Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda – Buat anda yang suka bersepeda pasti tau kan betapa asiknya kegiatan tersebut ?. Menurut sejarah, sepeda sendiri diperkirakan sudah ada sejak awal abad ke 18 di perancis, saat itu kendaraan transportasi roda dua tersebut dikenal dengan nama velocipede. Bersepeda sendiri merupakan salah satu cara yang bagus untuk tetap aktif dan juga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi jumlah polusi udara yang ada. (Baca Juga : Mengenal Taman Nasional Virunga Di Kongo)

Tak heran sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan alat transportasi tersebut untuk hiburan atau bahkan sebagai alat transportasi utama dalam melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk pergi bekerja menggunakan sepeda.

Di Indonesia sendiri, terutama dikota kota besar sudah banyak komunitas para pekerja yang menggunakan sepeda. Tapi sayang, rendahnya kesadaran pengguna jalan di Indonesia dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal bagi pengguna sepeda di Indonesia. Sehingga mungkin banyak kota di Indonesia belum masuk daftar Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda yang kami sebutkan.

Berbanding terbalik dengan kondisi di Indonesia, ternyata banyak negara-negara diluar sana yang ternyata kotanya sangat nyaman untuk para pengguna sepeda. Ditranslate dan di sadur ulang dari mentalfloss.com. Berikut adalah Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda di Dunia.

Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda

copenhagen salah satu kota dambaan pengguna sepeda
Copenhagen salah satu kota dambaan pengguna sepeda. Source Image : visitcopenhagen.com

1. COPENHAGEN, DENMARK

Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda yang pertama adalah Copenhagen. Copenhagen sering dianggap sebagai kota paling ramah sepeda di dunia. Turis sering kewalahan dengan banyak jumlah sepeda yang melintas, dan anak-anak diajarkan untuk naik sepeda sebelum mereka cukup umur untuk pergi bersekolah.

Berkat peraturan yang ramah terhadap kehidupan bersepeda yang dijalankan oleh kota ini, hampir setengah dari seluruh penduduk Kopenhagen pulang-pergi bekerja dengan menggunakan sepeda, dan 35 persen dari semua pekerja di Kopenhagen — termasuk mereka yang tinggal di pinggiran kota — bepergian menggunakan sepeda.

Pengendara sepeda dapat menikmati jalur sepeda sepanjang 390 kilometer (sekitar 242 mil) dan Pusat kota Copenhagen sekarang memiliki “Cycle Super Highway” yang menghubungkan kota tersebut menuju kota Albertslund dengan banyak fasilitas yang disediakan di sepanjang jalan, seperti pompa udara, persimpangan jalan yang lebih aman, dan lampu lalu lintas yang disesuaikan dengan kecepatan rata-rata bersepeda.

bersepeda di kota amsterdam belanda
bersepeda di kota amsterdam belanda. Source Image : iamsterdam

2. AMSTERDAM, BELANDA

Anda tidak akan benar-benar merasakan kehidupan di Amsterdam jika tidak pernah berkendara berkeliling menggunakan sepeda disana. Ada lebih dari 800.000 sepeda di Amsterdam, yang berarti ada lebih banyak sepeda daripada penduduknya.

Jalanan yang relatif datar sering dipenuhi dengan sepeda: Orang-orang menggunakannya untuk pergi bekerja, mengantar anak-anak ke sekolah, dan bahkan disaat belanja.

Jika Anda berkunjung kesana, ada banyak tempat bagi wisatawan untuk menyewa sepeda untuk menjelajah kota tersebut, belum lagi tur berpemandu dan buklet bergambar yang dimaksudkan untuk membantu pendatang baru untuk belajar cara berkeliling secara kota menggunakan sepeda secara efisien.

berkeliling kota portland menggunakan sepeda
berkeliling kota portland menggunakan sepeda. Source Image : travelportland.com

3. PORTLAND, OREGON

Sulit sekali untuk mengalahkan kota-kota di Eropa dalam hal keramahan terhadap pengguna sepeda, tetapi Portland berusaha menjadi yang terbaik. Biro Transportasi Portland perlahan-lahan melakukan perbaikan untuk membantu warga dan wisatawan agar bisa dengan aman berkeliling kota menggunakan sepeda.

Pengendara sepeda dapat mengambil peta kota dan lingkungan sekitar yang diberikan secara gratis, informasi keselamatan, dan lainnya untuk membantu navigasi yang lebih baik saat berkunjung disana.

Ada juga sistem penyewaan sepeda yang dianggap sebagai salah satu tempat penyewaan yang ramah lingkungan di dunia; mereka telah berhasil mengurangi kebutuhan akan kios untuk penyewaan sepeda dengan memanfaatkan parkiran sepeda (Bike Corrals) yang sudah ada sebelumnya.

