Sejarah Waralaba Wendy’s – Wendy’s adalah rantai restoran cepat saji internasional Amerika yang didirikan oleh Dave Thomas pada 15 November 1969, di Columbus, Ohio.

Gagasan untuk hamburger “old fashioned” milik Wendy’s diilhami oleh perjalanan Dave Thomas saat pergi ke Kewpee Hamburger di kota kelahirannya Kalamazoo, Michigan. The Kewpee menjual hamburger berbentuk persegi dan susu kocok yang sangat kental. Informasi : Waralaba Makanan Jepang di Indonesia

Hal inilah yang akhirnya membuat Thomas membangun Wendy’s di Columbus, Ohio, pada tahun 1969. Roti berbentuk persegi memiliki sudut-sudut yang menonjol sehingga pelanggan dapat dengan mudah melihat kualitas daging dalam roti tersebut merupakan ciri khas Burger yang dimiliki oleh Wendy’s.

Burger Kotak Khas Wendys
Burger Kotak Khas Wendys

Sejarah Waralaba Wendy’s

Thomas memilih nama Wendy’s’s untuk menghormati putrinya. Dia ingin memberi pelanggannya makanan cepat dan lezat, dalam suasana keluarga. Satu tahun kemudian, Thomas membuka restoran kedua, juga di Columbus. Restoran ini memiliki jendela drive-thru modern pertama di antara restoran cepat saji lainnya di amerika saat itu.

Wendy’s berkembang dengan cepat setelah pembukaan restoran keduanya. Pada 1976, Wendy’s telah membuka waralaba sebanyak lima ratus restoran, termasuk beberapa di Kanada. Baca juga Kolonel Sanders Pendiri KFC yang Produktif di Usia Tua.

Restoran pertama wendys
Restoran pertama wendys

Dua tahun kemudian, perusahaan telah membangun seribu restoran, dan pada tahun 1979, perusahaan mengoperasikan lebih dari 1.500 restoran, termasuk beberapa di Meksiko.

Pada tahun 1979, Wendy’s adalah restoran cepat saji pertama yang memperkenalkan salad bar. Perusahaan terus menambah sekitar lima ratus restoran setiap tahun selama awal 1980-an.

Selama 1990-an, Wendy’s terus berkembang, hingga pada tahun 2001 Wendy’s telah mengoperasikan lebih dari enam ribu restoran.

Pertumbuhan perusahaan tersebut sebagian disebabkan oleh iklan kreatifnya. Pada tahun 1984, perusahaan memperkenalkan kampanye “Where’s the Beef”, yang mengolok-olok hamburger restoran lain.

Ungkapan ini menjadi slogan bagi orang Amerika selama pertengahan 1980-an. Dave Thomas juga membintangi sebagian besar iklan Wendy’s dari akhir 1980-an hingga kematiannya pada 2002. Pelanggan mengenal Thomas dengan janjinya untuk menyediakan makanan berkualitas tinggi bagi mereka.

Wendys Thomas, Anak Perempuan Dave Thomas

Bintang bola basket John Havlicek, seorang alumnus Universitas Negeri Ohio, adalah salah satu dari investor Thomas yang paling awal, yang akhirnya membuat Havlicek memiliki dana pemasukan yang cukup untuk pensiun dengan nyaman.

Pada tanggal 31 Desember 2018, Wendy’s adalah rantai makanan cepat saji hamburger terbesar ketiga di dunia dengan 6.711 lokasi, mengikuti Burger King dan McDonald’s.

Dave Thomas (Kiri) Berfoto Dengan Koloner Sanders (Kanan)

Pada 24 April 2008, perusahaan tersebut mengumumkan merger dengan Triarc Companies Inc., perusahaan publik dan perusahaan induk Arby’s. Meskipun memiliki kepemilikan baru, kantor pusat Wendy’s’s tetap di Dublin.

Sejarah Waralaba Wendy's Quality Is Our Recipe Slogan Khas Dave Thomas
Quality Is Our Recipe Slogan Khas Dave Thomas

Pada tanggal 31 Desember 2018, terhitung ada total 6.711 outlet Wendy’s yang beroperasi, termasuk 353 gerai yang dimiliki perusahaan dan 6.358 restoran milik waralaba. 92% dari seluruh restoran yang beroperasi berlokasi di Amerika Utara.

Disaat itu juga Wendy’s menetapkan standar untuk penampilan gerainya, kualitas makanan, dan menu yang dijual, pemilik individu (Waralaba) memiliki kendali atas jam operasi, dekorasi interior, harga, seragam staf, dan upah.

Lokasi Wendy’s di Columbus kemudian ditutup pada 2 Maret 2007, setelah 38 tahun berbisnis karena penjualan yang menurun.

Sejarah Waralaba Wendy's CT Corp Pemegang Waralaba Wendy's Di Indonesia
CT Corp Pemegang Waralaba Wendy’s Di Indonesia

Wendy’s Di Indonesia

Wendy’s telah hadir di Indonesia sejak tahun 1991, dan membuka tokonya pertama kali di Jakarta. Pada tahun 2012 hak waralaba Wendy’s di Indonesia diambil oleh CT Corp. Hingga saat ini Wendy’s Indonesia sudah memiliki cabang sebanyak 40 gerai yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia Indonesia.

Sekian informasi dari ourstory.id mengenai Sejarah Waralaba Wendy’s, artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber. Source : wikipedia.org, ohiohistorycentral.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here