Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola – John Pemberton merupakan seorang Kolonel Konfederasi dan merupakan seorang apoteker yang mengalami luka sangat parah dalam perang saudara Amerika. Menurut cerita sejarah, dia mengalami luka bekas tusukan yang sangat dalam, sehingga untuk menenangkannya serta mengurangi rasa sakitnya beberapa saat.

Tanpa pikir panjang tentang efek samping berkepanjangan yang akan dialami, para dokter akhirnya memberikannya banyak sekali morfin, bahkan melebih dosis yang dianjurkan dalam medis, Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola akhirnya dimulai.

Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola

Sama seperti para veteran perang lainnya, pemberian morfin inilah yang menyebabkan Pemberton menjadi ketergantungan. Bahkan setelah dia keluar dari tentara, Pemberton memulai usaha apotek di Atlanta, Amerika Serikat.

Sejarah Kelam John Pemberton Penemu Resep Coca-Cola
John Pemberton Penemu Resep Coca-Cola

Hal ini dilakukan agar dia terus mendapatkan pasokan obat-obatan penghilang rasa sakit, yang akhirnya kebanyakan obat tersebut dia konsumsi secara pribadi.

Setelah sekitar satu dekade, dengan kebiasaan kecanduannya sehari-hari, Pemberton mulai mencari obat agar dia tidak mengalami kecanduan.

Ini terjadi pada suatu waktu (tahun 1870-an) ketika obat hampir tidak memiliki standart seperti hari ini, dan sebagian besar “obat” untuk berbagai penyakit pada zaman tersebut adalah “obat paten” yang hampir tidak dapat dibedakan dengan minuman keras yang dijual.

Baca juga : Sejarah Starbucks, Waralaba Penjual Kopi Terbesar Di Dunia.

Disaat itu Pemberton telah mendengar banyak hal-hal baik tentang anggur koka, yaitu minuman anggur yang dicampur dengan kokain yang merupakan minuman terlaris di Prancis saat itu, dan diapun memutuskan untuk mencobanya.

Tempat Coca-cola pertama kali dijual
Tempat Coca-cola pertama kali dijual

Pemberton pun bereksperimen di apotek miliknya, dan menciptakan produk pertamanya yang diberi nama, French Wine Coca Nerve Tonic. French Wine Coca Nerve Tonic adalah minuman beralkohol tinggi yang dicampur dengan kokain dan dipasarkan sebagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Termasuk kecanduan, sakit perut, neurasthenia, sakit kepala kronis, dan disfungsi ereksi. Minuman itu berbentuk cairan kental dan ditaruh didalam botol sirup dan dikirim ke apotek, di mana ia bisa langsung dicampur dengan air soda dan dijual oleh para apoteker profesional dan terlatih.

Namun, bencana mengancam usaha baru Pemberton ketika, pada tahun 1886, demam larangan menjual serta memproduksi alkohol melanda bagian Georgia sehingga dia harus memberhentikan usahanya sementara.

Sejarah Kelam : Sirup Coca-Cola Yang Pertama Kali Diperkenalkan Tanpa Campuran Kokain
Sirup Coca-Cola Yang Pertama Kali Diperkenalkan Tanpa Campuran Kokain. Source : worthpoint.com

Namun, penjualan serta produksi kokain masih baik-baik saja. Pemberton memformulasikan ulang produknya menjadi minuman non-alkohol dan terus menjualnya – meskipun, pada tahun 1888, resep itu hanya mengandung sekitar sembilan miligram kokain, yang kira-kira sepersepuluh dari dosis rekreasi yang biasa.

Yang menarik, meskipun tidak ada produk Coke (Minuman Bersoda) yang mengandung kokain sejak 1903, salah satu mitra Coke – Stepan Company of New Jersey – mempertahankan satu-satunya lisensi federal yang aktif untuk mengimpor dan memproses daun koka (dari mana kokain dibuat).

Perusahaan itu menghasilkan kokain mentah, yang dikirim ke satu-satunya perusahaan farmasi di Amerika yang memiliki lisensi untuk menanganinya (Mallinckrodt), dengan sisa daun kokain yang dimiliki, daun tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi zat penyedap yang masih digunakan dalam resep rahasia Coca-Cola pada saat itu.

