Kandungan Nutrisi Dalam Tepung – Hampir setiap orang mengkonsumsi tepung pada saat tertentu. Tepung adalah bahan dasar untuk sebagian besar makanan yang dipanggang, seperti roti dan kue. Dan juga merupakan bahan utama ketika Anda ingin membuat adonan untuk menggoreng daging, seafood atau sayuran. Tetapi apakah tepung memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh ?

Kalori yang dikandung dalam tepung bisa dibilang cukup tidak signifikan, tetapi nutrisi didalam tepung dapat bervariasi berdasarkan jenis tepung yang Anda pilih untuk digunakan. Mempelajari cara yang benar dalam mengolah makanan Anda lebih sehat dengan menggunakan berbagai jenis tepung mungkin akan sangat berguna.

Kandungan Nutrisi Dalam Tepung & Manfaatnya Untuk Tubuh

Ada banyak jenis tepung yang dapat digunakan untuk memasak atau memanggang. Salah satu jenis tepung yang umum adalah tepung terigu putih serba guna yang terbuat dari gandum. Anda akan melihatnya di warung atau swalayan.

Biasanya label nutrisi tepung menunjukkan bahwa satu cangkir atau cup mengandung 455 kalori, tetapi Anda tidak akan mengkonsumsi banyak kalori ketika Anda mengkonsumsinya. Karena tepung akan dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat roti, muffin, kue atau makanan lainnya.

Menurut data USDA, secangkir tepung serba guna yang diperkaya, dan sudah diputihkan adalah sumber selenium, riboflavin, niacin, dan tiamin yang sangat baik. Dan juga merupakan sumber tembaga, zat besi, fosfor, dan zinc yang baik.

Tetapi ada banyak jenis tepung yang dapat Anda pilih ketika ingin membuat kue / roti atau menyiapkan menu makanan lainnya.

Akan sangat penting untuk membandingkan penggunaan umum sebuah tepung serta fakta nutrisi dalam berbagai jenis tepung untuk memutuskan yang mana yang tepat untuk Anda.

Kandungan Nutrisi Dalam Tepung (Berdasarkan Jenis)

  • Tepung gandum utuh menyediakan 408 kalori per cangkir, 16 gram protein, 86 gram karbohidrat, 13 gram serat, dan 3 gram lemak.
  • Tepung almond menyediakan 640 kalori per cangkir, 24 gram protein, 24 gram karbohidrat, 12 gram serat dan 56 gram lemak.
  • Semolina menyediakan 601 kalori per cangkir, 21 gram protein, 122 gram karbohidrat, 7 gram serat dan 1,8 gram lemak.
  • Tepung kue putih menyediakan 496 kalori per cangkir, 11 gram protein, 107 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan satu gram lemak.

Manfaat Kesehatan dari Berbagai Jenis Tepung

Anda mungkin memilih untuk menggunakan jenis tepung yang berbeda untuk diolah agar meningkatkan manfaat kesehatan dari makanan Anda. Sebagai contoh, roti yang dibuat dari tepung gandum utuh memberikan nutrisi yang lebih baik daripada roti yang terbuat dari tepung biji-bijian olahan. Tetapi tidak semua tepung bisa digantikan penggunaannya. Sangat penting untuk mengetahui bagaimana Anda akan mengolah tepung tersebut sebelum Anda menggantinya dengan tepung yang lain. Berikut Manfaat Tepung Untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya.

Tepung kue
Beda Tepung Kue dan Tepung Serbaguna. Sumber : bakingamoment.com

Tepung Kue

Tepung kue memiliki tekstur yang sangat halus dan sering digunakan dalam makanan ringan seperti kue kering dan kue basah. Tepung jenis ini memiliki kadar pati lebih tinggi dan lebih rendah protein. Menurut Wheat Foods Council, satu cangkir tepung kue dapat dibuat dengan cara 1 cangkir tepung serbaguna diambil 2 sendok makan kemudian digantikan dengan 2 sendok makan tepung maizena.

Tepung serbaguna
Tepung serbaguna

Tepung Serbaguna

Tepung serbaguna, merupakan tepung putih yang diperkaya dan terbuat dari kombinasi gandum keras dan lunak dan sangat mudah digunakan karena sudah dibuat untuk memiliki tekstur yang lebih lembut dari tepung gandum utuh. Meningkatnya penggunaan tepung terigu juga merupakan pengaruh dari tepung serbaguna yang telah ditambahkan zat ragi didalamnya. Meskipun semua tepung terigu mudah digunakan, tapi tepung tersebut tebuat dari biji-bijian yang diperkaya. Pakar kesehatan menyarankan agar kita mengganti biji-bijian yang diperkaya dengan gandum utuh sesering mungkin untuk meningkatkan asupan serat kita.

Tepung Semolina
Tepung Semolina

Tepung Semolina

Semolina terbuat dari durum atau gandum keras yang memiliki kandungan protein dan gluten lebih tinggi daripada varietas lainnya. Semolina umumnya digunakan untuk membuat berbagai jenis pasta dan couscous. Tepung ini bukan merupakan tepung yang baik untuk digunakan dalam pembuatan roti. Juga bukan merupakan pilihan yang tepat untuk orang yang ingin diet rendahkarbohidrat atau sensitif terhadap gluten.

Tepung Gandum Utuh
Tepung Gandum Utuh

Tepung Gandum Utuh

Tepung gandum utuh terbuat dari seluruh bagian gandum. Dan menghasilkan roti yang memiliki bobot lebih berat, tetapi memiliki kadar serat dan nutrisi yang lebih tinggi daripada roti yang terbuat dari tepung yang diperkaya. Sebagian orang yang suka makan-makanan sehat tidak akan menyukai tekstur makanan yang dipanggang yang terbuat dari tepung ini. Padalah makanan yang terbuat dari jenis tepung ini memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar daripada tepung yang terbuat dari varietas gandum halus dan lembut.

Tepung Almond
Tepung Almond

Tepung Almond

Tepung almond terbuat dari kacang almond yang dipipihkan dan sering digunakan untuk memasak makanan yang rendah karbohidrat dan gluten. Tepung ini adalah tepung pengganti yang sangat bermanfaat untuk diet rendahkarbohidrat dan untuk orang-orang yang sedang diet bebas gluten tetapi mencarikadar lemak yang sangat tinggi.

Sekian informasi dari kami mengenai Kandungan Nutrisi Dalam Tepung artikel ini kami sadur dan terjemahkan ulang dari : www.verywellfit.com. Semoga Berguna. 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here