Masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang menjadi cemas saat olahraga di luar rumah. Alih-alih ingin menjaga kebugaran agar tetap sehat, olahraga ke tempat gym saja masih terlalu riskan terhadap bahaya penularan virus Covid-19 ini.

Jika sebelum pandemi olahraga di luar ruang atau tempat gym ramai dilakukan dan menjadi kebiasan beberapa orang. Sekarang, sekadar pergi ke taman kota untuk mencari udara segar saja harus lebih hati-hati dan menjaga jarak dengan orang lain.

Lalu apa yang dapat dilakukan selama pademi ini agar badan tetap bugar dan kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik? Jangan sampai motivasi untuk hal-hal seperti itu menjadi sama sekali tidak dilakukan.

Menurut seorang psikolog dari Colodaro Julie Emmerman, kita perlu bertanggung jawab atas kesehatan fisik serta emosional kita sendiri, dan olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan itu.

 

Olahraga di masa pandemi

Masa pandemi banyak pola kehidupan yang berubah, mulai dari harus menjaga kebersihan setiap saat dan menjaga jarak. Hal ini yang turut berdampak pada ditutupnya beberapa sarana seperti gym, sekolah, kampus, kantor, swalayan, mall, dan lain-lain. Pembatasan inilah yang bagi kebanyakan orang, baik tua maupun muda merasa bosan selama pandemi karena terbatas ruang geraknya.

Berikut adalah tips olahraga di masa pandemi yang mudah dilakukan agar tubuh tetap sehat:

1. Jogging

Lari adalah olahraga paling murah yang dapat dilakukan dimana saja. Tanpa harus memakai peralatan atau perlengkapan yang memadai. Misalnya saat lari pagi di lingkungan rumah, cukup dilakukan dengan menggunakan sepatu olahraga, celana santai, dan kaus.

Banyak manfaat yang di dapat dengan lari pagi, yaitu membantu kesehatan jantung, menyehatkan pernapasan, meningkatkan energi tubuh, menguatkan kekebalan tubuh, dan paing utama adalah mencegah stres.

 

2. Workout atau latihan fisik

Menjaga badan tetap bugar selama pandemi tidak harus dilakukan di luar ruang atau olahraga berat. Workout atau latihan fisik yang di lakukan di rumah saja sudah cukup baik untuk sekadar menjaga tubuh agar tetap sehat.

Melakukan workout juga tidak harus di tempat olah raga, karena beberapa gerakan workout mudah dilakukan sendiri, seperti push up, wall sit, squat, plank, dan bahkan zumba.

Untuk melakukannya pun cukup mudah, karena sudah banyak video seputar workout ini di Youtube, tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Terapkan Pola ini untuk Kontrol Kolestrol Jahat

3. Senam

Senam adalah olahraga yang mudah dilakukan. Selain itu, pada senam, semua anggota tubuh ikut bergerak, mulai dari tangan, kepala, dan kaki. Pergerakan ini menjadikan badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Sama halnya dengan workout, senam juga dapat olahraga yang dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan Youtube. Sudah banyak konten olahraga yang membuat video seputar senam, kita hanya tinggal mengikutiya dari rumah.

 

olahraga di masa pandemi
foto: freepik

 

4. Bersepeda

Bersepeda beberapa waktu lalu sempat menjadi olahraga yang paling diminati selama pandemi. Bahkan beberapa orang di kota besar seperti Jakarta, menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari untuk ke tempat kerja atau sekolah.

Bersepeda sangat bermanfaat bagi tubuh dan membuat jadi lebih sehat, karena banyak otot-otot yang turut bergerak selama mengayuh sepeda. Selain itu, dengan bersepeda, kita juga dapat mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan koordinasi otot tubuh dan keseimbangan.

 

5. Jalan santai

Selain lari atau jogging, jalan santai adalah jenis olahraga yang paling mudah dilakukan di mana saja. Jalan santai dapat dilakukan di lingkungan rumah, taman kota, atau di lapangan.

Melakukan jalan santai pagi hari juga turut menjaga kesehatan tubuh, karena udara pagi yang masih segar dan belum terkontaminasi. Pikiran juga menjadi lebih jernih dan mencegah stres.

Itulah 5 olahraga paling mudah dilakukan saat masa pendemi. Tidak perlu biaya yang mahal dan dapat dilakukan dimana saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here