Tips Membuka Usaha Franchise – Mengapa ada beberapa gerai waralaba tumbuh subur sementara yang lainnya berakhir gagal alias “gulung tikar”. Terkadang konsep atau lokasi waralaba menentukan kesuksesan,nya tetapi banyak yang berhubungan dengan Anda juga sebagai franchisee / pewaralaba. Baca Juga : Franchise Waralaba Makanan Jakarta Berkembang Dengan Pesat.

Membuat pilihan yang cerdas di setiap langkah, dan menghindari jebakan yang dapat menghancurkan anda, tentu dapat membuat perbedaan besar pada usaha franchise yang anda jalani.

Tips Membuka Usaha Franchise

Berikut kami lampirkan 10 cara untuk meningkatkan peluang Anda agar sukses dalam model bisnis franchise / waralaba.

Tips Membuka Usaha Franchise Agar Sukses Adalah Passion

1. Pilih Bisnis Yang Tepat Untuk Anda

Bisnis Waralaba yang sesuai dengan minat dan keahlian kita mungkin akan cocok dan bisa bertahan lebih lama atau bahkan survive dibanding jika Anda tidak tertarik dengan bisnis franchise yang Anda jalankan (Alias ikut-ikutan).

Tetapi bagaimana Anda tahu jika franchise yang kita beli bisa tepat dengan diri Anda sendiri ? Ini sangat sederhana: tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, jika Anda menyukai anak-anak, temukan franchise / waralaba yang memungkinkan Anda untuk bekerja bersama mereka. Jika Anda memiliki minat terhadap teknologi, cari konsep waralaba terkait dengan komputer / teknologi.

Namun, jangan hanya memikirkan produk atau layanannya saja, tetapi tugas harian apa yang akan Anda jalankan saat membeli dan menjalani franchise tersebut. Baca juga : Keuntungan Dan Kerugian Franchise.

Anda mungkin suka memasak, tetapi memiliki sebuah restoran akan lebih dari sulit dibandingkan dengan hanya menyajikan makanan. Bahkan, tugas utama Anda akan melibatkan pengelolaan, perekrutan, pelatihan dan pemetan staff yang tidak kompeten.

Selain itu, pastikan keahlian Anda cocok dengan apa yang diperlukan oleh franchisor dari anda.

Tips Membuka Usaha Franchise Agar Sukses Adalah Tingkatkan Skill Bisnis

2. Tingkatkan Bisnis Skill Anda

Sementara franchisor akan mengajarkan Anda tentang sistem bisnis mereka untuk membantu Anda membangun outlet franchise yang sukses, Franchisor juga akan mengharapkan Anda untuk memiliki dasar-dasar untuk bertahan di dunia bisnis.

Jika Anda tidak tahu dasar-dasar akuntansi, cara membaca dan bekerja dengan dokumen keuangan atau cara merekrut dan memecat karyawan, Anda akan menghadapi masalah.

Jika skill penjualan Anda sangat buruk, pengetahuan Anda tentang perpajakan bisnis agak lemah atau Anda tidak up-to-date tentang pemasaran Internet, pertimbangkan untuk mengambil kelas khusus untuk meningkatkan keterampilan Anda.

3. Ikuti Sistem Mereka

Pasti alasan Anda memilih franchise / waralaba tertentu adalah karena mereka memiliki sistem yang berhasil atau sukses.

Agar berhasil, Anda harus mempelajari sistem itu. Jangan hanya ‘bertahan’ selama pelatihan awal Anda; serap semua yang mereka bisa ajarkan padamu.

Lanjutkan membaca manual book yang mereka berikan dan bekerja sama dengan franchisee (Yang Masih Satu Franchisor dengan Anda) lain hingga dan setelah hari pembukaan gerai franchise Anda sendiri.

Jangan dengarkan ketika franchisee lainya mencoba memberi tahu Anda bahwa mereka memiliki cara yang lebih baik daripada franchisor.

Anda membeli sistem yang sudah terbukti benar, dan Anda berutang pada diri sendiri untuk mengikuti setiap elemen dari sistem itu sampai Anda memahaminya sepenuhnya.

Jika Anda menerapkan perubahan sendiri, terutama di awal-awal bisnis franchise yang anda jalani, Anda dapat menempatkan franchise / waralaba yang Anda miliki dalam risiko atau menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga yang sudah diantisipasi oleh pemilik waralaba sebelumnya.

Jangan mencoba untuk memberontak, buatlah perubahan setelah Anda membicarakan kekhawatiran yang Anda miliki dengan franchisor.

Dengan mengambil pendekatan ini, Anda dapat menghindari kesalahan besar (dan mungkin menyelamatkan waralaba yang Anda miliki).

Tips Membuka Usaha Franchise Agar Sukses Adalah Memiliki Rencana Bisnis

4. Gunakan Rencana Bisnis Yang Baik

Rencana bisnis mungkin akan terlihat sangat rumit, terutama jika anda seorang pemula di dunia franchise.

