Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan – Kepiting merupakan sebuah primadona dalam hidangan menu kuliner makanan laut / seafood; tapi taukah anda ? bukan saja rasanya yang enak, tetapi kepiting juga memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan untuk tubuh manusia. Baca juga : Manfaat Daging Gurita Untuk Kesehatan

Seperti manfaat untuk meningkatkan kognisi tubuh, melindungi jantung, mengurangi peradangan, memperkuat tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang sirkulasi, dan mendetoksifikasi tubuh.

Kepiting Jenis portunus trituberculatus adalah jenis kepiting yang sering dikonsumsi.

Kepiting

Kepiting adalah salah satu makhluk yang paling populer dan paling sering ditangkap di lautan, walaupun ada ribuan spesies kepiting yang berbeda di seluruh dunia, hanya ada segelintir spesies saja yang dijadikan sebagai sumber makanan, dan bahkan lebih sedikit lagi yang dikembang-biakan / dibudidaya dalam penangkaran yang terkontrol.

Secara ilmiah, kepiting adalah krustasea dari intraorder yang disebut Brachyura dan memiliki exoskeleton yang keras dan memiliki dua buah capit. Ada banyak sekali jenis kepiting yang ada didunia, baik yang hidup di darat ataupun di air, tetapi jenis Portunus Trituberculatus adalah spesies kepiting yang paling sering dikonsumsi.

Diperkirakan ada lebih dari 300.000 ton kepiting ditangkap dan dikonsumsi setiap tahunnya diseluruh dunia. Baca juga : Kandungan Nutrisi Dalam Tepung & Manfaatnya Untuk Tubuh.

Kepiting yang dimasak dengan cara di panggang
Kepiting yang dimasak dengan cara di panggang

Exoskeleton / cangkang kepiting pertama-tama harus dipecahkan dahulu dan dipisahkan untuk dapat mengambil daging bergizi di dalamnya, dan pada beberapa spesies kepiting yang lebih besar, jumlah daging di dalamnya mungkin akan mengejutkan Anda.

Daging kepiting umumnya dapat ditemukan pada jenis menu hidangan di seluruh dunia, bukan hanya sekadar hidangan yang lezat.

Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan

Daging kepiting memiliki kandungan lemak esensial, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia untuk berfungsi secara normal.

Dari selenium dan asam lemak omega-3, protein dan vitamin B, daging kepiting adalah jenis makanan tambahan yang sangat baik untuk tubuh.

Fakta Nutrisi
Kepiting Untuk Tubuh
Takaran Sajian : 100gr
Nutrient Value
Water [g] 79.69
Energy [kcal] 83
Energy [kJ] 347
Protein [g] 17.88
Total lipid (fat) [g] 0.74
Ash [g] 1.96
Calcium, Ca [mg] 91
Iron, Fe [mg] 0.5
Magnesium, Mg [mg] 36
Phosphorus, P [mg] 234
Potassium, K [mg] 259
Sodium, Na [mg] 563
Zinc, Zn [mg] 3.81
Copper, Cu [mg] 0.81
Manganese, Mn [mg] 0.07
Selenium, Se [µg] 42.9
Fluoride, F [µg] 209.9
Vitamin C, total ascorbic acid [mg] 3.3
Thiamin [mg] 0.02
Riboflavin [mg] 0.09
Niacin [mg] 2.75
Pantothenic acid [mg] 1
Vitamin B-6 [mg] 0.16
Folate, total [µg] 51
Folate, food [µg] 51
Folate, DFE [µg] 51
Choline, total [mg] 80.9
Betaine [mg] 12.6
Vitamin B-12 [µg] 3.33
Vitamin A, RAE [µg] 1
Retinol [µg] 1
Vitamin A, IU [IU] 2
Vitamin E (alpha-tocopherol) [mg] 1.84
Vitamin K (phylloquinone) [µg] 0.3
Fatty acids, total saturated [g]

12:0 [g]
14:0 [g]
15:0 [g]
16:0 [g]
17:0 [g]
18:0 [g]
20:0 [g]
22:0 [g]

0.2

0
0.01
0
0.1
0.01
0.07
0
0

Fatty acids, total monounsaturated [g]

14:1 [g]
16:1 [g]
17:1 [g]
18:1 [g]
20:1 [g]

0.13

0
0.03
0
0.09
0.01

Fatty acids, total polyunsaturated [g]

18:2 [g]
18:3 [g]
18:4 [g]
20:2 n-6 c,c [g] 

20:3 [g]
20:4 [g]
20:5 n-3 (EPA) [g]
22:4 [g]
22:5 n-3 (DPA) [g]
22:6 n-3 (DHA) [g]

0.26

0.02
0.009
0.002
0.005
0.005
0.037
0.101
0.003
0.009
0.067

Fatty acids, total trans [g] 0.01
Cholesterol [mg] 97
Tryptophan [g] 0.23
Threonine [g] 0.73
Isoleucine [g] 0.78
Leucine [g] 1.31
Lysine [g] 1.39
Methionine [g] 0.45
Cystine [g] 0.19
Phenylalanine [g] 0.71
Tyrosine [g] 0.66
Valine [g] 0.81
Arginine [g] 1.76
Histidine [g] 0.39
Alanine [g] 0.89
Aspartic acid [g] 1.69
Glutamic acid [g] 2.63
Glycine [g] 1.07
Proline [g] 0.68
Serine [g]b 0.68

Sumber Informasi  : USDA

Manfaat Kepiting untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat kesehatan saat mengkonsumsi daging kepiting, mari kita bahas secara rinci di bawah ini. Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Serangga, Pentingkah ?

manfaat kepiting untuk menyehatkan tulang
manfaat kepiting untuk menyehatkan tulang

1. Menyehatkan Tulang

Setelah kalsium, fosfor adalah mineral yang paling umum ditemukan dalam tubuh manusia dan merupakan elemen penting dalam gigi dan tulang.

