Sejarah Waralaba Pizza Hut, Waralaba Pizza Terbesar Di Dunia – Pizza Hut Inc. adalah perusahaan waralaba restoran pizza terbesar di dunia termasuk dalam hal jumlah outlet dan persentase pangsa pasar yang dimilikinya. Anak perusahaan dari PepsiCo, Inc ini memiliki lebih dari 11.000 outlet restoran pizza dan memiliki outlet pengiriman di lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

Sejarah Waralaba Pizza Hut, Waralaba Pizza Terbesar

Dan dan Frank Carney Pendiri Waralaba Pizza Hut
Dan dan Frank Carney Pendiri Waralaba Pizza Hut

Sejarah awal

Pizza Hut didirikan pada tahun 1958 oleh 2 orang bersaudara, yaitu Dan dan Frank Carney di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Ketika itu seorang teman menyarankan mereka untuk membuka kedai pizza dan akhirnya pun mereka setuju dan percaya jika ide tersebut akan berhasil.

Akhirnya mereka pun meminjam uang sebesar $ 600 dari ibu mereka untuk memulai bisnis dengan John Bender sebagai mitra mereka. (Informasi Bisnis : Waralaba Makanan Takoyaki Jepang Di Jakarta)

Merekapun menyewa sebuah bangunan kecil di jalan 503 South Bluff di pusat kota Wichita dan membeli peralatan bekas untuk membuat pizza. Akhirnya pun Carneys bersaudara dan Bender membuka restoran Pizza Hut pertama mereka; pada malam pembukaan, mereka memberikan pizza secara gratis untuk mendorong minat masyarakat.

Setahun kemudian, pada tahun 1959, Pizza Hut dibuka di Kansas, dan Dick Hassur membuka unit waralaba pertamanya di Topeka, Kansas.

Bangunan Pizza Hut Yang Dijadikan Logo Brand
Bangunan Pizza Hut Yang Dijadikan Logo Brand

Asal Nama Pizza Hut

Ketika Dan dan Frank Carney memulai bisnis pizzanya, mereka tidak tahu harus memberi nama seperti apa. Pada waktu itu, distributor Coca-Cola lokal menyediakan papan tanda luar kecil gratis yang lebar di bagian atas dan meruncing ke bawah di bagian bawah. Ada ruang untuk hanya lima huruf di baris atas dan tiga huruf di baris bawah. Kata “Pizza” jelas harus di atas. Tapi Pizza apa? Pizza Pad? Pizza Inn? Pizza Pan?

Istri Dan, Beverly, menyebutkan bahwa bangunan tempat mereka berjualan pizza seperti sebuah gubuk (Bahasa Inggris “Hut”). Akhirnya keputusan itupun dibuat. dan restoran pizza tersebut diberi nama Pizza Hut. ( Sumber : blog.stevekrause.org)

Pada awal 1960-an Pizza Hut tumbuh pesat karena pemasaran yang kuat dan agresif, serta berkat dari ide restoran pizza yang mereka buat. Pada tahun 1962, saudara-saudara dari Carney membeli saham yang dipegang oleh Bender, dan Robert Chisholm bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai bendahara.

Pada tahun 1966, ketika jumlah unit waralaba Pizza Hut telah tumbuh menjadi 145, sebuah kantor pusat didirikan untuk mempermudah koordinasi bisnis pizza hut dari Wichita.

Sejarah Logo Pizza Hut

Dua tahun kemudian, waralaba Pizza Hut pertama dibuka di Kanada. Ini diikuti oleh pembentukan Asosiasi Pemegang Waralaba Pizza Internasional (IPHFHA). Hal Itu bertujuan untuk mengakuisisi 40 persen dari operasi waralaba perusahaan, serta 120 toko, dan menambahkan 6 outlet yang sepenuhnya dimiliki oleh Pizza Hut. Baca juga : Sejarah Taco Bell, Kuliner Meksiko Yang Menaklukan Amerika

Namun, akuisisi tersebut membawa kekacauan pada waralaba tersebut. Berbagai sistem akuntansi yang digunakan oleh pemilik waralaba sebelumnya harus digabung menjadi satu sistem operasi, sebuah proses yang membutuhkan waktu delapan bulan untuk menyelesaikannya. Sementara itu, penjualan rata-rata pizza hut dan keuntungan mereka menurun tajam.

