Youtube adalah adalah layanan berbagi video tempat pengguna dapat menonton, menyukai, berbagi, berkomentar, dan mengunggah video mereka sendiri. Layanan video dapat diakses di PC, laptop, tablet, dan melalui ponsel. Ada beberapa tips menjadi youtuber sukses dan tidak sulit untuk dijalankan.

“Siapapun bisa menjadi youtuber – tidak terbatas usia – Karya unik, otentik, dan konsistensi menjadi kunci kesuksesan  – Ourstory.id”

YouTuber, juga dikenal sebagai pembuat konten YouTube, adalah sejenis videografer atau entertainer yang memproduksi video untuk situs berbagi video YouTube, terkadang didukung oleh jaringan yang lebih besar. Jaringan yang dimaksud di sini merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari produser, creative director, creative,  visual creative & editor, graphic design dan talent.  Pembuat konten ini sering dianggap sebagai “Influencers“.

Setiap orang dapat mempublikasikan video di YouTube, tetapi hanya mereka yang mampu membangun komunitas dan berbagi konten menarik, yaitu konten yang diciptakan sendiri dianggap sebagai YouTuber yang sukses. Berbagi video di YouTube bisa dimulai sebagai hobi, tetapi begitu Anda mulai menerima viewers dan subsribers, Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan bulanan. Tips Menjadi Youtuber yang Sukses diawali dengan darimana uang dihasilkan.

Ada beberapa opsi berbeda dari mana Anda dapat menghasilkan uang melalui Channel YouTube Anda:

  1. Menggunakan Google AdSense: Ketika konten mulai menerima banyak tanggapan dari Youtube, bisnis dan perusahaan akan mencoba untuk menempatkan iklan mereka pada konten ini untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan tayangan sebanyak mungkin.
  2. Menjadi Google Mitra: YouTube akan menawarkan kepada mereka yang mencapai kesuksesan di platform ini dan meroket dengan jumlah Subsribers, untuk menjadi bagian dari program mitra untuk menghasilkan pendapatan dari kunjungan.
  3. Iklan produk: Banyak merk terlihat diidentifikasi oleh sebanyak mungkin orang. Perusahaan akan menandatangani kontrak dengan YouTuber sehingga mereka akan menampilkan produk mereka di video mereka.

10 Youtuber Sukses di Planet ini

Bintang YouTube berikut ini dianggap sebagai orang paling berpengaruh di planet ini, tidak hanya karena pengikut online mereka yang sangat banyak, tetapi juga untuk hubungan yang telah mereka bina dengan jutaan viewers di seluruh dunia. Banyak Tips Menjadi Youtuber yang Sukses dari YouTuber top yang tercantum di bawah ini adalah beberapa pembuat konten YouTube terkaya yang menghasilkan jutaan dolar setiap tahun melalui kesepakatan sponsor merek, iklan, dan banyak lagi.

“Berkembang merupakan hal penting dengan terlibat acara yang besar, berkolaborasi, dan berbisnis bisa menjadi YoutuBer yang sukses – Ourstory.id”

Berikut adalah Bintang YouTube Dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2020 versi Majalah Forbes, yaitu:

10 | Jeffree Star | Penghasilan: $ 15 juta | Viewers 600 juta | Subsribers: 16,9 jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses
Credit: teenvogue.com

Bintang kecantikan ini terkenal dengan tutorial makeup-nya, dan bisnis penjualan alat kecantikan yang dipadukan dengan profesinya sebagai youtubers.

9 | David Dobrik | Penghasilan: $ 15,5 juta | Viewers: 2,7 miliar | Subsribers: 18 jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses
Credit: gadgetweblog.com

Dobrik menjadi youtubers dengan karyanya yang menghibur  seperti lelucon dalam kehidupan sehari-hari. Akhir-akhir ini, Dobrik berkonsentrasi untuk memindahkan lelucon lucunya ke TikTok, dengan mengumpulkan 24,7 juta pengikut. Dia juga memenangkan sponsor perusahaan dari SeatGeek, Bumble, EA, dan lainnya. Dia juga mendalami bisnis pakaian yang berkembang seperti kemeja, hoodies, dan celana yang sebagian besar dijual dengan nama merek, Clickbait.

8 | Blippi (Stevin John) | Penghasilan: $ 17 juta | Viewers: 8,2 miliar | Subsribers: 27,4 jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses

Satu-satunya orang dewasa yang membuat konten anak-anak sebagai karakter Blippi, berhasil juga dalam mengembangkan bisnis merchandise.