Baca Juga : Tips Membuka Usaha Franchise Agar Sukses.

Tetapi, melebihi resep yang sangat dicari-cari tersebut, jaringan distribusi penjualan produksi yang ditetapkan oleh Pemberton mungkin adalah faktor tunggal terbesar dalam kesuksesan awal dan kebesaran Coca-Cola.

Iklan Coca Cola Pertama Kali
Iklan Coca Cola Pertama Kali. Source : earlycoke.com

Pemberton tidak benar-benar berinvestasi dalam fasilitas atau distribusi – sebagai gantinya, ia membuat sirup di pabriknya sendiri, kemudian mengirimkannya kepada kontraktor dan afiliasinya yang dapat mencampurnya dan menjualnya sesuka mereka.

Sistem ini menciptakan pengaturan yang sangat fleksibel di mana distributor lokal dapat dengan bebas bereksperimen dengan struktur pemasaran dan pengiriman tanpa menempatkan franchise utama dalam risiko.

Apotik Coca-Cola mulai menyebar ke seluruh Selatan, menjual minuman mereka seharga lima sen per gelas (harga yang akan tetap statis, untuk alasan kontrak, sampai 1959).

Coca Cola di Era Chandler

Ketergantungan terhadap morfin John Pemberton sampai menemukan resep Coca-Cola untuk menyembuhkan dirinya akhirnya membunuhnya pada tahun 1888.

Dititik ini, karena rumitnya jaringan kepemilikan dan tanggung jawab yang ditinggalkan Pemberton ketika ia tiba-tiba meninggal karena overdosis, sejarah merek Coca-Cola menjadi agak suram.

Asa Candler, Penerus John Pemberton
Asa Candler, Penerus John Pemberton.
Source : wikipedia.org

Salah satu mitra Pemberton, Asa Candler, mengaku telah membeli saham penuh di perusahaan tersebut sebelum Pemberton meninggal.

Namun, putra Pemberton, Charley, mengklaim memiliki hak atas nama merek tersebut, menyatakan bahwa resep itu hanya digunakan oleh Candler di bawah lisensi informal.

Struktur perusahaan yang longgar dan kompleks dimana telah bekerja dengan sangat baik bagi John Pemberton mengancam akan menenggelamkan mereknya dalam beberapa bulan setelah kematiannya jika masalah ini tidak dapat diselesaikan.

Pada akhirnya, Candler menyelesaikan segalanya dengan cara standart Amerika, yaitu membeli semua lisensi kemitraan / waralaba yang dimiliki oleh partner pemberton beserta semua hal lainnya yang ada dalam perusahaan tersebut, sehingga pada akhirnya dia memegang kendali penuh atas perusahaan tersebut. Baca juga : Franchise Waralaba Makanan Jepang Di Indonesia.

Pada 1891, Candler adalah pemilik tunggal Coca-Cola, dia mengeluarkan dana sekitar $ 3.000 untuk membeli saham dan hak penuh atas perusahaan.

Ini mungkin yang terbaik, karena Candler ternyata sangat jenius secara fundamental, sehingga mampu membawa Coca-cola menjadi besar dan mampu beroperasi di seluruh dunia.

Bahkan sebelum John Pemberton meninggal, Candler bekerja keras membangun merek Coca-Cola. Pada tahun 1885, ia mungkin telah merancang apa yang sekarang dikenal sebagai logo Coca-Cola yang terkenal di dunia, menuliskan nama dalam skrip Spencerian yang pada dasarnya merupakan sebuah bentuk tulisan yang harus dipelajari setiap anak sekolah pada saat itu.

Perubahan Botol Coca Cola Dari Tahun Ketahun
Perubahan Botol Coca Cola Dari Tahun Ketahun. Source : traffic-club.info

Sumber berbeda mengatakan pembuat logo Coca-Cola awal bukanlah Candler, Melainkan akuntan Pemberton, yaitu Frank Mason Robinson. Tetapi, sudah jelas jika Candler yang memperkenalkan dan membesarkan Coca-cola melalui logo tersebut.

