Sejarah Baskin Robbins, Waralaba Ice Cream Terbesar di Dunia – Sebagai seorang remaja di tahun 1930-an, Irv Robbins bekerja di toko es krim milik ayahnya di Tacoma, Washington. Bosan karena menyajikan rasa es krim tradisional seperti cokelat dan vanila saja, Robbins mulai bereksperimen dengan mencampurkan buah dan permen ke dalam es krim. Baca juga : franchise waralaba cemilan takoyaki jepang di Jakarta.

Setelah bertugas di Perang Dunia II, Robbins membeli toko es krim di Glendale, California. Tiga tahun kemudian, ia meyakinkan saudara iparnya, Burt Baskin, untuk bergabung dengannya membangun bisnis tersebut.

31 Varian Rasa Baskin Robbins

Sejarah Baskin Robbins, Waralaba Ice Cream Terbesar di Dunia

Kedua lelaki melakukan hal unik untuk memberikan nama untuk toko es krim mereka. Mereka melempar sebuah koin untuk menentukan nama siapa dulu yang akan muncul untuk dijadikan nama depan brand mereka. Ternyata, Baskin menang, dan pada 1945, toko es krim Baskin-Robbins lahir.

Hari ini, Baskin-Robbins memiliki lokasi di lebih dari 50 negara, masing-masing gerai memiliki 31 menu rasa es krim, yogurt beku, serbat (sebuah minuman khas yang dibuat dari bahan alami, seperti jamu. Baca juga : Ide Bisnis Makanan Murah.

Burt Baskin dan Irv Robbins

Perbedaanya, jika jamu memiliki rasa pahit, maka serbat memiliki rasa pedas, karena terdapat jahe didalam minuman tersebut), kue dan minuman.
Kedua orang ini menjalankan total enam toko di California Selatan sebelum melanjutkan perkembangan mereka.

Pada tahun 1949, mereka membeli fasilitas produksi susu pertama mereka di Burbank, California, di mana mereka mulai bereksperimen dengan bahan dan rasa yang baru. Pada tahun 1953, toko-toko mereka yang sebelumnya terpisah bergabung untuk membuat gerai “Baskin-Robbins Ice Cream,” yang membawa konsep unik dimana mereka menawarkan rasa es krim yang berbeda setiap harinya selama 31 hari.

Pilihan rasa ini telah berkembang dan mencakup lebih dari 1.300 rasa di daftar menu mereka. Pada pertengahan 1960-an, Baskin-Robbins telah berkembang dan memiliki lebih dari 400 gerai di amerika serikat. Pada tahun 1970-an waralaba Baskin Robins berkembang dengan pesat keseluruh dunia. Gerai Baskin Robins dibuka di Jepang, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Australia.

Pralines ‘n Cream Baskin Robbins, Rasa Es Krim yang Mendunia

Selama masa inilah Irv Robbins dan istrinya Irma menciptakan rasa Pralines ‘n Cream di dapur mereka di California mereka, dimana rasa ini merupakan rasa terlaris di seluruh dunia. Baskin-Robbins terus berkembang dan sekarang memiliki lebih dari 8.000 restoran di hampir 52 negara, dengan lebih dari 300 juta konsumen mengunjungi gerai mereka di seluruh dunia setiap tahunnya.

Baskin-Robbins terus menjadi pemimpin inovasi dalam industri es krim. Pada tahun 2009, franchise ini memperkenalkan jajaran pilihan BRight Choices® pilihan yang terbaik untuk para konsumen, yaitu yogurt beku yang memiliki rasa ringan, rendah lemak, tanpa tambahan gula dan rasa es krim tanpa susu.

Baskin-Robbins juga terus menawarkan “Flavour of the Month” baru setiap bulan, sehingga para konsumen selalu memiliki sesuatu yang baru untuk dicoba dengan sendok merah muda ikonik khas Baskin-Robbins.

Piñata Pumpkin Patch Cake Baskin Robbins

Merek ini juga terus berinovasi dengan kue es krim. Pada 2015, Baskin-Robbins memperkenalkan Piñata Pumpkin Patch Cake, yang menampilkan lapisan es krim dan kue dan ditengahnya terdapat potongan permen yang akan mengalir keluar saat kue dipotong.

Baskin-Robbins juga terus membuat desain kue es krim baru yang menyenangkan dan kreatif secara teratur, termasuk Kue Beruang Teddy baru-baru ini untuk Hari Valentine dan Kue Beruang Polar untuk musim dingin. Dari waktu ke waktu, Baskin-Robbins juga menghadirkan kembali menu favorit penggemarnya, seperti Polar Pizza® Ice Cream Treat, yang populer dan sempat dijual pada tahun 1990-an. Baca juga : Sejarah Yoshinoya, Franchise Gyudon No.1 Di Dunia

Baskin-Robbins sekarang merupakan bagian dari Dunkin ‘Brands Inc., yang juga merupakan pemilik waralaba Dunkin’ Donuts. Dunkin ‘Brands Inc. dimiliki oleh konsorsium perusahaan ekuitas swasta: Bain Capital, The Carlyle Group dan Thomas H. Lee Partners.

Baskin Robbins Indonesia

Sejarah Baskin Robbins di Indonesia

Sejarah Baskin Robbins hadir di Indonesia pada tahun 1990, dibawah naungan PT. Naryadelta Prarthana sebagai pemegang lisensi di Indonesia. Dengan diberikannya lisensi dari Baskin Robbins International, maka pada tahun itu juga terbentuklah Franchise Baskin Robbins Indonesia di bawah pimpinan Mrs. Lien Lim.

Baskin-Robbins membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia dan Blok M Plaza pada tanggal 14 dan 15 April ditahun 1991 dengan jumlah karyawan sebanyak 14 orang. inilah awal berdirinya Baskin Robbins Indonesia yang saat kini gerainya tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogya, Surabaya, dan Bali.

Pada bulan Juni di tahun 2007, CT Corp yang dimiliki Chairul Tanjung mengakuisisi PT Naryadelta Prarthana yang sebelumnya merupakan exclusive distributor dan retailer Baskin-Robbins di Indonesia. Setelah itu, CT Corp pun mengganti nama PT Naryadelta Prarthana menjadi Trans Ice.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here