7 | Nastya (Anastasia Radzinskaya) | Penghasilan: $ 18,5 juta | Viewers: 39 miliar | Subsribers: 190,6 jt

Credit: variety.com

YouTuber Rusia berusia enam tahun menggunakan “Nastya” di salurannya, yang menampilkan dia dan ayahnya bermain lego, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan lain-lain. Dia juga menjadi anak populer di TikTok dengan 3 juta pengikut.

6 | Preston Arsement | Penghasilan: $ 19 juta | Viewers: 3,3 miliar | Subsribers: 33,4 jt

credit: wired.com

Minecraft menjadi berfokus pada game yang dimainkan Arsement. Dia menjalankan beberapa server Minecraft yang menguntungkan, di mana pengguna membayar untuk mengakses dunia Minecraft yang dia buat dan untuk item dalam game.

Baca juga: Cara memulai Bisnis Untuk Pemula

5 | Markiplier (Mark Fischbach) | Penghasilan: $ 19,5 juta | Viewers: 3,1 miliar | Subsribers: 27,8 jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses
Credit: digibrity.com

Markiplier telah melakukannya di YouTube selama delapan tahun, memposting pengelompokan video game yang sangat populer seperti Cry of Fear tahun 2013, konsistensi dalam memposting video setiap hari selama bertahun-tahun adalah kunci dari eksistensi channel ini.

4 | Rhett dan Link | Penghasilan: $ 20 juta | Viewers: 1,9 miliar | Subsribers: 41,8 jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses
credit: esentiallysport.com

Mereka adalah beberapa bintang YouTube yang paling lama, setelah memulai “Good Mythical Morning”, acara talkshow pada tahun 2012. Berkembang menjadi Mythical Entertainment Co.: Pada Februari 2019, mereka membayar $ 10 juta untuk mengakuisisi SMOSH, saluran YouTube komedi sketsa. Dengan pembelian tersebut, Mythical Entertainment, yang sekarang memiliki 100 karyawan, mendapatkan hampir 2 miliar penayangan di YouTube pada tahun lalu, menghasilkan sekitar $ 11 juta dalam perkiraan pendapatan dari program berbagi iklan YouTube.

3 | Perfect Dude | Penghasilan: $ 23 juta | Viewers: 2,77 miliar | Subsribers: 57,5 ​​jt

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses
Credit: dudeperfect.com

Mereka  (Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney) bermain dengan lightsabers, Nerf Guns dan paintballs dengan ketepatan yang luar biasa. Aksi populer mereka telah menghasilkan tur nasional yang meraup sekitar $ 6 juta. Mereka juga menyelenggarakan beberapa event yang berkaitan dengan donasi, amal dan kegiatan sosila lainnya.

2 | Mr. Beast (Jimmy Donaldson) | Penghasilan: $ 24 juta | Viewers: 3 miliar | Subsribers: 47,8 jt

Credit: engadget.com

Donaldson adalah bintang baru terbesar di YouTube, cukup baik untuk hampir 50 juta Subsribers. Videonya adalah campuran dari aksi dan humor: Dalam 12 bulan terakhir, pria itu telah membekukan dirinya sendiri di dalam es, mengelilingi bianglala 1.000 kali dan membangun menara Lego terbesar yang pernah ada. Channel YouTube Donaldson membantunya memasarkan lini barang dagangannya yang membuatnya semakin terkenal.

1 | Ryan Kaji | Penghasilan: $ 29,5 juta | Viewers: 12,2 miliar | Subsribers: 41,7 jt

credit: img.okezone

Dia berusia sembilan tahun, video Kaji tentang eksperimen sains DIY, bercerita tentang keluarga, dan ulasan mainan baru. Sebagian besar bisnisnya berasal dari kesepakatan lisensi untuk lebih dari 5.000 produk Ryan’s World  yaitu dekorasi kamar tidur, figur aksi dan topeng.

Tips menjadi Youtuber Sukses

Untuk menjadi youtuber yang sukses ada beberapa nilai penting yang harus diterapkan, seperti berikut ini:

1. Definisikan apa itu kesuksesan

Sukses datang dalam berbagai bentuk, dan terserah Anda untuk menentukan di mana Anda menganggap diri Anda sukses. Youtube merupakan wadah untuk karya yang diciptakan dengan sungguh-sungguh. Tanamkan bahwa youtube bukan konsep “money oriented”. Teruslah berkarya…

2. Kembangkan konten Channel Anda

Saat Anda membuat saluran YouTube, perlu diingat bahwa mengembangkan konten itu menyenangkan, tetapi juga merupakan PR (pekerjaan rumah) yang cukup sulit. Di sini, Anda perlu menyelaraskan antara Channel dan konten Anda dengan membangun kepribadian Anda. Cara termudah untuk mengembangkan channel  Anda adalah menjadi diri Anda sendiri.