Ini bisa sangat sederhana, seperti menetapkan beberapa tujuan dan melakukan proyeksi keuangan untuk tahun berikutnya. Jika ragu, mintalah saran kepada pemilik waralaba atau sesama pewaralaba lainnya.

5. Bersikap Baik Dengan Orang Sekitar

Bersikap baik dengan orang sekitar dalam bisnis tentu merupakan hal dasar yang harus Anda miliki. Karena mereka adalah orang-orang yang mungkin akan membantu Anda untuk membesarkan gerai waralaba yang anda miliki.

Seperti menghargai franchisor, konsumen, supplier yang anda miliki dan lain-lain. Karena dengan begitu orang-orang disekitar anda tentu akan lebih menghargai Anda, dan bukan tidak mungkin jika Franchisor akan menjadikan tempat Anda sebagai tempat launching untuk menjual menu-menu baru (Setelah Franchisor Sukses Menjual Menu Baru Tersebut), Konsumen yang akan kembali lagi karena merasai dihargai, dan supplier yang akan memberikan harga yang lebih bersabat untuk Anda karena telah bersikap baik terhadap mereka. Baca juga : Pengertian Supplier dalam Bisnis, Berikut Definisinya.

6. Bisa Mengendalikan Bisnis

Bagian dari daya tarik sistem waralaba adalah dukungan yang dapat diberikan oleh franchisor. Namun, kesuksesan atau kegagalan utama waralaba Anda sebagian besar adalah tanggung jawab Anda.

Ya, pemilik waralaba Anda akan melatih Anda tentang sistemnya dan memberi Anda alat untuk membangun bisnis, tetapi Anda sendirilah yang menjalankan operasional harian di outlet Anda.

Anda dapat menghubungi pemilik waralaba dan menanyakan beberapa pertanyaan, tetapi keputusan akhirnya tetap anda yang akan menjalankannya. Nikmati kebebasan franchise yang anda miliki karena itu bagian dari daya tarik kewirausahaan franchise.

7. Jangan Pernah Berhenti Memasarkan Produk Anda

Sebagai pewaralaba, pekerjaan Anda yang utama adalah melakukan penjualan dan pemasaran produk atau layanan Anda. Jangan menunggu pemilik waralaba untuk mengingatkan Anda.

Gunakan pemasaran sepanjang waktu anda, analisa efektivitas setiap metode yang anda gunakan, dan bagikan teknik pemasaran yang efektif dengan franchisor lainnya.

Jika Anda sibuk mengerjakan hal yang lain atau menangani tugas administratif lainnya, Anda membatasi kesuksesan Anda.

8. Jika Anda Tidak Bisa Menjual, Pekerjakan Seseorang Yang Bisa

Sederhananya, beberapa orang benci untuk menjual sesuati. Mereka tidak nyaman mengangkat telepon atau bekerja didalam ruangan. Namun, penjualan adalah bagian tak terhindarkan dari hampir semua bisnis waralaba.

Jika Anda merasa tidak nyaman menangani tugas ini, Anda perlu menemukan seseorang yang mau. Mintalah bantuan dari franchisor Anda dan sesama franchisee yang memiliki staf penjualan yang efektif.

Alih-alih mempekerjakan seseorang seperti diri Anda sendiri karena Anda sangat menyukainya, kenali bahwa sebagai pemilik bisnis, Anda harus meninggalkan zona nyaman Anda dan mempekerjakan seseorang dengan kepribadian dan keahlian yang berbeda.

9. Hindari Pinjaman Dana

Suku bunga yang sangat tinggi ini perlahan dapat menggerogoti keuntungan Anda dan membuat Anda stres.

Pastikan Anda memiliki banyak uang tunai sebelum memulai bisnis Anda, dan segera cari pembiayaan lainnya jika Anda melihat penurunan di masa depan Anda.

Salah Satu Franchise Makanan Jepang di Indonesia.
Salah Satu Franchise Makanan Jepang di Indonesia.

10. Pelajari Industri Franchise Anda

Tips Membuka Usaha Franchise yang terakhir adalah Pelajari Industri Anda. Setelah waralaba Anda berdiri dan berjalan, pelajari sebanyak mungkin tentang industri baru Anda tersebut (selain apa yang Anda pelajari selama penelitian waralaba Anda).

Hampir setiap sektor memiliki asosiasi dan pertemuan di mana pemilik bisnis mengumpulkan dan berbagi ide.

Asosiasi perdagangan dan dewan perdagangan lokal menyatukan pengusaha baru dan mapan, menyediakan forum yang bagus untuk belajar dan membangun jaringan.

Rekan-rekan waralaba Anda juga dapat menawarkan wawasan hebat ke industri yang Anda miliki, jangan abaikan jaringan yang berharga ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here