Pembuatan ban pada kendaraan menggunakan beberapa bahan didalamnya tidak hanya karet dari alami melainkan membutuhkan proses dan bahan tambahan lainnya. Pertanyaannya adalah Mengapa ban terbuat dari karet? Anda akan menemukan jawaban sempurna untuk pertanyaan ini di sini.

Getah Pohon Karet Alami

Secara umum, ban berbahan dasar getah karet yang dipanen dari pohon karet  yaitu pohon tropis Amerika Selatan dari keluarga spurge (Euphorbiaceae). Dibudidayakan di perkebunan di daerah tropis dan subtropis, terutama di Asia Tenggara dan Afrika barat. Ini memiliki kayu lunak; tinggi, tungkai bercabang; dan kulit kayu yang luas. Cairan susu (lateks) yang merembes dari luka ke kulit kayu mengandung sekitar 30 persen karet, yang dapat digumpalkan dan diproses menjadi produk padat, seperti ban. Lateks juga dapat dikonsentrasikan untuk memproduksi barang yang dicelupkan, seperti sarung tangan bedah.

Lateks putih susu, yang mengandung butiran karet, diperoleh dengan membuat sayatan pada kulit pohon karet, yang budidayanya membutuhkan kondisi iklim dan curah hujan tertentu. Perkebunan pohon karet sebagian besar berlokasi di Asia Tenggara (termasuk Thailand, produsen terbesar dunia dan Indonesia), Amerika Latin dan Afrika. Dalam formulasi kompon, karet alam mengurangi pembentukan panas internal pada ban, sekaligus menawarkan ketahanan mekanis yang tinggi. Ini digunakan di banyak bagian ban, terutama digunakan untuk tapak ban truk dan buldozer

Bahan dasar Pembuat Ban

komposisi ban kendaraan
sumber gambar: ustires

Pembuatan Ban pada Kendaraan yaitu 60% karet yang digunakan dalam industri ban adalah karet sintetis, yang dihasilkan dari hidrokarbon yang diturunkan dari minyak bumi, meskipun karet alam masih diperlukan untuk 40% sisanya. Elastomer sintetis mengalami deformasi di bawah tekanan dan kembali ke bentuk aslinya saat tegangan dihilangkan (histeresis Properti ini sangat berharga untuk pembuatan ban dengan daya cengkeram tinggi. Karet sintetis juga memberikan sifat spesifik lainnya, terutama di bidang umur panjang dan ketahanan gelinding. Ini terutama digunakan untuk mobil penumpang dan ban sepeda motor karena memberikan performa cengkeraman yang baik.

Karet bahan tepat untuk ban

  1. Menjaga Pegangan Yang Dibutuhkan

Kendaraan harus tetap melaju, tidak peduli bagaimanapun suhunya. Pada hari-hari hujan pun tetap harus melalui jalan basah. Kendaraan berjalan di jalan yang basah dan licin. Ban berbahan karet memudahkan pegangan dan tetap stabil di jalanan licin. Bahan ini memiliki kekuatan untuk menahan dan mempertahankannya, tidak peduli seberapa kasar atau berat jalannya. Ban karet akan selalu mulus di jalanan basah. Inilah salah satu jawaban mengapa ban terbuat dari karet.

  1. Ban Kendaraan lebih murah dan tahan lebih lama

Semua orang menginginkan pengeluaran yang sedikit dengan ketahanan yang baik. Inilah yang dilakukan pada saat Pembuatan Ban pada Kendaraan ban karet kemudian ada pertanyaan yaitu dari jenis karet apa ban itu dibuat? Karet tidak dalam bentuk yang paling murni. Produsen ban menggunakan karet sintetis untuk membuat ban. Sumber karet sintetis adalah getah pohon karet. Produsen ban menggabungkannya dengan turunan minyak bumi, butadiene, dan stirena. Kombinasi spesial ini menciptakan produk (ban), yang lebih murah. Sintesis bahkan memberi kekuatan pada ban untuk tahan terhadap efek panas, sehingga menambah umur kendaraan selama bertahun-tahun.

baca juga tentang: arti warna orange Blackbox

  1. Kemampuan Ban kendaraan Membawa Beban

Ban karet bahkan mampu membawa beban. Bahan ini bersifat viskoelastik. Produsen atau proeses Pembuatan Ban pada Kendaraan menggabungkan karet dengan kekuatan udara tekan untuk mendapatkan ban yang kuat dan tahan lama. Ini memungkinkan kendaraan membawa lebih banyak beban tanpa banyak tekanan. Ban karet dalam hal ini menahan beban dan bahkan menjaga cengkeraman di jalan raya, tanpa terlalu keras juga di jalan raya. Karet bersifat empuk dan bahkan mengurangi kebisingan di jalan. Menggunakan ban karet adalah pilihan yang bagus. Mengapa ban terbuat dari karet? Jawabannya jelas sekarang bagi kita semua.

Ban karet bebas kebisingan dan cukup kuat untuk menahan suhu dan bahkan beban. Bahan ini bekerja dengan baik di bawah tekanan dan tidak menimbulkan masalah bagi pengemudi. Keunggulan tersebut menjadi alasan terbaik dalam Pembuatan ban pada kendaraan memilih ban karet untuk kendaraan modern.

 

sumber 1: komposisi pohon karet

sumber 2: persentase pohon karet pada ban

sumber 3: karet bahan paling solid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here