Perbedaan MediaTek dan Snapdragon – Buat kalian yang gila dengan smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan SoC yang namanya mediatek & snapdragon. Tanpa diragukan lagi, salah satu unsur smartphone paling kompleks adalah prosesornya. Sebenarnya, sangat salah jika kita mengatakan mediatek dan snapdragon merupakan sebuah “prosesor”, karena kemampuan mereka lebih dari itu. Itulah mengapa sebabnya nama yang biasa digunakan oleh produsen adalah SoC (System On a Chip) karena dengan begitu akan menjelaskan tujuan awal kedua SoC itu dibuat.

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon

kantor mediatek di hongkong
kantor mediatek di hongkong. Source : Google.com

Apa itu MediaTek?

MediaTek adalah produsen chipset Helio yang harganya terjangkau dan juga powerful. Prosesor MediaTek dapat ditemukan terutama di smartphone keluaran Sony dan perangkat murah lainnya yang biasanya dibuat di Cina. Keuntungan utama MediaTek terhadap Qualcomm (Snapdragon) dan Exynos (Samsung) adalah harganya yang bisa dua kali lebih murah tetapi kinerja yang dihasilkan hampir serupa dengan SoC keluaran Qualcomm & Exynos.

Namun, user experiences dari prosesor tersebut sangat tidak bagus. Kritik terbesar untuk prosesor keluaran MediaTek adalah suhunya yang sangat cepat panas & tinggi (Snapdragon 810 memiliki masalah yang sama). Model-model SoC terbarunya adalah Helio X10, P10 dan X20. Ketika di tes menunjukkan bahwa X20 dikatakan sejajar dengan Snapdragon 820 dan Exynos 8890, tetapi tetap saja SoC tersebut jarang digunakan oleh smartphone kelas premium.

SoC Mediatek
SoC Mediatek. Source : Google.com

Salah satu dari beberapa smartphone premium yang menggunakan SoC P10 adalah Sony Xperia XA, sedangkan X20 digunakan pada smartphone yang kurang populer seperti Elephone, Zopo atau Doogee. MediaTek Inc Helio X23 dan Helio X27 adalah dua chipset baru, yang diumumkan pada bulan Desember 2016.

Helio X23 dan Helio X27 masih mempertahankan teknologi Layar MiraVision EnergySmart yang diharapkan akan mengurangi konsumsi baterai hingga 25%. Kedua SoC tersebut memiliki GPU yang sama dengan Helio X20 yaitu ARM Mali T880 MP4.

Karakteristik MediaTek:

  • Chipset kurang ekonomis – Penggunaan baterai boros.
  • Cepat panas.
  • Terintegrasinya Chip grafis kecil yang tidak diproduksi oleh MediaTek.
  • Kekuatan prosesor sangat tinggi.
  • Secara umum chipsetnya menawarkan lebih banyak core per prosesor.
kantor qualcom di san diego
kantor qualcom di san diego. Source : Google.com

Apa itu Snapdragon?

Prosesor Qualcomm terkenal karena seri SoC Snapdragon mereka. Saat ini mereka adalah yang terbaik di pasar berkat Snapdragon 820.

Model premium ini dapat ditemukan di beberapa smartphone terbaik saat ini. Seperti Xiaomi Mi 5, OnePlus 3 LG G5 Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (pasar Cina dan Amerika) dan HTC 10.

Fakta bahwa Samsung telah beralih dari chip Exynosnya sudah cukup untuk berbicara tentang kualitas Snapdragon 820. Qualcomm saat ini memegang 65 persen pasar 4G LTE, dan sangat dominan di Cina, di mana 5 produsen terbesar menggunakan sebagian besar prosesor mereka. (Xiaomi, Huawei, ZTE, TCL, Lenovo).

Keunggulan utama dari Snapdragon 820 dibandingkan dengan model sebelumnya ada dalam kecepatan, konsumsi energi yang rendah, dan peningkatan dalam hal grafis hingga 40%. Kunci dari hal ini ada didalam GPU Adreno generasi kelima (Adreno 530).

SoC Snapdragon 600
SoC Snapdragon 600. Source : Google.com

Selain seri 800, seri Snapdragons 600 juga sangat bagus dan dapat ditemukan di smartphone kelas menengah, seperti Huawei P8 Lite, OPPO R5, HTC Desire 820 dan sejenisnya. Mengingat teknologi semakin canggih, kehadiran teknologi seperti VR atau 4K, smartphone dengan prosesor di bawah seri 600 sangat tidak dianjurkan.