Untungnya, hampir semua kandungan dalam daging kepiting memiliki konsentrasi fosfor yang tinggi, menjadikannya makanan penting bagi orang-orang yang ingin mempunyai tulang yang sehat.

Jika Anda berisiko tinggi terkena osteoporosis atau bertambah tua dan ingin memastikan gaya hidup aktif di masa depan, mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor tinggi seperti kepiting sangat penting.

Sistem saraf pada tubuh manusia

2. Meningkatkan Aktivitas Sistem Saraf

Dengan beragam nutrisi, termasuk tembaga, vitamin B2, selenium, dan asam lemak omega-3, kepiting adalah jenis makanan yang luar biasa untuk meningkatkan kognisi dan aktivitas sistem saraf Anda.

Dengan mengkonsumsi daging kepiting, tubuh dapat memperkuat mielin dan melindungi sistem saraf, selain itu juga dapat mengurangi peradangan dan plak di saraf, unsur-unsur ini bergabung menjadi bagian kognitif yang sempurna jika Anda mengkonsumsi kepiting yang cukup setiap minggu / bulan.

manfaat kepiting untuk menyehatkan jantung
manfaat kepiting untuk menyehatkan jantung

3. Melindungi Jantung

Daging kepiting mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, tetapi banyak orang beranggapan bahwa semua hal yang berhubungan dengan lemak sangat buruk bagi tubuh. Tetapi berbeda halnya dengan lemak omega-3.

Lemak omega-3 adalah “lemak baik” yang sebenarnya menyeimbangkan kadar kolesterol Anda dan meningkatkan aktivitas antiinflamasi di seluruh tubuh.

Manfaat dari lemak omega-3 sendiri dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan tekanan pada jantung, dan mencegah perkembangan aterosklerosis.

Tentunya hal Ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

manfaat kepiting untuk menghilangkan peradangan
manfaat kepiting untuk menghilangkan peradangan

4. Menghilangkan Peradangan

Ada banyak mineral dan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk asam lemak omega-3, tembaga, dan selenium, yang semuanya dapat ditemukan dalam daging kepiting.

Jika Anda menderita radang sendi, asam urat, atau masalah peradangan saluran pencernaan, mengkonsumsi seafood secara teratur mungkin bukan ide yang buruk !.

manfaat kepiting untuk meningkatkan daya tahan tubuh
manfaat kepiting untuk meningkatkan daya tahan tubuh

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh membutuhkan semua zat bantuan yang bisa didapat untuk meningkatkan sistem kekebalannya, mengingat virus ataupun penyakit yang dapat menyerang setiap hari.

Salah satu mineral yang dapat merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh adalah selenium. Selenium ini juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Antioksidan dapat mencari dan menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi sel didalam tubuh.

Selenium ditemukan dalam jumlah besar dalam daging kepiting, bersama dengan riboflavin, yang juga dapat meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh.

manfaat kepiting untuk Mendetoksifikasi Tubuh
manfaat kepiting untuk Mendetoksifikasi Tubuh

6. Mendetoksifikasi Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita tidak dapat melakukan semuanya sendiri untuk dapat mencegah penyakit yang akan masuk dalam tubuh.

Perlu adanya mineral lain untuk dapat menetralkan racun yang masuk kedalam tubuh, terutama racun yang ada di dalam darah yang dapat merusak ginjal dan hati.

Fosfor yang ditemukan dalam kepiting dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal, sehingga mempercepat pelepasan racun dari tubuh dan membantu meningkatkan efisiensi metabolisme secara keseluruhan.

manfaat kepiting untuk Meningkatkan Sirkulasi darah
manfaat kepiting untuk Meningkatkan Sirkulasi darah

7. Meningkatkan Sirkulasi

Tembaga adalah mineral yang sering diabaikan dalam tubuh, namun ia memiliki sejumlah fungsi penting agar organ tubuh dapat berfungsi secara umum.

Misalnya, tembaga memiliki fungsi penting agar usus dapat menyerap zat besi secara optimal, zat besi merupakan salah satu mineral terpenting dalam sistem tubuh.

Zat besi berperan penting dalam produksi sel darah merah, sehingga meningkatkan sirkulasi dan memastikan bahwa darah dapat menghantarkan oksigen mencapai seluruh bagian tubuh.

Hal ini dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan dan pertumbuhan kembali sel setelah cedera atau penyakit.

Peringatan:

Daging kepiting memiliki banyak sekali manfaat, tetapi penting untuk diingat bahwa kepiting memiliki kadar natrium dan kolesterol yang tinggi. Bagi orang yang menderita penyakit kardiovaskular atau kolesterol tinggi, menambahkan kepiting ke dalam menu makanan Anda secara teratur lebih berbahaya dibandingkan dengan manfaat baik yang akan anda dapat. Bicaralah dengan ahli gizi atau dokter Anda sebelum membuat perubahan besar pada menu makanan Anda. Source : www.organicfacts.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here