Anda harus memutuskan jenis konten apa yang akan ditawarkan di channel Anda. Seperti video tutorial, humor, hingga ulasan produk, setelah Anda memilihnya, Anda harus memberi ruang gerak untuk membahas topik yang sedang tren di industri Anda. Jika beberapa berita besar, jangan ragu untuk ikut serta. Penting untuk tetap relevan. Meskipun Anda membahas topik yang sama dengan orang lain, ini memberi Anda kesempatan untuk menambahkan masukan berharga untuk Anda.

3. Ramu video dengan baik

Buat rencana tentang bagaimana Anda menjalankan pembuatannya merupakan salah satu Tips Menjadi Youtuber yang Sukses penting. Pikirkan bahwa Anda mematuhi standar yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Anda juga dapat memperlakukan bagian ini sebagai daftar periksa dari hal-hal yang Anda perlukan dalam pembuatan Channel YouTube Anda, termasuk peralatan yang Anda perlukan, siapa yang akan terlibat dengan channel Anda, jadwal posting Anda, Topik untuk konten Anda, dan pastikan Anda mengikuti garis waktu ini secara konsisten sepanjang karir Anda.

Youtube identik dengan visual, presentasi adalah kuncinya. Dimulai dari foto profil atau logo Anda harus disetel di tempat yang benar. Tampilan channel Anda harus memiliki dimensi yang benar. Semua harus sesuai panduan ukuran yang berlaku dengan terus belajar terkait teknis upload video.

4. Jaga SEO Anda

SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Menyiapkan SEO dengan benar untuk video YouTube Anda sangat penting. Karena YouTube adalah mesin telusur sama halnya google dan orang sering menggunakan kata kunci untuk menemukan konten baru. Artinya, dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk ditemukan, dilihat, dan dinikmati. dihasilkan oleh satu atau dua kata perbedaan. Teliti kata kunci yang ingin Anda gunakan, popularitasnya, dan kata kunci yang digunakan pesaing Anda.

5. Konsisten dan to the point

Anda harus konsisten untuk melihat kesuksesan dalam bentuk apapun. Tidak disarankan untuk memperoleh kesuksesan viral instan. Ya viral memang sangat keren, tetapi jalur viral tidak ada jaminan sedikit pun. Apa pun jenis konten yang Anda produksi, tetap konsisten dengan waktu dan jenis Anda. Tidak disarankan juga membuat konten yang tidak sejalan seperti misalnya konten anda semuanya berkaitan dengan membuat kue, tanpa penjelasan anda mengupload sedang berada di truk monster seharian dengan mereviewnya.

Kontras yang mencolok dalam konten, terutama tanpa peringatan, akan membuat penonton Anda bingung. Selain itu, hindari penjelasan 5 menit yang berputar-putar sedangkan Anda sebenarnya bisa mempersingkat waktu dengan 1 menit. Anehnya, hal ini sangat umum untuk mencapai batas waktu di Youtube. Penonton youtube tidak memiliki waktu untuk mendengarkan 5 waktu berputar pada bahasan yang sama. Sehingga langsung ke bahasan dinilai lebih menarik.

6. Kelola komunitas Anda dengan baik

Jika Anda mengukur kesuksesan dengan jumlah Subsribers, Subsribers Anda pada dasarnya adalah hal yang sangat berharga, jadi pastikan untuk memperlakukan mereka dengan baik. Tidak hanya sekadar menjawab dan menyukai komentar mereka. Cara yang bagus untuk terlibat langsung dengan komunitas Anda adalah dengan mengadakan streaming langsung YouTube.

Video langsung menjadi semakin populer, karena memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan subscribers atau viewers Anda . Anda juga harus terlibat dengan komunitas Anda di jejaring sosial lain. Ini tips menjadi youtuber yang sukses untuk memanfaatkan berbagai platform dan memanfaatkan audiens baru. Hadir secara sosial di berbagai jaringan menunjukkan bahwa Anda siap sedia dan berkomitmen pada komunitas Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here