Tempat Pertama Kali Pizza Hut Berjualan

Penurunan Bisnis Menghasilkan Struktur Baru di Awal 1970-an

Pada awal 1970, Frank Carney memutuskan bahwa praktik perusahaan yang mengandalkan statistik dari laporan tahunan untuk menginformasikan strategi bisnisnya sangat tidak memadai, dan dia berpikir bahwa rencana bisnis jangka panjang yang lebih berkembang sangat diperlukan.

Titik balik terjadi ketika Pizza Hut go public dan mulai tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Carney berkata pada tahun 1972, “Kami pernah kehilangan kendali atas operasi bisnis ini. Kemudian kami tahu bahwa kami harus belajar bagaimana membuat rencana. ”

Pada tahun 1972, Strategi perusahaan Pizza Hut muncul setelah melewati banyak konsultasi dan perdebatan di ruang rapat. Carney mengatakan bahwa proses memperkenalkan struktur manajemen pizza hut sangat baik untuk meyakinkan PepsiCo, Inc., jika franchise pizza hut sangat layak untuk dibeli.

Prioritas pertama strategi perusahaan adalah meningkatkan penjualan dan keuntungan untuk waralaba tersebut. Prioritas kedua adalah terus membangun basis keuangan yang kuat bagi perusahaan untuk menyediakan dana yang memadai untuk pertumbuhan. Strategi ini juga menyerukan penambahan restoran baru ke dalam daftar waralaba di dalam pasar yang terus tumbuh dan berkembang.

Daftar Menu Pertama Pizza Hut

Pada tahun 1970 Pizza Hut membuka unit di Munich, Jerman, dan Sydney, Australia. Pada tahun yang sama, restoran waralaba ke-500 dibuka di Nashville, Tennessee.

Pada tahun 1971 Pizza Hut menjadi waralaba pizza terbesar di dunia, menurut data penjualan dan jumlah restoran — yang semuanya berjumlah lebih dari 1.000.

Pada tahun 1973 Pizza Hut memperluas pangsa pasarnya dengan membuka outlet di Jepang dan Inggris. Tiga tahun kemudian waralaba ini memiliki lebih dari 100 restoran di luar Amerika Serikat dan dua ribu unit di dalam jaringan waralaba mereka. Restoran ke-2.000 perusahaan dibuka di Independence, Missouri.

Periklanan memainkan peran yang semakin berpengaruh di Pizza Hut saat ini, memperluas profil publik rantai. Kampanye dijalankan di tingkat nasional dan lokal di pasar A.S. Pengeluaran untuk iklan lokal meningkat dari $ 942.000 pada tahun 1972 menjadi $ 3,17 juta pada tahun 1974.

Outlet Pertama Pizza Hut di Indonesia. Source : pizzahut.co.id

Pizza Hut di Indonesia

Restoran Pertama Pizza Hut di Indonesia dibuka pada tahun 1984, tepatnya di Gedung Djakarta Theatre, yang berada di daerah Thamrin, Jakarta pusat. Kemudian restoran ini dipindahkan pada tahun 2000, masih ditetap area yang sama namun berbeda gedung, yaitu Gedung Cakrawala, yang bertahan hingga saat ini. Sekarang, Pizza Hut Indonesia memiliki lebih dari 200 gerai dan semuanya tersebar di 22 provinsi di wilayah Indonesia.

Sekian informasi dari kami mengenai Sejarah Waralaba Pizza Hut, Waralaba Pizza Terbesar di Dunia. Jika merasa artikel ini berguna jangan lupa untuk di share ke sosial media kamu. Terima Kasih.

Sumber : www.encyclopedia.com, pizzahut.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here