Berwarna orange mengapa disebut blackbox? Akhir – akhir ini terminologi Black Box sedang hangat diperbincangkan, sebutan itu mengacu pada identifikasi masalah pada pesawat.

Pertanyaan sederhana yang muncul adalah “kenapa black box atau kotak hitam yang ada di pesawat cenderung berwarna cerah? atau Berwarna Orange.”

Mengapa disebut Black box?”  kemudian “mengapa benda ini menjadi wajib keberadaannya di transportasi udara?” 

Paragraf selanjutnya akan menjelaskan beberapa informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah uraiannya yaitu pertama deskripsi secara umum terkait penyempurnaan teknologi blackbox, kedua kemudian penggunaan blackbox menjadi regulasi internasional di ranah aviasi atau penerbangan, Ketiga Kesimpulan fungsi warna orange pada blackbox, mengapa disebut blackbox?

Flight recorder adalah alat perekam elektronik yang ditempatkan di dalam pesawat terbang dengan tujuan mempermudah penyelidikan kecelakaan pesawat. Flight recorder atau yang dikenal dengan black box tidak sama sekali berwarna hitam seperti namanya, melainkan dicat dengan warna yang paling cerah atau cukup mencolok kemudian dipilih warna oranye atau jingga. Pewarnaan ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam pencariannya.

Black box dibentuk dari wadah tertutup, tahan api dan dibuat kedap air dan disegel sedemikian rupa untuk mampu menahan suhu ekstrim selama kebakaran. Perekam penerbangan adalah alat perekam elektronik yang ditempatkan di dalam pesawat terbang dengan tujuan untuk mempermudah membantu penyelidikan kecelakaan dan insiden lainnya di dalam penerbangan.

Ada dua perangkat perekam penerbangan yang berbeda: flight data recorder  atau perekam data penerbangan (FDR) menyimpan riwayat penerbangan terkini di pesawat tersebut melalui perekaman lusinan dengan waktu beberapa kali per detik. Cockpit Voice Recorder atau  perekam suara kokpit (CVR) menyimpan riwayat percakapan suara di kokpit. Kedua perangkat tersebut digabungkan menjadi satu yang kemudian mendokumentasikan riwayat penerbangan pesawat.

Kedua perekam penerbangan tersebut diwajibkan di setiap pesawat apapun oleh peraturan internasional, yang diawasi oleh International Civil Aviation Organization. Untuk itu, bahan yang digunakan untuk membentuk alat tersebut sangat kuat yang dapat bertahan dari benturan beban dan suhu ekstrem sehingga keberadaan dua alat perekam tersebut telah menjadi persyaratan wajib dalam pesawat komersial di Amerika Serikat sejak 1967.

Beberapa pesawat yang mengalami kecelakan tidak dapat dijelaskan penyebabnya dikarenakan banyak hal, yaitu kemungkinan terdapat masalah dari kedua perekam penerbangan.

Baca juga tentang: Penemuan Teleskop Tercanggih Saat Ini! 

Penggunaan Teknologi Blackbox untuk Penyelidikan Insiden 

Penemuan awal

Konsep merekam penerbangan sudah dilakukan pada tahun 1939 yang dilakukan oleh François Hussenot dan Paul Beaudouin pada tahun 1939 di pusat uji penerbangan Marignane, Prancis, dengan perekam penerbangan berbasis foto yang juga dikenal sebagai “hussenograph”, namun belum merakam percakapan di dalam kokpit.

Bentuk lain perekam data penerbangan dikembangkan di Inggris selama Perang Dunia II. Len Harrison merupakan pelopor perekam saat ini, Pada akhir perang Kementerian meminta Harrison untuk menandatangani penemuan mereka dan Kementerian mematenkannya di bawah paten Inggris

Perekam data penerbangan modern pertama, yang disebut “Mata Hari”, dibuat pada tahun 1942 oleh insinyur penerbangan Finlandia Veijo Hietala. Kotak mekanik berteknologi tinggi berwarna hitam ini dapat merekam semua detail penting selama uji terbang pesawat tempur yang diperbaiki atau dibangun oleh tentara Finlandia di pabrik penerbangan utamanya di Tampere, Finlandia.

