Destinasi Pantai Terbaik Thailand – Thailand memiliki beberapa pantai terbaik di dunia. Memutuskan mana yang akan dikunjungi mungkin sulit – tetapi memutuskan hal tersebut merupakan salah satu hal yang sangat berguna!.

Baik pulau ataupun pantai di daratan, salah satu destinasi pantai terbaik di Thailand akan menjadi tambahan destinasi yang bagus untuk liburan Anda di Land of Smiles. Dikutip dan di terjemahkan dari tripsavvy.com berikut 10 Destinasi Pantai Terbaik Thailand.

Destinasi Pantai Terbaik Thailand

Patong Beach Phuket
Patong Beach, Phuket. Source : phuket.com

1. Patong Beach, Phuket

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang pertama adalah Patong Beach. Phuket (diucapkan “poo-ket”) adalah pulau terbesar di Thailand. Patong, pantai terbesar di pulau ini adalah pantai yang paling populer di Thailand.

Dengan garis pantai yang luas, pasir putih lembut, air hangat, dan banyak hotel, restoran, serta toko perbelanjaan yang sangat banyak, mungkin akan membuat anda tidak akan cepat bosan.

Kehidupan malam yang meriah tentu akan menjadi hiburan tersendiri untuk orang-orang yang suka berpesta, dan akan ada banyak jet ski yang bermunculan di siang hari; mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan mungkin ingin pergi ke tempat lain.

Pantai Patong bukan merupakan surga pulau yang indah bagi para pelancong yang ingin beristirahat dan ingin mencari ketenangan. Meskipun Pantai Patong tergolong sibuk, kota ini juga termasuk kota yang sangat ramah.

Jika Anda mencari kegiatan yang menghibur di antara pantai-pantai terindah di Thailand, Anda akan menemukannya di sini.

Long Beach Koh Lanta
Long Beach Koh Lanta, Source : christineabroad.com

2. Long Beach, Koh Lanta

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang kedua adalah Long Beach di pulau Koh Lanta. Sama persis seperti dengan namanya yang memiliki arti kata panjang “Long”. Pantai ini juga bisa dibilang salah satu pantai terluas dan terbaik di Thailand.

Letak restoran tepat berada di pantai dan pemandangan unik di Koh Phi Phi yang membentang di cakrawala akan memberikan nuansa yang sangat “eksotis”.

Tidak seperti pantai lainnya di Koh Lanta, di pantai Long Beach sangat jarang ditemukannya bebatuan yang tajam dan bahaya-bahaya lainnya seperti bulu babi yang bisa membahayakan diri anda saat berenang.

Dasar pasir pantai yang landai akan memberikan sensasi berenang yang sangat indah, baik di siang hari maupun malam hari.

Dulu Long Beach lebih banyak menarik perhatian para backpacker yang ingin liburan. Karena harga bungalow dan makanan disana bisa dibilang murah. Tetapi pada saat ini Long Beach lebih sering dikunjungi oleh keluarga yang ingin berlibur.

Apapun jenis akomodasi perjalanan yang anda lakukan ke pantai ini bisa dibilang semua sangat menarik. Terutama ketika anda berkunjung ke sisi utara Long Beach.

Di malam hari, Long Beach menawarkan berbagai macam hiburan yang menarik. Pesta-pesta malam hari (beberapa di pantai, beberapa di tempat-tempat di sepanjang jalan) mudah dihindari – atau mudah dinikmati – tergantung pada kemauan Anda sendiri.

Koh Lanta sangat jauh berbeda dari tetangganya, Phuket. Kurangnya bandara dan perlunya menggunakan kapal penyeberangan feri membuat pulau ini menjadi terhambat dari segi sisi pembangunan.

Untuk saat ini, Anda tidak akan menemukan lapangan golf ataupun restaurant waralaba seperti mcdonalds, kfc, burger king, dll dipulau ini.

Tips: Badai sering muncul setiap tahunnya di bulan Mei atau Juni. Sehingga banyak restauran ataupun tempat wisata lainnya di pantai ini ditutup. Meskipun sejumlah kecil bisnis tetap buka. Pantai ini akan beroperasi kembali secara normal pada bulan November.

Pantai ini tidak akan terlihat bersih dan bahkan menampilkan nuansa seperti habis terkena bencana dengan berbagai macam perabotan yang rusak yang menghancurkan atap jerami rumah-rumah yang ada disana selama puncak musim liburan.

Hua Hin Beach, Hua Hin. Source : licdn.com
Hua Hin Beach, Hua Hin. Source : licdn.com

3. Hua Hin Beach, Hua Hin

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang ketiga adalah Hua Hin Beach. Dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pantai terbaik di dekat Bangkok, Hua Hin sangat populer dikalangan turis lokal dan turis asing.

