Margaretha geertruida zelle 

Matahari adalah nama panggung dari Margaretha geertruida zelle dia lahir pada 7 Agustus 1876 dan meninggal pada 15 Oktober 1917. Dia adalah seorang kebangsaan Belanda. Dia adalah seorang penari erotis dan seorang wanita penghibur yang diadili dan dieksekusi di Prancis atas aksinya sebagai mata-mata paling berbahaya di Dunia (mata hari) selama Perang Dunia II. Matahari adalah seorang wanita besar di dalam sejarah tetapi tidak terlalu dikenal. Dia menjadi seorang wanita besar karena dua hal yaitu latar belakangnya dan keberaniannya menghadapi kegilaan perang dunia II.

Mata-mata paling berbahaya di Dunia (Mata Hari)
Credit: digitalcollections.universiteitleiden.

Musim panas 1876 seorang bayi perempuan bernama Margaretha geertruida zelle terlahir di leeuwarden friesland, Belanda dari seorang ayah bernama Adam Zelle dan seorang ibu bernama Antje Van der mullen.  Ayahnya adalah seorang pengusaha minyak yang sukses. Masa kanak-kanak Margaretha sangat bahagia dan penuh dengan kemakmuran. Setelah bisnis ayahnya bangkrut dan keluarganya bercerai, Margaretha pindah ke Sneek Leiden dia mulai belajar di sekolah pengajar kanak-kanak tetapi gagal.

Awal Mula Perjalanan Margaretha

Kondisi di Leiden lebih parah daripada Leeuwarden pada masa itu dengan segala kondisi lingkungan yang tidak memberikan kenyamanan untuk Margaretha. Margaretha mulai memikirkan untuk keluar dari tempat itu. Pada suatu saat iklan baris di surat kabar menampilkan seorang perwira keturunan Skotlandia di ketentaraan Belanda dengan nama Rudolf MacLeod mencari mempelai muda. Perwira itu ditempatkan di Indonesia. Ini merupakan salah satu jalan keluar bagi Margaretha yang tidak akan dia sia-siakan.

Perwira itu menemui Margaretha. Berseragam lengkap, Pedang disebelah kiri dan kumisnya yang panjang. Kemudian menikahlah Dia dengan seorang Angkatan Laut Belanda itu dan mengikuti suaminya ditugaskan di Jawa dan Sumatra antara tahun 1897 sampai 1902 pernikahannya hancur dan mereka pun bercerai Pada tahun 1906.

Mata-mata paling berbahaya di Dunia (Mata Hari)
Credit: buku Mata Hari karya Paulo Coelho

Permasalahan muncul, Suami yang dingin, selalu dikelilingi wanita menyebabkan Margaretha memikirkan cara untuk pergi. Belum lagi hidup dengan berbahasa yang beda dan selalu diawasi Perwira lain disana.

Margaretha memutuskan untuk kembali lagi ke Eropa dan memulai hidup yang baru di tengah konflik yang mengoyak Eropa. Biaya yang besar membuat Margaretha memutar otak untuk bisa bertahan dan terus bergerak. Dia mulai mempelajari beberapa tarian dari Jawa. Sesampainya di Prancis, Dia mengganti namanya dengan sebutan Mata Hari dan asalnya dari Hindia Timur.

Penari erotis yang menghipnotis

Setelah melajang, dia berkeliling Eropa. Perang dunia pertama dengan segala kesulitan hidup memaksanya untuk menjadi seorang penari erotis dengan tipikal Eastern indies dress. Dia menjadi seorang penari terkenal di antara para perwira tinggi militer. Memasuki kelam nya dunia selama perang tidak membuat Margaretha ketakutan.

Margaretha memiliki tubuh langsing, lentur, gemulai. Rambutnya hitam dan bergelombang. Lekukan dan gerakannya berpadu sempurna dengan irama yang berbeda. Itu adalah berita yang ditempel di beberapa surat kabar. Maha Tari dengan cepat meraih popularitasnya. Wanita yang sejak dulu mempesona laki-laki dan membuat wanita iri.

Baca juga: Sejarah Yakuza sindikat 400 tahun

Ketenaran ini tidak lepas dari Monsieur Guimet yang memberi kesempatan pada Mata Hari untuk tampil di museum prbadinya, dengan baju yang sangat mahal diimpor dari Asia. Selang beberapa waktu, Maha Hari menari di depan tiga ratus penonton, termasuk wartawan, selebritis, dua duta Jepang dan Jerman. Kostumya terdiri atas cadar-cadar, puncak tariannya diisi dengan pelepasan cadar itu sampai cadar ke enam. Dia juga berani dengan melepas pakaiannya dan menari dengan lembut. Posternya terpampang di seluruh Eropa. Semakin luas dirinya menghipnotis seluruh daratan Eropa.