Kota ini juga menawarkan fasilitas lainnya, termasuk loker untuk sepeda, kursu naik sepeda, dan panduan etiket untuk bersepeda.

bersepeda di pegunungan colorado
bersepeda di pegunungan colorado. Source Image : colorado.com

4. BOULDER, COLORADO

Penduduk Boulder sudah memiliki reputasi yang cukup baik karena kecintaan mereka pada alam bebas, jadi masuk akal jika bersepeda akan menjadi cara yang populer untuk berkeliling kota. Jalur sepeda sudah tersedia sepanjang 300 mil di kota ini.

Ada juga program pendaftaran sepeda untuk membantu dan melindungi sepeda anda dari tindak kejahatan pencurian.

bersepeda di montreal canada
bersepeda di montreal canada. Source Image : mtlblog.com

5. MONTREAL, KANADA

Kota Montreal yang padat di Kanada memiliki jalur sepeda sepanjang 600 kilometer (sekitar 373 mil) yang mengesankan lagi adalah — hampir dua kali lipat dari kota Kopenhagen.

Di musim semi, banyak sekali pengendara sepeda menggunakan jalur ini. Dan disepanjang jalan tempat perhentian akan ada banyak sekali kiosk yang menjual makanan dan minuman.

Terlebih lagi, setiap tahun kota ini menyelenggarakan festival sepeda, menyambut pengendara sepeda dari segala usia dan dari yang amatir hingga profesional untuk melakukan tur keliling kota.

Tur kota tokyo menggunakan sepeda
Tur kota tokyo menggunakan sepeda Source Image : TokyoByBike.com

6. TOKYO, JEPANG

Sekitar 14 persen dari seluruh pengguna jalan di Tokyo adalah pengendara sepeda. Hal ini mungkin akan tampak tidak ada apanya dibandingkan dengan 50 persen dari seluruh pengguna jalan di Kopenhagen.

Tetapi hal ini sebenarnya sangat mengesankan mengingat seberapa besar dan padatnya penduduk kota Tokyo sebenarnya. Mereka yang memilih untuk naik sepeda dapat menikmati parkir yang sangat luas, dan terdapat banyak jalur sepeda dam tur sepeda. Sepeda buatan jepang juga sangat terkenal, terutama dalam hal daya tahannya.

bersepeda mengelilingi pantai di kota rio de janiero
bersepeda mengelilingi pantai di kota rio de janiero. Source Image : rioadventures.com

7. RIO DE JANIERO, BRASIL

Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda yang ketujuh adalah Kota Rio De Janiero di Brazil. Kota Rio pertama kali membangun jalur sepeda untuk umum pada tahun 1992. Saat ini, kota ini memiliki populasi pengendara sepeda yang sedang berkembang. Program “berbagi sepeda baru” mereka laksanakan dengan menawarkan 60 stasiun perhentian dan 600 sepeda yang didistribusikan di seluruh kota.

Program ini juga menawarkan tiket bulanan seharga Rp.35.500, yang memungkinkan masyarakat dan turis untuk akses mendapatkan akses tak terbatas ke program sepeda.

Pada akhir pekan, pengendara sepeda dapat melakukan perjalanan di salah satu jalan pantai untuk menikmati pemandangan yang indah saat mereka menggunakan sepeda.

bersepeda di otstrasbourg
bersepeda di otstrasbourg. Source Image : otstrasbourg.fr

8. STRASBOURG, FRANCE

Kota kecil Strasbourg adalah tempat yang tepat untuk bersepeda — terutama karena kota tersebut benar-benar cantik.

Delapan persen dari populasi kota saat ini mengendarai sepeda, tetapi kota ini bekerja keras untuk meningkatkan jumlah itu. Mereka bertujuan untuk melipat gandakan jumlah pengendara sepeda pada tahun 2025.

program sharingbike di barcelona
program sharingbike di barcelona. Source Image : SuiteLife.com

9. BARCELONA, SPANYOL

Kota Barcelona mulai mengambil langkah kecil untuk menjadi kota yang lebih ramah bagi para pesepeda. Kota ini terus memperluas jalur khusus sepeda, dan program “sharing bike” kota ini adalah salah satu yang paling sering digunakan di dunia. Keselamatan pengguna sepeda juga merupakan prioritas besar.

event i like budapest
event i like budapest. Source Image : xinhuanet.com

10. BUDAPEST, HUNGARY

Penduduk Budapest saat ini dapat berkeliling kota dengan jalur khusus sepeda sejauh 200 kilometer (124 mil), yang akan membawa para pengendaranya melalui pusat kota dimana sepanjang jalan akan ada banyak taman-taman yang menakjubkan. Kota ini juga menawarkan sejumlah tur wisata, dan berakhir dengan semangkuk goulash yang rasanya sangat lezat.

mengendarai sepeda di pusat kota austin texas.
mengendarai sepeda di pusat kota austin texas. Source Images : austinbiketoursandrentals.com

11. AUSTIN, TEXAS

Kota Austin di negara bagian Texas, Amerika Serikat. Berkomitmen membantu penduduknya untuk menjalani kehidupan yang lebih hijau dan sehat, dan hal itu terlihat dalam inisiatif mereka untuk mengadakan kegiatan bersepeda.

