell baru di India pada tahun 2029.

Taco Bell pernah membuka gerainya di Tokyo dan Nagoya pada 1980-an tetapi kemudian menarik diri. Sejak itu, gerai Tako Bell hanya ada di pangkalan militer pasukan Amerika Serikat di Jepang.

Pada tahun 2015, Taco Bell kembali ke pasar Jepang dengan membuka gerai baru di pusat kota Shibuya, Tokyo. Dan menawarkan “nasi Taco” dan “Udang dan alpukat burrito” sebagai menu aslinya.

Di Korea, Taco Bell memiliki dua lokasi, yaitu di Seoul di distrik Itaewon dan Hongdae, yang keduanya menarik minat sebagian besar warga asing dan mahasiswa. Ke dua cabang tersebut dibuka pada musim panas 2010, cabang Itaewon yang lebih dulu.

Taco Bell juga telah lama hadir di Yongsan, tepatnya di markas Angkatan Darat AS, tetapi outlet tersebut terlarang untuk dikunjungi bagi personel non-militer.

Taco Bell membuka cabang Filipina pertamanya pada 30 Oktober 2004, di Gateway Mall di Cubao, Quezon City. Mereka sekarang memiliki satu di lantai dasar dan satu di lantai empat di food court di Gateway Mall. Ada juga cabang di mal TriNoma di Quezon City.

Taco Bell sempat hadir di Singapura selama beberapa tahun, sebagian besar sebagai tokonya tergabung dengan KFC seperti yang beroperasi di Funan Digital Life Mall, tetapi pada tahun 2008, Taco Bell sepenuhnya ditarik keluar dari Singapura.

Di Indonesia sendiri Taco Bell belum pernah hadir, mungkin hal ini dikarenakan masih sangat asingnya kuliner meksiko di kalangan masyarakat Indonesia.

Demikian informasi dari kami mengenai Sejarah Taco Bell, Kuliner Meksiko Yang Menaklukan Amerika. Artikel ini kami rangkum dari wikipedia dan berbagai sumber lainnya. Jika merasa bermanfaat, jangan lupa untuk klik like dan share. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here