Mata-mata paling berbahaya di Dunia (Mata Hari)
Credit: digitalcollections.universiteitleiden.

Pertunjukan demi pertunjukan telah dilakukannya, itu membuat dia begitu mudah mendekati pejabat manapun sekalipun itu di lingkaran pemerintah. Semua laki-laki jatuh cinta padanya. Di suatu hari seorang pejabat kedutaan menghubunginya. Pejabat itu memintanya untuk berkenalan dengan salah satu kandidat menteri perang berikutnya dengan memata-matainya. Pejabat itu meminta jasa Mata Hari untuk masuk ke dalam lingkaran perintah, memata-matai pejabat yang berpengaruh dan memberinya uang yang sangat banyak. Mata-mata adalah sesuatu yang tak pernah dilakukan oleh Mata Hari sebelumnya.

Jaringan spionase di kalangan elit

Dia telah terlibat dalam jaringan spionase paling berbahaya dia menjalin hubungan dengan banyak laki-laki penting di militer. Kemampuan menarinya dan kecantikannya memberinya harga jual yang tinggi yang mana banyak laki-laki saling berkompetisi untuk bisa bersamanya. Itu merupakan peluang terbesarnya untuk bisa masuk di kalangan para pria penting dan memperoleh informasi. Dia menawarkan informasi di antara pria-pria yang menjalin hubungan dengannya. Dia ditawari untuk bergabung dengan mata-mata Perancis dengan bayaran sebesar satu miliar Franc (ini merupakan mata uang sebelum Euro).  Tetapi dia memutuskan untuk menjadi wanita bebas setelah itu sekutu menuduhnya sebagai mata-mata Jerman dan Mereka mencoba untuk membuktikan kesalahan Margaretha tetapi gagal karena dia menutup rapat-rapat mulutnya.

“Aku berhasil lolos dari kejahatan – kejahatan yang memang kulakukan, dan kejahatanku yang terbesar adalah menjadi wanita yang bebas dan mandiri di dunia yang diperintah oleh kaum pria.” – mata hari –

Tuduhan Agen Ganda kepada Mata Hari

Sampai suatu hari dinas anti-spionase Perancis menangkapnya ketika dia sedang melintasi perbatasan Prancis untuk mengunjungi klien. Dia divonis dan dipercaya sebagai wanita dengan profesi sebagai mata-mata paling berbahaya pada masa itu. Dia juga harus bertanggung jawab atas ribuan tentara yang mati karena informasi yang dia bocorkan. Berbagai tuduhan padanya seperti memalsukan nama, identitas, menjadi agen ganda, dan menjual informasi khususnya kebijakan yang akan diambil oleh para pejabat. Terutama Mata Hari dinyatakan bersalah atas memperjual-belikan gosip dari perkumpulan- perkumpulan kalangan atas. Dia dicap sebagai mata-mata paling berbahaya di Dunia (mata hari) dengan metode mata -mata yang sangat unik dan menarik.

Mata-mata paling berbahaya di Dunia (Mata Hari)
Credit: buku Mata Hari karya Paulo Coelho

Hukuman mati adalah telah ditentukan setelah proses persidangan yang rumit dan menyudutkan Mata hari sebagai agen ganda.  Dan hari itu telah ditentukan..

Semua meninggalkan penjara Saint-Lazare, mengantarkan tahanan ke regu tembak. Mobil menuju ke barak Caserne de Vincennes sebuah benteng yang sebelumnya dihancurkan jerman. Para prajurit berbaris untuk eksekusi. Regu tembak terdiri dari atas dua belas anggota infanteri Zouave. Di ujung regu, berdiri seorang perwira dengan pedang terhunus. Saat dieksekusi, Mata Hari enggan menggunakan penutup mata dan diikat. Dia sangat tenang memandang regu tembak.

Wanita itu tidak bergeming, tidak menunjukan rasa takut sedikitpun.

“Tembak!”

Tembakan berdentum nyaring. Margaretha tidak tersungkur seketika. Masih tegap selama beberapa detik. Tidak lama, tubuhnya terjatuh. Wajahnya menghadap langit. Salah satu prajurit pingsan.

Dia dieksekusi pada 15 Oktober 1917 Mata Hari adalah mata-mata wanita terhebat yang memiliki latar belakang kehidupan yang dinamis, cara berfikir yang indah dan kebebasan sebagai wanita yang berani mengambil keputusan.

 

  • Sumber yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu Buku Paulo Coelho, Mata Hari, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016.
  • Foto yang ada di dalam artikel ini diambil dari Leiden University Libraries

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here