Ada banyak jalur dan ratusan rak parkiran sepeda untuk digunakan para pengendara sepeda. Jika Anda berkunjung ke kota ini, ambilah peta untuk jalur bersepeda dari salah satu dari sekian banyak toko sepeda di kota ini, lalu pergilah mengelilinginya .

Ada tiga jalur utama untuk membantu pengendara menyusuri pusat kota: Lance Armstrong Bikeway, Rio Grande Roadway, dan Pfluger Bicycle & Pedestrian Bridge.

Program bike-sharing di paris
Program bike-sharing di paris. Source Image : Reuters.com

12. PARIS, FRANCE

Berkat jalan yang rata, kecepatan arus lalu lintas yang lambat, dan pengemudi yang teliti serta taat aturan, kota Paris bisa dibilang menjadi tempat yang sangat mudah untuk mengendarai sepeda.

Program berbagi sepeda kota yang disebut dengan “Vélib” adalah salah satu yang terbesar di dunia di luar negara Tiongkok. (Nama “Vélib” merupakan penggabungan kata dari kata vélo, yang berarti sepeda, dan liberté, yang berarti kebebasan).

Ada sekitar 20.000 sepeda yang bisa anda sewa di 1800 stasiun sepeda di seluruh kota. Sejak diperkenalkannya program “bike-sharing” pada tahun 2007, jalur khusus sepeda mulai banyak bermunculan di seluruh kota.

Program bike-sharing di seville spanyol.
Program bike-sharing di seville spanyol. Source Image : exploring-and-observing-cities.org

13. SEVILLE, SPANYOL

Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda yang 13 dalam daftar ini adalah kota Seville di Spanyol. Seville bukan tandingan kota-kota seperti Amsterdam atau Copenhagen, tetapi mereka dengan cepat berubah menjadi pesaing dalam pertempuran untuk menjadi “kota yang ramah sepeda”.

Kota Seville menawarkan jalur sepeda sepanjang 160 kilometer (100 mil), dan ada sekitar 70.000 sepeda yang digunakan dijalanan setiap harinya.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu dimana hanya ada 6000 sepeda yang berkeliling kota setiap harinya dan sekarang ada lebih dari 70.000 sepeda. Tentu perubahan ini merupakan hal yang sangat sangat signifikan. Dan dengan cepat menjadi hal yang jelas betapa banyak upaya yang telah dilakukan kota ini untuk meningkatkan penggunaan sepeda dikota mereka.

Mereka juga menawarkan program “bike-sharing” yang disebut dengan Sevici, yang telah berjalan selama delapan tahun, dan pemilik toko sepeda mengklaim bahwa akhir-akhir ini, mereka telah berjuang untuk memenuhi permintaan karena semakin banyak penduduk yang ingin menggunakan sepedea untuk kegiatan sehari-hari.

warga yang menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari hari di dublin
warga yang menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari hari di dublin. Source Image : dublincycling.com

14. DUBLIN, IRLANDIA

Program “bike-sharing” di Dublin atau biasa disebut dublinbikes, memiliki lebih dari 100 stasiun sepeda di seluruh kota, dan biaya berlangganan tahunan hanya €20 (sekitar Rp. 311.000).

Sejumlah perusahaan wisata di Dublin juga menawarkan tur guide, yang dirancang untuk pengendara sepeda pemula dan pengendara sepeda tingkat lanjut.

sekumpulan turis yang menggunakan sepeda untuk mengelilingi kota berlin
sekumpulan turis yang menggunakan sepeda untuk mengelilingi kota berlin. Source Image : GetYourGuide.com

15. BERLIN, JERMAN

Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda yang terakhir adalah kota Berlin. Para pengendara sepeda di Berlin memanfaatkan medan kota yang datar, jalan-jalan lebar, dan tersedianya banyak jalur khusus sepeda.

Jalur bersepeda sepanjang 900 kilometer (sekitar 559 mil) memudahkan kita untuk berkeliling tanpa khawatir dengan lalu lintas kendaraan bermotor yang padat.

Ada banyak sekali variasi tur yang memiliki tema berbeda-beda bagi wisatawan, sering kali tema tur yang ditujukan adalah untuk olahraga atau makanan.

Sekian informasi mengenai Kota-Kota Ternyaman Untuk Bersepeda dari kami. Jangan lupa baca informasi menarik travel lainnya hanya di Ourstory.id. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk klik like and share ya. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here