Sejarah Krispy Kreme, Si Ahlinya Donat Lembut & Lezat – Sejarah Krispy Kreme dimulai Pada tahun 1933, disaat Vernon Rudolph yang berusia 18 tahun, bersama dengan saudaranya, Lewis Rudolph, mulai bekerja untuk pamannya, Ishmael Armstrong, yang memiliki toko kelontong kecil di Paducah, Kentucky yang menjual berbagai macam barang, termasuk donatnya yang sangat populer.

Meskipun asal mula resep donat tersebut menjadi sebuah misteri, diyakini bahwa Ismael Armstrong mendapatkan resep tersebut dari seorang juru masak kapal di Sungai Ohio bernama Joseph LeBeouf yang terkenal dengan donatnya yang lezat dan lembut.

Varian Rasa Original Dari Donat Krispy Kreme. Source : danielfooddiary.com

Sejarah Krispy Kreme, Si Ahlinya Donat Lembut & Lezat

Toko itu berjuang selama masa “Depresi Besar”, yaitu peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dimana terjadinya penurunan ekonomi secara dramatis pada tahun 1929. Pada tahun 1934, Vernon dan Ismael memutuskan untuk pindah ke kota besar Nashville, Tennessee tempat mereka berharap bisnisnya bisa berjalan dengan lebih baik.

Paman dan keponakannya tersebut hanya berfokus pada penjualan donat mereka dan membuka gerai dengan naman “The Krispy Kreme Donut Company” di sebuah toko yang mereka sewa di Gallatin Road. Baca juga : Sejarah Waralaba Wendy’s, Kualitas Adalah Resep Kami.

Vernon Rudolph pendiri krispy kreme
Vernon Rudolph pendiri krispy kreme

Toko itu bekerja dengan sangat baik sehingga ayah Vernon, Plumie, juga meninggalkan Kentucky dan pindah ke Nashville untuk membantu merekan untuk menjual donat.

Pada tahun 1937, Vernon Rudolph membuka tokonya sendiri. Dia memutuskan untuk membuka gerainya di Winston-Salem, North Carolina ketika dia mengetahui bahwa perusahaan rokok favoritnya, Camel Cigarettes, memiliki kantor pusat di kota tersebut.

Pada awalnya, Rudolph hanya menjual donatnya di toko kelontong miliknya, namun akhirnya ia juga menjual donat yang masih hangat kepada pelanggan perorangan yang datang selama waktu produksi di antara waktu tengah malam dan jam 4 pagi.

Outlet Original Pertama Milik Krispy Kreme

Toko pertamanya di North Carolina terletak di sebuah gedung sewaan di South Main Street di Winston-Salem. Sekarang tempat tersebut disebut dengan nama “Historic Old Salem” atau Salem Tua yang Bersejarah.

Logo Krispy Kreme dirancang oleh Benny Dinkins, seorang arsitek lokal. Toko roti Krispy Kreme yang pertama kali dibuka di luar wilayah Selatan ada di kota Akron, Ohio, dan dibuka pada tahun 1939.

Ekspansi terjadi pada 1950-an, termasuk toko yang pertama kali mereka buka di Savannah, Georgia. Pada 1960-an, Krispy Kreme dikenal di seluruh wilayah Tenggara Amerika Serikat, dan mulai berkembang ke daerah lain.

Mobil yang digunakan untuk krispy kreme untuk delivery
Mobil yang digunakan untuk krispy kreme untuk delivery. Source : gilleansmith.wordpress.com

Pada tahun 1976, Krispy Kreme Doughnut Corporation menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Beatrice Foods of Chicago, Illinois. Markas besar Krispy Kreme tetap berada di Winston-Salem.

Sekelompok franchisee membeli kembali perusahaan itu dari Beatrice Foods pada tahun 1982. Informasi : Waralaba Franchise Makanan Takoyaki Jepang di Indonesia.

Pada bulan Mei 2016, JAB Beech, sebuah perusahaan investasi asal Jerman, mengumumkan pihaknya melakukan penawaran untuk membeli perusahaan tersebut sebesar $ 1,35 miliar selama dua bulan berikutnya yang akan membuat perusahaan tersebut dimiliki secara pribadi.

Transaksi ditutup pada 27 Juli 2016. Pada bulan Desember 2017, Krispy Kreme memindahkan operasi perusahaannya ke Charlotte, NC; sementara kota Winston-Salem akan tetap menjadi Markas Besar mereka dan mempertahankan kantor disana menjadi Krispy Kreme Support Center.

Gerai Krispy Kreme di Pondok Indah Mall 2. Source : Openrice.com

Krispy Kreme di Indonesia

Di Indonesia, hak penjualan penuh atas waralaba Krispy Kreme dipegang oleh Mitra Adi Perkasa dan pertama kali membuka gerainya di Indonesia pada tahun 2006, tepatnya di Pondok Indah Mall 2. Sekarang Krispy Kreme memiliki 9 outlet resmi yang berada di Pondok Indah Mall 2, Senayan City, Plaza Senayan, Grand Indonesia, Mal Kelapa Gading, Pejaten, terminal 1A, 1B, dan 2F bandara Soekarno Hatta.

Sekian informasi dari ourstory.id mengenai Sejarah Krispy Kreme, Si Ahlinya Donat Lembut & Lezat. Semoga bisa bermanfaat, Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here