Popularitasnya pantai ini mungkin didapat berkat hamparan pantainya yang datar, banyaknya hal yang bisa kita lakukan saat sampai di pantai ini, dan tentunya mudah di akses.

Pantainya sangat landai bahkan sampai ke ujung garis pantainya, jadi bisa dibilang pantai ini kurang cocok untuk anda yang hobi renang. Tetapi tempat ini sangat bagus untuk liburan keluarga dan anak-anak kecil yang ingin bermain di pantai.

Selain pantainya, Hua Hin memiliki spa dan pusat kebugaran yang sudah diakui oleh dunia internasional, serta lapangan golf kelas dunia.

Jika anda ingin traveling ke alam liar, taman nasional Khao Sam Roi Yot sangat dekat dari lokasi pantai ini.

Jalur utama Hua Hin bisa dibilang sangat padat. Ada banyak kesempatan untuk menikmati kehidupan malam dan kuliner di pantai ini.

Jika semua kepadatan lalu lintas ini mulai merusak ketenangan Anda, pertimbangkan untuk pergi sedikit lebih jauh ke selatan ke jalur pantai yang damai di Pranburi.

Kata Beach, Phuket.
Kata Beach, Phuket. Source : asiawebdirect.com

4. Kata Beach, Phuket

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang Keempat adalah Kata Beach. Jaraknya hanya beberapa mil dari keramaian dan hiruk pikuk Pantai Patong dan selatan Pantai Karon adalah Pantai Kata dimana terdapat hamparan pasir yang lebih tenang dan lebih santai di Phuket Selatan.

Pantai Kata memiliki bisa dibilang membuat kota Phuket begitu populer. Seperti pohon palem, air hangat, dan pemandangannya yang indah – tetapi tidak banyak hotel yang berlantai tinggi ataupun pusat perbelanjaan yang padat.

Resor pantai yang indah berbaris di sepanjang pantai. Jika anda ingin Snorkeling, anda bisa menikmatinya di sekitar ujung utara Pantai Kata; peralatannya dapat anda sewa dari tempat penyewaan atau membelinya di minimarket lokal.

Untuk mendapat pemandangan yang indah atau koktail yang rasanya luar biasa, berkendaralah ke viewpoint antara Pantai Kata dan Nai Harn.

Perlu diingat bahwa setiap musim gugur, kota Phuket menjadi sangat sibuk selama kurang lebih 10 hari karena ada Festival Vegetarian Phuket yang bisa dibilang sangat kacau dan kurang menarik.

Lamai Beach, Koh Samui.
Lamai Beach, Koh Samui. Source : asiawebdirect.com

5. Lamai Beach, Koh Samui

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang kelima adalah Lamai Beach. Meskipun Koh Samui Beach sangat mudah di akses melalui penerbangan pendek dari Bangkok, Lamai Beach (Masih di daerah Koh Samui) memberikan keseimbangan yang sempurna bagi pengunjung yang mencari pemandangan yang indah, spot berenang yang bagus, dan beragam hal lainnya yang bisa anda lakukan ketika sedang tidak di dalam air.

Gugusan pohon-pohon palem dan air biru kehijauan membuat Pantai Lamai menjadi surga yang eksotis yang ingin dikunjungi oleh banyak para pelancong.

Ujung selatan pantai ini adalah salah satu yang terbaik dan tersibuk, dengan garis akhir pantainya yang meruncing ke bebatuan di ujung utara.

Untuk anda yang ingin liburan unik, anda bisa pergi ke dalam Wat Khunaram di mana tubuh seorang bhikkhu yang terhormat dimumikan dan dipajang (sesuai permintaannya) di dalam wadah kaca.

Menyewa sepeda motor merupakan salah satu cara terbaik untuk menjelajahi pulau Koh Samui.

Pada malam hari, sejumlah bar dan restoran mengubah Pantai Lamai menjadi tempat pesta yang menarik bagi para ekspatriat dan pelancong.

Sairee Beach Koh Tao
Sairee Beach, Koh Tao. Source : kohtaocompleteguide.com

6. Sairee Beach, Koh Tao

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang keenam adalah Sairee Beach. Pantai Sairee bisa dibilang merupakan tempat yang eksklusif bagi para penyelam, perlahan-lahan pengunjung mulai menyadari bahwa Pantai Koh Tao bukan hanya tempat yang bagus untuk menyelam, tetapi juga merupakan tempat yang bagus untuk wisata kuliner dan tempat wisata yang bagus untuk beristirahat.