Candler juga tak kenal lelah dalam menemukan cara-cara baru untuk memperkenalkan Coca-Cola kepada dunia. Pada tahun 1886, ia mulai membagikan secarik kertas kecil yang dapat ditukar dengan segelas Coca-Cola.

Gagasan slip kecil ini memang terlihat tidak terlalu penting, tetapi ini merupakan contoh pertama dalam sejarah. dimana sebuah perusahaan memberikan kupon untuk sampel gratis makanannya.

Candler memiliki teori, dan terbukti sangat akurat, yaitu orang-orang akan dengan senang hati mencoba sesuatu yang baru secara gratis, dan bahwa mereka akan dengan senang hati membayarnya nanti sebagai pelanggan setia.

Antara 1894 dan 1913, sekitar satu dari sembilan orang Amerika minum Coca-Cola secara gratis. Dengan taktik seperti ini, Coca-Cola segera menyebar ke seluruh Amerika Serikat.

Soda Fountain Original Milik Coca Cola
Soda Fountain Original Milik Coca Cola. Source : coca-colacompany.com

Usaha Candler sebagian besar fokus pada penjualan sirup Coca-Cola ke apotek dan mesin-mesin dispenser (Coca-Cola Fountain) yang selalu menjadi tempat utama untuk menjual Coca-Cola. Upaya pertama untuk benar-benar menjual Coca-cola dalam botol kemasan terjadi dengan distributor Coca-cola di kota Vicksburg pada tahun 1891.

Delapan tahun kemudian, pabrik pembotolan Coca-Cola pertama didirikan di Chattanooga. Dibangun oleh distributor independen Coca-cola lainnya, yang membeli hak untuk melakukannya dengan harga satu dolar.

Perusahaan pembotolan itu tidak pernah membayarkan hal tersebut kepada Candler, dan sistem kontrak yang longgar yang ada diantara keduanya membuat mereka harus keluar pengadilan selama beberapa decade untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Namun demikian, botol Coca-Cola menjadi hit, dan ditahun 1898, obat-obatan dikenakan pajak federal, disaat itu juga Coca-Cola berhenti memasarkan dirinya sebagai obat untuk semua jenis penyakit dan tidak lagi menjualnya melalui apotek.

Era Ernest Woodruff

Ernest Woodruff, Membeli Perusahaan Coca Cola Pada Tahun 1919
Ernest Woodruff, Membeli Perusahaan Coca Cola Pada Tahun 1919. Source : Wikipedia.org

Untuk selanjutnya, pendekatan Coca-Cola dalam hal pemasaran adalah memposisikan dirinya sebagai minuman yang menyegarkan, yang dapat Anda minum disaat rekreasi – dan hal inilah yang membangun hubungan emosional positif Coca-cola dengan konsumennya.

Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola berakhir Pada Tahun 1919. Ernest Woodruff membeli perusahaan Coca-cola. Berkat tangan dinginnya, Coca-cola berubah menjadi perusahaan minuman terbesar didunia saat ini. Upaya terorganisir pertama Coca-Cola untuk memasarkan produk tersebut di luar negeri dimulai pada tahun 1926, ketika perusahaan membuka kantor yang ditujukan untuk Negara lain yang ingin membeli Coca-cola.

Sepanjang akhir 1920-an dan awal 1930-an, Coca-Cola diiklankan, diberikan, dan dijual di seluruh Eropa sebagai komoditas impor yang menyenangkan dan menyegarkan dari Amerika. Dan untuk sebagai pengingat, sekarang Coca-Cola merupakan sebuah minuman yang tidak memiliki kandungan alkohol ataupun kokain didalamnya (Terutama Yang Dijual Di Indonesia).

Sekian informasi dari kami mengenai Sejarah Kelam Awal Terbuat dan Berdirinya Coca-Cola. Kami merangkumnya dari allthatsinteresting.com, www.coca-cola.ie, en.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola dan coca-colacompany.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here