Pengecualian mungkin terdapat diperangkat seperti Samsung J5 2016.

Karakteristik Snapdragon:

  • Chipset paling aman – penggunaan baterai sangat sedikit.
  • Tidak terlalu panas dibandingkan dengan Intel atau MediaTek.
  • Adreno, pengolah grafis yang diproduksi oleh Qualcomm, selalu menjadi bagian dari chipset ini.
  • Benchmark sering menunjukkan bahwa kinerja chipset Snapdragon lebih baik daripada yang lain.
perbandingan SoC kelas premium
perbandingan SoC kelas premium. Source : Google.com

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon

1. Asal MediaTek dan Snapdragon

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang pertama adalah Asal perusahaan tersebut. MediaTek merupakan perusahaan semikonduktor internasional yang didirikan pada tahun 1997 dengan kantor pusat di Hsinchu, Taiwan. Sedangkan Snapdragon adalah prosesor yang diproduksi oleh Qualcomm, yang juga merupakan perusahaan semikonduktor internasional dan perusahaan penghasil peralatan IT, dengan kantor pusat di San Diego, California, AS. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985.

2. Jumlah Prosesor di MediaTek dan Snapdragon

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang kedua adalah jumlah prosesornya. MediaTek dan Snapdragon adalah prosesor multicore (1-2-4-6-8-10). Saat ini MediaTek sedang mencoba untuk memproduksi chipset 12 cores. Namun, kita harus ingat jumlah banyaknya core merupakan hal yang tidak terlalu penting.

3. CPU dan GPU di MediaTek dan Snapdragon

JPerbedaan MediaTek dan Snapdragon yang ketiga adalah Jenis GPUnya. Jika membandingkan MediaTek dan Qualcomm secara langsung dari sudut pandang kinerja, hampir tidak ada perbedaan yang terlihat dalam hal CPU, tetapi perbedaan jelas terlihat pada bagian grafis. Dimana Adreno GPU yang dipasang di semua Snapdragon SoC bekerja sangat baik. Hal Ini sangat jelas terlihat di segmen smartphone kelas atas. Perbedaan dalam kinerja GPU secara signifikan kurang terlihat di segmen pasar smartphone mid-range dan low-end.

Qualcomm memproduksi chip grafisnya untuk bekerja dengan prosesor dan komponen lainnya secara lebih baik.

4. Daya tahan baterai MediaTek dan Snapdragon

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang keempat adalah daya tahan baterainya. Chipset MediaTek dikenal mengonsumsi daya yang tinggi sehingga membuat smarpthone yang menggunakan mediatek akan lebih boros baterai. Saat ini mereka mencoba meningkatkan prosesor mereka untuk menjadi lebih hemat energi tetapi masih tertinggal di belakang Snapdragon.

5. Performa

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang kelima adalah performa. Kinerja prosesor MediaTek dianggap memiliki kinerja yang sangat solid. Inti dari ekstra prosesor yang mereka buat memungkinkan untuk melakukan tugas sistem yang intensif dan berat. Dan prosesor mereka sangat baik dalam melakukan multi-tasking.
Snapdragon bahkan memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal multi-tasking, menangani tugas sistem yang lebih rumit dan game yang berat yang secara intensif digunakan.

6. Suhu

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon keenam adalah suhunya. Prosesor Snapdragon umumnya tidak cepat panas, dibandingkan dengan MediaTek.

7. Harga MediaTek dan Snapdragon

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang terakhir adalah harga produksinya. SOC MediaTek seringkali lebih murah dibandingkan dengan Qualcomm sehingga smartphone dengan kelas mid-end hingga low-end sangat banyak menggunakan prosesor jenis MediaTek.

Kesimpulannya bisa dibilang Snapdragon lebih unggul dalam hal baterai dan suhu dibandingkan dengan MediaTek, tetapi kinerja yang dihasilkan sebanding. Kemudia harga prosesor Snapdragon jauh lebih mahal. Maka dari itu kebanyakan smartphone kelas mid-end hingga high-end menggunakan prosesor dari Snapdragon sebagai otaknya. Sedangkan MediaTek lebih sering digunakan oleh smartphone kelas low-end.

Sekian informasi dari kami mengenai Perbedaan MediaTek dan Snapdragon, artikel ini kami rangkum dan sadur ulang dari www.differencebetween.net. Semoga informasi ini bisa berguna untuk kalian semua. Jangan lupa baca juga informasi menarik seputar perkembangan dunia teknologi lainnya hanya di ourstory.id. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here