Selama Perang Dunia II, angkatan udara Inggris dan Amerika berhasil bereksperimen dengan perekam suara pesawat kemudian mampu untuk menangkap percakapan antar-telepon dari awak pesawat. Rekaman itu disiarkan kembali ke Amerika Serikat melalui radio dua hari kemudian.

warna orange pada blackbox pesawat
gambar: Black Box (newsoffice.mit.edu)

Desain Australia

Pada tahun 1953 – 1958 ilmuwan riset Australia David Warren menyusun sebuah perangkat yang akan merekam tidak hanya pembacaan instrumen, tetapi juga suara-suara di kokpit.  Ini dirancang untuk pesawat sipil dengan tujuan pemeriksaan pasca-tabrakan. Otoritas penerbangan dari seluruh dunia pada awalnya tidak tertarik, tetapi ini berubah pada tahun 1958 ketika Sir Robert Hardingham, Sekretaris Badan Pendaftaran Udara Inggris, bertemu dengan David Warren.

Kemudian Hardingham menyadari pentingnya penemuan tersebut dan mendemonstrasikan prototipe. Unit-unit tersebut didesain ulang pada tahun 1965 dan dipindahkan ke bagian belakang pesawat untuk meningkatkan kemungkinan pengambilan data yang berhasil setelah kecelakaan.

Desain US

“Flight Recorder” ditemukan dan dipatenkan di Amerika Serikat oleh Profesor James J. “Crash” Ryan, seorang profesor teknik mesin di University of Minnesota dari tahun 1931 hingga 1963. Manfaat dari perekam penerbangan dan alat pengkodean untuk perekam penerbangan diuraikan oleh Ryan dalam studinya yang berjudul “Ekonomi dalam Operasi Maskapai dengan Perekam Penerbangan”.

Perekam Penerbangan Ryan mempertahankan rekaman penerbangan pesawat yang berkelanjutan data seperti suhu gas buang mesin, aliran bahan bakar, kecepatan pesawat, ketinggian, posisi permukaan kontrol, dan laju penurunan.

Fungsi Warna Orange pada Blackbox di Pesawat

“Perekam Suara Kokpit Pesawat” dikembangkan oleh Boniface, dipandang oleh beberapa orang sebagai “pelanggaran privasi” namun perkembangan selanjutnya memungkinkan pilot untuk menghapus rekaman audio / pita suara pada akhir sebuah penerbangan dan pendaratan yang aman. Beberapa kejadian kecelakaan dianalisis olehnya untuk menjawab pertanyaan “apa yang mungkin dikatakan pilot pada saat kerusakan misalnya kehilangan sayap?” kemudian memungkinkan mendengarkan suara ledakan dan sebagainya.

Lalu mengapa disebut blackbox? Seperti yang dijelaskan wikipedia tentang Istilah, “kotak hitam” adalah frase Inggris Perang Dunia II, yang berasal dari pengembangan radio, radar, dan alat bantu navigasi elektronik di pesawat tempur Inggris dan Sekutu. Perangkat elektronik yang sering dirahasiakan ini secara harfiah terbungkus dalam kotak hitam atau rumah non-reflektif. Perbedaan arti warna orange pada kotak hitam ini dibuat untuk mempermudah pencarian benda ini.

Warnanya yang mencolok berguna untuk membantu tugas unit pencari atau unit identifikasi kecelakaan pesawat yang berkerja di lapangan. Selain itu, Blackbox menjadi sangat penting karena berisi rangkuman percakapan terakhir di dalam kokpit Pilot dengan Co-pilot atau kokpit dengan tower pembantu di stasiun pesawat terdekat.

Hal ini dinilai mampu menggambarkan situasi terakhir yang dialami pesawat. Tidak hanya itu, Blackbox juga merekam jejak teknis pesawat yang berisi kecepatan, ketinggian, dan cuaca. Atas fungsinya yang dinilai krusial, blackbox menyajikan data penting atas insiden pesawat yang kemudian dianalisis faktor penyebab – penyebab nya untuk kepentingan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here