Pantai Sairee di Koh Tao juga telah menjadi tempat yang sangat ramai akan hiburan malam, sama seperti halnya Haad Rin di Koh Phangan.

Pantai Sairee membentangan sepanjang satu mil ditambah dengan pemandangan indah pulau-pulau kecil di depannya.

Sairee adalah pantai paling populer di Koh Tao dengan banyaknya transportasi, penginapan serta biaya akomodasi dan restorannya yang murah.

Bandara terdekat ada di Koh Samui, jadi jika anda ingin menuju ke sana, anda harus menaiki kapal feri terlebih dahulu.

White Sand Beach Koh Chang
White Sand Beach, Koh Chang. Source : asiawebdirect.com

7. White Sand Beach, Koh Chang

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang ketujuh adalah White Sand Beach (Pantai Pasir Putih). White Sand Beach adalah contoh lain dari banyaknya pantai yang indah yang dijadikan destinasi utama para backpacker selama satu dekade terakhir.

Tetapi sekarang berkembang menjadi resort pantai yang indah. Banyak resor dan tempat makan prasmanan dimalam hari berada dipantai ini. Pantai Pasir Putih ini juga masih memiliki beberapa pesona bungalo tua yang terbuat dari bambu.

Seperti namanya, pasirnya lembut, putih, dan halus. Hamparan pantai yang indah di sisi barat pulau ini dikelilingi oleh pohon-pohon palem dan kelapa dengan latar belakang bukit yang landai.

Saat ini Koh Chang masih dianggap sebagai tempat para pelancong yang ingin liburan murah meriah. Jika anda ingin berkunjung ke pulau ini, akan ada banyak pilihan akomodasi yang tersedia.

Saat Ini juga, pulau ini dianggap sebagai salah satu pulau terindah yang jaraknya sangat dekat dari kota Bangkok (5 hingga 6 jam).

Full Moon Party di Sunrise Beach
Full Moon Party di Sunrise Beach, Haad Rin Koh Pha Ngan. Source : asiawebdirect.com

8. Sunrise Beach di Haad Rin, Koh Pha Ngan

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang kedelapan adalah Sunrise Beach. Pantai ini bisa dibilang sangat indah. Pantai di Haad Rin benar-benar hanya dikenal untuk satu hal, yaitu pesta bulan purnama dan kehidupan malamnya yang tergorolong semrawut.

Sebulan sekali, Disisi timur semenanjung Sunrise Beach digunakan sebagai tempat untuk berpesta, yang dimulai dari malam hari dan berlanjut hingga siang hari berikutnya.

Pada siang hari, pasir yang berwarna keemasan dan pantai yang landai membuat Sunrise Beach menjadi tempat yang bagus untuk berjemur, meskipun ada banyak batu di dalam pantai yang harus diperhatikan saat anda ingin berenang.

Terlepas dari kehidupan & hiburan malamnya yang sangat kuat, pantai di Haad Rin adalah satu pantai yang terbaik di Thailand.

Sebelum pesta bulan purnama, aktifitas di pantai ini tidak terlalu sibuk. Namun berhati-hatilah jika anda ingin berlibur kepantai ini disaat pesta bulan purnama, karena semua penginapan dan akomodasi ke pantai ini akan sangat padat, dan mungkin anda tidak akan mendapatkan tempat untuk liburan disini.

Selama musim pesta ini, lebih dari 15.000 orang akan datang ke tempat ini untuk mengikuti pesta tersebut.

Ao Nang Beach
Ao Nang Beach. Source : homeiswhereyourbagis.com

9. Ao Nang Beach

Destinasi Pantai Terbaik Thailand yang kesembilan adalah Ao Nang Beach. Meskipun jauh di bawah standar pantai-pantai lainnya di Thailand, pantai Ao Nang di Krabi akan sangat ramai selama musim liburan, yang membuat pantai ini menjadi perhatian banyak orang karena satu hal, yaitu pemandangannya.

Formasi batu kapur di Krabi bisa terlihat dari semua arah, dan juga terlihatnya pulau-pulau kecil di cakrawala pantai tersebut.

Karena Ao Nang sangat maju dan mudah diakses dari Kota Krabi tanpa perlu naik perahu, kota ini sangat ramai.

Beberapa toko kecil berjejer di sepanjang jalan pantai, namun, tidak ada mal atau outlet besar di Ao Nang.

Alih-alih berbelanja, Ao Nang memiliki banyak wisata olahraga air, menyelam, dan bahkan menaiki JIP menyusuri hutan rimba.

Panjat tebing juga tersedia, tetapi para pelancong yang tertarik dengan panjat tebing harus langsung menuju Railay terlebih dahulu dengan menggunakan kapal nelayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here