Gunung Yoshinoyama, Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura Bermekaran – Gunung Yoshino (吉野 山, Yoshinoyama), di Prefektur Nara, telah menjadi tempat melihat bunga sakura paling terkenal di Jepang selama berabad-abad. Baca juga : Waralaba Makanan Jepang Terbaik di Indonesia.

Dikatakan bahwa pohon sakura pertama yang ditanam di sepanjang lereng gunung tersebut sudah ditanam lebih dari 1300 tahun yang lalu, dan hari ini gunung tersebut ditutupi oleh sekitar 30.000 pohon sakura dari berbagai varietas, terutama varietas Yamazakura.

Urutan Wilayah di Gunung Yoshinoyama. Source : offbeatjapan.org

Gunung Yoshinoyama, Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura Bermekaran

Yoshinoyama bukan merupakan gunung tunggal, tetapi terdiri dari beberapa bukit. Spot bunga sakura di Yoshinoyama sendiri terletak di sebuah lereng gunung yang menghadap ke utara.

Pada bagian ini dibagi menjadi empat area: Shimo Senbon yang berada di dasar gunung, Naka Senbon yang berada di pertengahan, Kami Senbon berada pada posisi atas gunung dan Oku Senbon terletak pada bagian puncak gunung.

Pemandangan Shimo Senbon di Gunung Yoshinoyama
Shimo Senbon, Source : visitnara.jp

Pengunjung dapat menikmati pohon sakura saat mereka naik gunung, melewati kota yang sering dikunjungi turis dengan berbagai kuil dan tempat pemujaannya, dan menikmati hanami di taman dan melihat pemandangan panorama di sepanjang jalan. Baca juga : Mozu Kofungun, Makam Megalitik Unik di Jepang.

Bunga sakura Yoshinoyama biasanya mulai bermekaran pada akhir Maret atau awal April dan mekar sepenuh pada sekitaran awal hingga pertengahan April.

Karena berada dilahan yang tinggi, musim berbunga memiliki selang waktu beberapa hari antara daerah Shimo (lebih rendah), Naka (tengah) dan Kami (atas) ketika bunga bermekaran dan berangsur-angsur bergerak naik keatas gunung.

Pemandangan Naka Senbon di Gunung Yoshinoyama
Naka Senbon, Source : visitnara.jp

Pohon-pohon di daerah Oku Senbon bermekaran di kemudian hari. Berhati-hatilah karena bunga sakura yang bemekaran tergantung pada situasi cuaca. Dan situasi ini dapat sedikit berbeda dari tahun ke tahun.

Daerah Shimo Senbon (bawah) meliputi dasar gunung di sekitar Stasiun Yoshino dan bagian bawah kota. Kereta gantung Yoshino melewati tanjangan curam antara stasiun dan kota, Waktu tunggu untuk kereta gantung bisa sangat lama selama puncak musim bunga sakura bermekaran.

Banyak pohon sakura ditanam di sepanjang jalan menuju kota, menjadikan pendakian dengan berjalan kaki sebagai alternatif yang menarik daripada naik kereta gantung.

Kami Senbon, Source : bluelapisroad.wordpress.com

Wilayah Naka Senbon (tengah) meliputi seluruh kota di sepanjang punggung gunung. Di sinilah sebagian besar penginapan, toko, restoran dan kuil di Yoshino dapat anda temukan. termasuk Kuil Kinpusenji dan Kuil Yoshimizu. Pemandangan gunung dari Kuil Yoshimizu sangat terkenal.

Puncak area Naka Senbon terletak Taman Naka Senbon, salah satu tempat paling menarik untuk mengadakan piknik hanami di bawah pohon bunga sakura.

Taman ini membentang dari beberapa bukit kecil yang ditutupi oleh pohon sakura dan menawarkan pemandangan lebih banyak lagi pohon sakura. Jika cuaca sangat cerah, suasana di sini akan sangat menyenangkan.

Oku Senbon, Source : 123RF.com

Lebih jauh ke atas gunung di daerah Kami Senbon (atas), bangunan perkotaan mulai sedikit. Kami Senbon cenderung sedikit kurang ramai dan sedikit lebih tenang daripada bagian bawah gunung, dan beberapa taman kecil menyediakan tempat yang bagus untuk beristirahat.

Pemandangan panorama Yoshinoyama yang paling terkenal dapat dinikmati dari Hanayagura View Point, sekitar satu jam berjalan kaki dari stasiun kereta gantung bagian atas.

Daerah Oku Senbon sejauh ini memiliki pohon sakura paling sedikit dan tidak menawarkan pemandangan lereng gunung yang tertutup pohon sakura.

Pemandangan Gunung Yoshinoyama dari Hanayagura View Point
Pemandangan dari Hanayagura View Point. Source : donnykimball.com

Namun, pohon-pohon di sini mekar sekitar satu minggu lebih lama dibanding Yoshinoyama, jadi mungkin layak untuk dikunjungi jika Anda terlambat untuk melihat bunga di sepanjang lereng yang lebih rendah.

Tempat hanami terbaik di daerah Oku Senbon adalah Dek Observasi Takagiyama kira-kira berjarak 90 menit berjalan kaki dari stasiun kereta gantung.

Akses Menuju Gunung Yoshinoyama

Selama musim bunga sakura dari akhir Maret hingga awal Mei (23 Maret dan 6 Mei 2019), bus antar-jemput beroperasi diantara Stasiun Yoshino dan area Naka Senbon dekat Kuil Chikurin-in.

Bus berangkat 2-4 kali per jamnya dan biaya 360 yen (Rp.46.100) sekali jalan.

Kuil Kinpusenji di Gunung Yoshinoyama
Kuil Kinpusenji, Source : bluelapisroad.wordpress.com

Dari area Naka Senbon dekat Kuil Chikurin-in, bus mini beroperasi lebih jauh ke area Oku Senbon di Yoshinoyama (15 menit, 400 yen (Rp.51.300)sekali jalan, 1-2 bus / jam).

Sebagian besar wilayah Shimo dan Naka Senbon ditutup untuk lalu lintas mobil dari pukul 9: 00-19: 00.

Sekian informasi dari ourstory.id, jika merasa artikel ini berguna jangan lupa like and share. Source : japan-guide.com, Wikipedia.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here